Tips Memasak Bunga Pepaya Agar Tidak Pahit, Sudah Pada Tahu Belom nih?

Reporter : Arif Mashudi
Senin, 6 Maret 2023 10:00
Tips Memasak Bunga Pepaya Agar Tidak Pahit, Sudah Pada Tahu Belom nih?
Takut membuat masakan bunga pepaya pahit? Nih cara yang bisa kamu lakukan

Bunga pepaya adalah salah satu bahan makanan yang cukup terkenal di Indonesia. Namun, banyak orang yang cukup ragu saat hendak memasak bunga pepaya karena rasa pahit yang cukup kuat.

Nah, kamu nggak perlu khawatir karena dengan beberapa tips berikut ini, kamu bisa membuat bunga pepaya yang enak dan tidak pahit. Semuanya mudah dan bisa kamu coba di rumah.

Nih, Diadona telah membuat artikel tentang tips memasak bunga pepaya agar tidak pahit. Jadi, mari kita simak beberap tipsnya di bawah ini.

1 dari 4 halaman

1. Remas dan Cuci Berulang Kali

Tips Memasak Bunga Pepaya Agar Tidak Pahit © Diadona

Tips pertama untuk mengurangi rasa pahit pada bunga pepaya adalah dengan meremas dan mencuci bunga pepaya berulang kali. Langkah ini bisa kamu lakukan untuk menghilangkan getah yang ada pada bunga pepaya yang dapat membuat rasa pahit semakin kuat.

Dalam melakukan tips pertama ini, pastikan kamu meremas bunga pepaya dengan kuat dan mencuci nya menggunakan air yang bersih. Lanjut ke tips yang kedua yuk Diazens.

2. Pakai Daun Singkong dan Daun Luntas

Tips kedua kamu bisa menggunakan daun singkong dan daun luntas saat memasak bunga pepaya. Kedua jenis daun ini dianggap dapat mengurangi rasa pahit pada bunga pepaya. Jadi, kamu bisa mencampurkan daun singkong dan daun luntas pada air rebusan bunga pepaya untuk memberikan rasa yang lebih enak.

3. Pakai Asam Jawa

Kemudian untuk tips yang ketiga adalah dengan menggunakan asam jawa. Asam jawa memiliki rasa yang cukup asam dan segar, sehingga dapat mengurangi rasa pahit pada bunga pepaya. Kamu bisa mencampurkan asam jawa pada air rebusan bunga pepaya atau membuat kuah asam yang pas untuk disajikan bersama bunga pepaya.

2 dari 4 halaman

4. Direbus dengan Daun Jambu Biji

Lanjut, kamu bisa pakai daun jambu biji dan garam. Caranya mudah kok, kamu tinggal merebus bunga pepaya dengan daun jambu biji selama sekitar 20 menit. Lalu, buang air rebusannya.

Kemudian, pisahkan bunga pepaya dari daun jambu biji tadi. Lalu, rebus lagi bunga pepaya dan tambahkan 3-5 sdt garam. Jika sudah selesai, buang air rebusan dan bunga pepaya bisa dibumbui sesuai selera akmu deh.

5. Gunakan Tanah Liat

Terakhir, kamu bisa menggunakan tanah liat untuk menghilangkan rasa pahit di bunga atau pun daun pepaya. Pertama, kamu bisa membungkus bunga pepaya dengan tanah liat dan memasaknya dengan api kecil selama beberapa jam.

Lalu, kamu juga bisa merebus bunga pepaya dengan air yang dicampur tanah liat. Jangan khawatir Diazens, jika bunga pepaya kotor, kamu bisa menncucinya dengan air hingga bersih lagi.

6. Merebus Berulang-ulang

Jika kamu ingin menghindari penggunaan bahan tambahan, cobalah merebus daun pepaya berulang kali untuk menghilangkan rasa pahitnya. Mulailah dengan merebus daun pepaya selama 1 jam, lalu buang air rebusannya dan cuci daun dengan air mengalir.

Rebus kembali daun pepaya selama 45 menit, kemudian buang air rebusannya dan cuci daun lagi dengan air mengalir. Rebus daun pepaya untuk ketiga kalinya selama 30 menit, kemudian angkat dan olah sesuai dengan keinginanmu.

Jadi itulah beberapa tips memasak bunga pepaya agar tidak pahit. Kamu bisa coba saja yang mana yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Selamat mencoba ya Diazens!

3 dari 4 halaman

Manfaat Bunga Pepaya

Tips Memasak Bunga Pepaya Agar Tidak Pahit © Diadona

Bunga pepaya sering dianggap sebagai " sayur tersembunyi" yang mungkin tidak banyak dikenal oleh kebanyakan orang. Tapi tahukah kamu bahwa bunga pepaya sebenarnya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kita loh?

Berikut adalah beberapa manfaat bunga pepaya yang bisa kamu dapatkan:

Menjaga Kesehatan Jantung

Bunga pepaya mengandung tinggi serat, kalium dan vitamin C, yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Serat dalam bunga pepaya membantu menurunkan kadar kolesterol dan mencegah terjadinya penyakit jantung. Kalium juga dikenal dapat membantu menurunkan tekanan darah, yang merupakan faktor risiko terjadinya penyakit jantung.

Menjaga Kesehatan Mata

Lalu, bunga pepaya juga memiliki banyak karotenoid, seperti beta-karoten, lutein dan zeaxanthin, yang dapat membantu menjaga kesehatan mata. Karotenoid dikenal dapat membantu mencegah degenerasi makula dan katarak, yang merupakan masalah umum yang terjadi pada usia tua.

4 dari 4 halaman

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Enzim papain yang dikenal dapat membantu memecah protein dalam makanan juga terkandung di dalam bunga pepaya. Enzim ini juga dapat membantu mempercepat proses pencernaan dan mencegah terjadinya sembelit.

Menjaga Kesehatan Tulang

Bunga pepaya mengandung mineral seperti kalsium dan fosfor, yang penting untuk kesehatan tulang. Kalsium ini dikenal dapat membantu menjaga kepadatan tulang dan mencegah terjadinya osteoporosis.

Menjaga Kesehatan Kulit

Terakhir, bunga pepaya mengandung banyak vitamin C dan E, yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit kamu. Vitamin C dikenal dapat membantu memproduksi kolagen, yang penting untuk menjaga kulit tetap kenyal dan elastis. Sedangkan vitamin E dikenal dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV.

Beri Komentar