9 Cara Hilangkan Bau Tanah Pada Ikan, Masakan Auto Lebih Nikmat

Reporter : Arifina
Senin, 26 Februari 2024 11:00
9 Cara Hilangkan Bau Tanah Pada Ikan, Masakan Auto Lebih Nikmat
Ternyata ada trik khusus buat hilangin bua tanah ikan lho!

Cara hilangkan bau tanah pada ikan bisa diajdikan acuan sebelum mengolahnya menjadi makanan lezat. Bau tanah yang tertinggal pada ikan seringkali cukup mengganggu.

Sebab, jika masakan masih bau tanah justru akan menjadikan cita rasa dari ikan menjadi kurang nikmat. Selain itu bau tanah pada ikan juga dapat mempengaruhi kualitas dari bahan makanan tersebut lho!

Biasanya, bau tanah ini muncul pada jenis ikan tawar, seperti bawal, mujair, hingga lele. Adanya sisa-sisa bau inilah terkadang membuat sebagian orang kurang suka mengolahnya menjadi masakan.

1 dari 11 halaman

Cara Membersihkan Ikan Kembung © Diadona

Padahal, jenis-jenis ikan tawar tersebut bisa diolah menjadi berbagai masakan lezat. Seperti ikan bakar bawal, ikan kuah asam bawal, ikan lele goreng, lele bumbu rujak, dan masih banyak lainnya.

Nah, jika tahu cara pembersihannya dengan tapat, ikan tawar akan terbebas dari bau tanah. Secara otomatis, hal itu menjadikan olahan ikan tawar terasa lezat dan nikmat lho!

Buat kalian yang ingin tahu cara menghilangkan bau tanah pada ikan, simak tips yang sudah dirangkumkan diadona.id dari berbagai sumber berikut!

2 dari 11 halaman

Pilih Ikan yang Masih Hidup

Langkah mudah untuk bisa menghilangkan bau tanah dengan mudah, pastikan saat membelinya di pasar kamu memilih ikan tawar yang masih hidup. Lalu, jangan langsung mengolahnya ketika sampai di rumah.

Melainkan, diamkan ikan tawar terlebih dahulu selama semalaman dalam kondisi tetap hidup ya. Letakkan di ember dan biarkan terbuka semalaman.

Cara ini dapat menetralkan bau tanah yang menempel pada ikan. Baru keesokannya bisa kamu olah menjadi masakan lezat.

 

3 dari 11 halaman

Bersihkan Bagian Jeroan Ikan

Bau tanah pada ikan salah satunya terdpat pada bagian jeroannya. Karena itu, saat membersihkannya, pastikan jeronnya benar-benar hilang dari dalam perut ikan.

Jika tidak mau ribet, kamu bisa langsung meminta penjual di pasar saat membelinya untuk membersihkan sekaligus bagian jeroan ini.

Termasuk, membersihkan seluruh badan ikan dari sisiknya. Namun, jika memang tidak ingin membuang bagian jeroan kamu bisa mengolahnya dengan menggoreng hingga kering atau dijadikan pepes agar aroma bau tanahnya menghilang.

4 dari 11 halaman

Hilangkan Bagian Insang Ikan

Cara Hilangkan Bau Tanah Pada Ikan © Diadona

Berikutnya, cara untuk menghilangkan bau pada ikan bisa dengan membersihklan bagian insangnya. Hampir sama dengan pembersihn jeroan, insang ini perlu dihilangkan dengan baik.

Setelah dibuang, lalu cuci ikan dengan air mengalir untuk membersihkan bagian lendir yang menempel. Dengan cara ini, bau tanah pada ikan akan menghilang.

Memasak ikan juga lebih nyaman karena tak khawatir akan munculnya bau.

5 dari 11 halaman

Lumuri Ikan dengan Garam

Garam efektif menyerap bau amis dan tanah pada ikan. Krena itu, untuk menghilangkan bau tanah kamu cukup lumuri saja ikan dengan garam.

