9 Tips Memasak Daging Bebek agar Tidak Amis, Makan Lebih Nyaman dan Terasa Lezat

Reporter : Arifina
Sabtu, 2 Maret 2024 10:07
9 Tips Memasak Daging Bebek agar Tidak Amis, Makan Lebih Nyaman dan Terasa Lezat
Bye-bye bau bebek kalau udah nerapin tips ini deh!

Tips memasak daging bebek agar tidak bau amis berikut ini bisa kamu praktikkan sebelum mengolahnya menjadi masakan lezat. Daging bebek menjadi salah satu bahan makanan yang lezat dan banyak digemari.

Sayangnya, seiring dengan cita rasanya yang lezat, daging bebek yang salah pengolahan justru memicu bau amis yang kurang sedap. Hal ini yang terkadang menjadikan seseorang cenderung enggan untuk memasaknya menajadi olahan masakan yang lezat.

Padahal, berbagai olahan daging bebek seperti gulai bebek, bebek bakar, bebek goreng dan masih banyak lainnya begitu nikmat disantap. Karenanya, untuk memasaknya kamu harus memperhatikan cara yang tepat agar daging terasa lezat dan tidak bau amis.

1 dari 11 halaman

Tips Memasak Daging Bebek agar Tidak Amis © Diadona

Bau amis yang muncul ini didapati dari tingkat usia dari bebek dan cara pengolahan yang salah. Semakin tua usia bebek, dagingnya juga justru akan terasa alot.

Biasanya, bau amis bebek tercium di bagian tunggir atau ekornya. Tapi, sejatinya tak perlu khawatir berlebih, sebab bau amis ini bisa dihilangkan dengan mudah lho!

Berikut tips memasak daging bebek agar tidak bau amis dilansir dari berbagai sumber!

2 dari 11 halaman

Bersihkan Daging Bebek dengan Benar

Sebelum mulai mengolahnya menjadi masakan, maka penting untuk memastikan kebersihan dari daging bebek. Cuci daging bebek dengan air mengalir hingga bersih.

Buang juga sisa bulu dan kotoran yang menempel pada daging bebek, termasik bagian kulitnya. Pastikan bulu bebek benar-benar tidak ada yang menempel ya.

Kemudian, buang bagian jeroaannya, sebab ini salah satu pemicu munculnya bau amis pada daging bebek.

3 dari 11 halaman

Siram dengan Perasan Air Jeruk Nipis

Jeruk nipis menjadi salah satu bahan makanan yang dinilai ampuh untuk menghilangkan bau amis pada daging bebek. Kamu bisa melakukan proses pemghilangan bau amis dengan cara melumuri keseluruhan daging bebek dengan air perasan jeruk nipis.

Tetapi, perlu diperhatikan untuk tidak merendam daging bebek dengan air perasan jeruk nipis. Sebab, hal ini justru akan menyebabkan daging terlalu lembek dan mudah hancur.

Setelah proses melumuri keseluruhan bebek dengan air perasan jeruk nipis usai, maka diamkan sebentar saja. Lalu, bilas hingga benar-benar bersih dengan air mengalir.

4 dari 11 halaman

Buang Bagian Tunggir Bebek

Tips Memasak Daging Bebek agar Tidak Amis © Diadona

Tunggir atau disebut juga brutu (ekor) pada bebek menjadi salah satu penyebab munculnya bau amis. Karena itu, bagian pantat bebek ini harus menjadi yang paling diperhatikan saat proses pembersihan.

Hal ini karena, di bagian tunggiryang memiliki kelenjar minyak berada di dekat pantat bebek. Sehingga, memunculkan bau amis.

Jadi, saat pembersihan, langsung potong saja bagian tunggir dari bebek. Iris dengan hati-hati untuk mendapati bentuk daging bebek tetap rapi ya.

5 dari 11 halaman

Gunakan Daun Pepaya

Cara lainnya yang bisa digunakan agar daging bebek saat dimasak tidak bau amis adalah dengan menggunakan daging pepaya. Setelah bebek dibersihkan dan dipotong-potong, maka cuci kembali dengan daun pepaya.

