8 Tips Menyimpan Bawang Bombay supaya Awet dan Gak Cepat Busuk

Reporter : Riza Umami
Kamis, 2 Maret 2023 19:42
8 Tips Menyimpan Bawang Bombay supaya Awet dan Gak Cepat Busuk
Ini beberapa tips menyimpan bawang bombay.

Bawang bombay memiliki rasa dan aroma yang kuat dan tajam, terutama ketika dipotong atau diiris. Meskipun memiliki rasa yang kuat, bawang bombay sangat fleksibel dalam penggunaannya dalam masakan. Bawang bombay dapat digunakan sebagai bahan utama, bahan tambahan, atau sebagai bumbu penyedap.

Menyimpan bawang bombay dengan benar sangat penting untuk menjaga kualitas dan kelezatannya. Jika tidak disimpan dengan benar, bawang bombay dapat cepat busuk atau kehilangan rasa dan aromanya. Berikut adalah beberapa tips menyimpan bawang bombay supaya gak cepat busuk.

1 dari 8 halaman

1. Hindari Menyimpan dengan Kentang

Ilustrasi Bawang Bombay © Diadona

Tips menyimpan bawang bombay yang pertama, pastikan agar tidak disimpan bersama dengan kentang. Hal ini disebabkan karena kentang dapat mengeluarkan uap air dan meningkatkan kelembaban di sekitarnya. Kelembaban yang berlebihan bisa membuat pembusukan bawang bombay terjadi lebih cepat. Oleh karena itu, sebaiknya menyimpan bawang bombay dan kentang di tempat yang terpisah agar keduanya tetap segar dan tahan lama.

2 dari 8 halaman

2. Simpan di Tempat yang Kering

Tips Menyimpan Bawang Bombay © Diadona

Tips menyimpan bawang bombay yang kedua yaitu simpan bawang bombay di tempat kering untuk menjaga keawetan dan kualitasnya. Kelembapan dapat membuat bawang bombai cepat membusuk dan kehilangan rasa serta aromanya. Kamu bisa menyimpannya di dalam lemari atau rak dapur yang terlindungi dari kelembapan.

3 dari 8 halaman

3. Simpan dengan Suhu Tepat

Tips Menyimpan Bawang Bombay © Diadona

Salah satu tips menyimpan bawang bombay adalah dengan menyimpannya di suhu yang tepat. Pastikan untuk menyimpan bawang bombai di tempat yang sejuk, kering, dan gelap, seperti lemari dapur, ruang bawah tanah, atau garasi. Tempat-tempat tersebut dapat menjaga keawetan bawang bombay karena memiliki suhu yang sejuk, kering, dan gelap yang dapat menyerap kelembapan, sehingga cocok untuk jenis bawang ini. Hindari pula tempat yang sering terkena sinar matahari.

Sebaliknya, tempat yang lembab dapat membuat bawang bombay cepat membusuk. Suhu yang baik untuk menyimpan bawang bombai adalah sekitar 7-10 derajat Celsius. Jika disimpan pada suhu yang tepat, bawang bombay dapat bertahan hingga 30 hari. Sedangkan bawang bombay yang disimpan pada suhu ruangan hanya dapat bertahan selama 1 minggu saja.

4 dari 8 halaman

4. Pilihlah Tempat dengan Ventilasi yang Baik

12 Manfaat Bawang Bombay Mentah yang Nggak Pernah Kalian Sangka © Diadona

Tips menyimpan bawang bombay yang selanjutnya yaitu dengan memilih tempat yang memiliki ventilasi yang baik. Misalnya, bisa menyimpannya di keranjang terbuka, tas jaring, atau tempat lain yang memiliki ventilasi. Hal ini penting untuk memperpanjang umur simpan bawang bombai. Hindari menyimpan bawang bombay di dalam plastik yang tidak memiliki celah udara karena dapat membuat bawang bombay cepat membusuk.

5 dari 8 halaman

5. Hindari Menyimpannya di Kulkas

Cara Memotong Bawang Bombay © Diadona

Tips menyimpan bawang bombay berikutnya, disarankan untuk tidak menyimpannya di dalam kulkas. Hal ini disebabkan karena kulkas memiliki suhu yang dingin dan kelembaban yang tinggi, yang dapat mempercepat pembusukan bawang bombay. Selain itu, menyimpan bawang bombay di dalam kulkas dapat menyebabkan aroma bawang yang tajam menyebar ke seluruh isi kulkas. Sebagaimana jenis bawang lainnya, bawang bombay memiliki aroma yang kuat.

6 dari 8 halaman

6. Simpan dalam Wadah Plastik Kedap Udara

Manfaat Bawang Bombay untuk Uban, Rahasia Dapur untuk Rambut Hitam Menawan © Diadona

Tips menyimpan bawang bombay yang selanjutnya adalah dengan memilih wadah penyimpanan yang tepat. Disarankan untuk memilih wadah berbahan plastik yang rapat sehingga udara tak bisa masuk. Wadah ini membantu menjaga bawang bombay tetap kering dan terhindar dari kelembapan.

7 dari 8 halaman

7. Simpan sesuai Cara Pengolahannya

Cara Memotong Bawang Bombay © Diadona

Tips menyimpan bawang bombai yang berikutnya bergantung dari cara pengolahan yang kamu gunakan. Berikut ini beberapa perbedaannya.

- Dikupas: Sebaiknya disimpan di kulkas untuk menghindari kontaminasi bakteri. Letakkan bawang bombay yang sudah dikupas ke dalam wadah kedap udara dan atur suhu kulkas menjadi 4 derajat Celsius atau di bawahnya. Bawang bombai ini dapat bertahan hingga 10-14 hari di kulkas.

- Diiris atau dipotong: Bawang bombay yang sudah diiris atau dipotong sebaiknya disimpan di kulkas. Bungkus irisan atau potongan bawang bombay tersebut dengan rapat dalam plastik. Bawang bombay yang sudah diiris atau dipotong dapat bertahan hingga 10 hari bila disimpan di kulkas. Bila disimpan di freezer, dapat bertahan hingga 6 bulan.

- Dimasak: Bawang bombay yang sudah dimasak pun sebaiknya disimpan di kulkas. Namun, pada kondisi ini, bawang bombai hanya dapat bertahan hingga 3-5 hari. Namun, bawang bombay yang sudah dimasak pun bisa diletakkan di freezer dan bisa bertahan hingga 3 bulan, asal segera dimasukkan beberapa jam usai dimasak.

8 dari 8 halaman

8. Periksa Bawang Bombay secara Berkala

Bawang Bombay © Diadona

Salah satu tips menyimpan bawang bombay yaitu dengan rajin memeriksanya di tempat penyimpanan. Lakukan pemeriksaan secara berkala pada bawang bombai yang disimpan di tempat kering. Jika ditemukan bawang bombai yang telah membusuk, segera buang dan pisahkan dari bawang bombay lainnya supaya tidak terkontaminasi.

Itulah beberapa tips menyimpan bawang bombay supaya awet dan gak cepat busuk yang bisa kamu lakukan di rumah. Dengan begitu, persediaan bawang bombay akan bertahan lebih lama dan tetap segar untuk digunakan dalam memasak berbagai makanan setiap hari. Selamat mencoba Diazens dan semoga berhasil ya.

Beri Komentar