Caranya, bersihkan dulu ikan dengan air mengalir, buang bagian jeroan, sisik, hingga insangnya. Lalu, gosokkan garam kasar ke seluruh permukaan ikan secara merata.

Diamkan selama 15-30 menit. Kemudian, bilas dengan air mengalir, dan bau tanah pada ikan akan menghilang.

6 dari 11 halaman

Beri Perasan Jeruk Nipis

Jeruk nipis menjadi salah satu cara yang efektif untuk menghilangkan bau tanah pada ikan. Hal ini karena rasa asam pada jeruk nipis dapat membantu menetralkan bau tanah dengan aromanya yang juga kuat.

Caranya mudah, campurkan perasan air jeruk nipis, sedikit air dan garam dalam wadah. Kemudian, masukkan ikan tawar yang sudah dibersihkan dan diamkan kurang lebih selama 20 menit.

Cuci bersih ikan setelahnya di air mengalir. Kamu akan mendapati tekstur ikan yang lebih kesat, segar dan tidak bau amis.

7 dari 11 halaman

Gunakan Lemon dan Bawang Bombai

Cara Membersihkan Ikan Kembung © Diadona

Cara lainnya untuk menghilangkan bau tanah pada ikan, kamu bisa memanfaatkan lemon dan bawang bombai. Keduanya, dinilai cukup efektif untuk membuat aroma kurang sedap pada ikan menghilang.

Caranya mudah, kamu cukup potong-potong lemon melingkar tipis, juga potong bawang bombai. Lalu, tata potongan-potongan kedua bahan tersebut di atas ikan yang sudah dibersihkan.

Diamkan sejenak, lalu bilas dengan air bersih baru diolah menjadi masakan lezat.

8 dari 11 halaman

Rendam dengan Susu

Susu menjadi salah satu bahan yang juga ampuh untuk menghilangkan bau tanah pada ikan. Langkah ini juga terbilkang praktis untuk dilakukan.

Sebab, kamu hanya perlu merendm ikan dalam susu. Tuangkan susu ke dalam wadah berisi ikan yang sudah dibersihkan.

Pastikan ikn benar-benar terendam sempurna pada susu ya. Diamkan dalam kulkas selama satu jam, baru setelahnya dibersihkan dan diolah menjadi masakan deh!

9 dari 11 halaman

Lumuri Ikan dengan Mentimun

Mentimun yang segar juga bisa digunakan untuk membersihkan bu tanah pada ikan lho! Siapkan saja mentimun secukupnya, lalu cacah kasar.

Selanjutnya, lumurkan ccahan mentimun tersebut pada ikan tawar yang sudah dibersihkan. Diamkan terlebih dahulu selama kurang lebih 20 menit.

Bilas ikan hingga bersih di air mengalir, baru setelahnya ikan siap diolah menjadi masakan yang kamu inginkan.

10 dari 11 halaman

Marinasi Ikan dengan Bumbu Rempah-Rempah

Ilustrasi rempah © Diadona

Bumbu rempah-rempah rupanya tak hanya bermanfaat untuk menambah cit rasa pada masakan saja lho! Bahan-bahan tersebut bisa digunakan untuk menghilangkan bau tanah pada ikan.

Caranya, marinasi ikan dengan bumbu rempah seperti jahe, kunyit, serai, daun jeruk, dan bawang putih efektif menghilangkan bau tanah. Haluskan bumbu dan balurkan ke seluruh permukaan ikan, diamkan selama 30 menit hingga 1 jam di dalam kulkas.

Setelah itu, kamu bisa mengolah ikan tawar menjadi masakan yang diinginkan deh!

Itulah cara hilangkan bau tanah pada ikan yang bisa kamu jadikan referensi sebelum mengolahnya menjadi masakan lezat. Dengn begitu kamu bisa menadapati ikan yang tidak bau, segar, dan lezat saat diolah menjadi masakan. Selamat mencoba, dan semoga bermanfat ya!

Beri Komentar