Caranya mudah, poting-potong daun pepaya lalu haluskan menggunakan blender atau diremat. Kemudian, lumurkan pada keseluruhan daging bebek, dan diamkan beberapa saat saja.

Bilas daging bebek hingga benar-benar bersih untuk selanjutnya diolah menjadi masakan.

6 dari 11 halaman

Lumuri dengan Buah Nanas

Buah nanas menjadi salah satu trik paling ampuh untuk menghilangkan bau pada daging bebek nih! Aroma wangi nanas yang pekat dan manis inilah yang mampu mengalahkan bau amis yang muncul pada daging bebek.

Caranya, cukup haluskan buah naans secukupnya. Kemudian, lumurkan pada daging bebek secara merata.

Diamkan sejenak saja, jangan terlalu lama kemudian bilas hingga bersih. Nanas memiliki kandungan enzim bromelain yang juga membantu untuk mengempukkan daging bebek lho!

7 dari 11 halaman

Panggang Bebek dengan Posisi Menggantung

Tips Memasak Daging Bebek agar Tidak Amis © Diadona

Tips lainnya untuk membantu menghilangkan bau amis pada bebek, kamu bisa melakukan pemanggangan. Namun, harus diperhatikan jika saat memanggang bebek posisinya harus digantung di atas pembakaran api.

Jadi, bebek yang masih utuh bersihkan dari kulit, dan kotorannya. Kemudian gantung di atas pembakaran api dengan posisi tunggir di bawah.

Hal ini agar lemak yang ada pada tunggur bebek meluruh karena terbakar. Sehingga, daging bebek tidak akan memunculkan bau amisnya.

 

8 dari 11 halaman

Campur Daging Bebek dengan Bumbu Rempah

Setelah tuntas dengan pembersihan, langkah berikutnya agar bau amis pada daging bebek lenyap adalah dengan memberikan wangi dari rempah. Rempah-rempah yang pekat disinyalir sebagai cara ampuh untuk menetralisir bau amis pada bebek.

Kamu bisa mencampurkan aneka rempah seperti, kunyit, jahe, lengkuas, daun salam, serai dan daun jeruk dalam air rebusan yang sudah dimasuki daging bebek.

Masak danging bebek dengan aneka rempah ini sampai matang. Selain membuat aroma amis menghilang, rempah-rempah juga memberikan cita rasa pada olahan bebek semakin nikmat.

9 dari 11 halaman

Rebus Daging Bebek Minimal Selama 1 Jam

Guna memastikan aroma bau amis benar-benar hilang pada bebek, selain dibersihkan maka perlu direbus dengan waktu yang tepat. Proses perebusan yang menggunakan rempah-rempah tadi harus dilakukan dalam waktu kurang lebih selama 1 jam.

Lama waktu perebusan ini berguna untuk benar-benar menghilangkan bau amis dari bebek. Selain itu, dengan waktu tersebut daging juga akan memiliki tekstur yang empuk sempurna.

Sehingga, setelah diolah menjadi masakan kamu akan mendapati rasa empuk yang pas dari daging bebek.

10 dari 11 halaman

Diamkan Bebek Semalaman

Ilustrasi Bebek Peking © Diadona

Setelah semua proses pembersihan hingga perebusan dilalui, maka jangan langsung mengolah daging bebek menjadi masakan. Namun, diamkan dulu selama semalaman dengan menyimpannya di kulkas atau dimasukkan dalam panci yang tertutup.

Cara ini akan membuat daging bebek lebih gurih dan renyah setelah digoreng lho! Selain itu, bau amis pada bebek akan benar-benar menghilang dan membuat hasil masakan lebih terasa nikmat.

Itulah tips memasak daging bebek agar tidak bau amis yang bisa kamu terapkan sebelum mengolahnya menjadi menu makanan lezat. Dijamin bebek akan lebih nikmat untuk dikonsumsi. Semoga bermanfaat ya!

Beri Komentar