17 Resep Ceker Mercon yang Lezat dari Berbagai Bumbu, Sederhana dan Cocok Buat Jualan

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 1 Agustus 2022 14:32
17 Resep Ceker Mercon yang Lezat dari Berbagai Bumbu, Sederhana dan Cocok Buat Jualan
Ada resep ceker mercon bumbu rica, bumbu rujak hingga masak dimsum yang lezat banget

Harganya murah dan rasanya enak, ceker ayam bisa diolah dengan berbagai kreasi masakan. Salah satu yang banyak disukai hingga sering dijadikan menu berjualan adalah ceker mercon. Resep ceker mercon dibuat dari ceker yang diempukkan lalu diberi bumbu merah pedas.

Sebenernya sih secara umum, resep ceker mercon cuman terdiri dari bumbu merah dan sedikit penambahan rempah untuk membuat rasanya makin sedap. Sebelum dibumbui, ceker direbus dulu hingga empuk atau bisa juga digoreng sebentar untuk membuat kulit bagian luarnya kering.

Perbedaan resep ceker mercon antara satu orang dan lainnya biasanya terletak pada penambahan kecap, bumbu rempah lain atau kekentalan bumbunya. Kamu bisa membuat sajian ini sendiri dari berbagai variasi bumbu, mulai dari bumbu rica, bumbu rujak, hingga bumbu seblak.

Diadona udah merangkum dari berbagai sumber tiga belas resep ceker mercon yang bikin kamu makin ngiler.

1 dari 16 halaman

Resep Ceker Mercon Sederhana

Resep Ceker Mercon SimpleResep Ceker Mercon Simple © instagram.com/irsyad_cakes/

Resep ceker mercon ini hanya menggunakan bumbu yang super simple nih dan pasti kamu punya di dapur. Apa saja dan bagaimana membuatnya?

Bahan :

  • 1 kg ceker
  • 10 biji cabe Merah
  • 30 biji cabe rawit
  • 5 siung bawang putih
  • daun salam
  • garam secukupnya
  • gula secukupnya
  • minyak 50ml untuk blender

Cara Membuat :

  • Rebus ceker hingga matang dengan sedikit garam
  • Blender semua bumbu sampai halus
  • Tumis bumbu hingga matang merata, jangan lupa tambahkan daun salam
  • Masukan ceker yang sudah direbus tadi ke dalam tumisan bumbu mercon, masak hingga meresap, koreksi rasa dan sajikan.

2 dari 16 halaman

Resep Ceker Mercon Bikin Ndower

 

Kalau kamu sering mencari resep masakan rumahan yang simpel dan pasti enak, kamu harus banget mantengin akun youtube CR Cook. Resep ceker merconnya nampak sedap banget dengan sedikit kuah manis dan gurih.

Bahan :

  • 500 gram ceker

Bumbu tumis:

  • 2 siung bawang merah
  • 3 siung baawang putih
  • sedikit kencur
  • sedikit jahe
  • 15 cabe rawit atau sesuai selera
  • 2 cabe merah
  • kecap manis
  • merica bubuk
  • cabe bubuk
  • secukupnya garam
  • secukupnya kaldu ayam
  • secukupnya gula pasir

Cara membuat :

  • Panaskan air dalam panci lalu rebus ceker sampai empuk, angkat
  • Blender seluruh bumbu lalu tumis dengan minyak panas. Tumis sampai matang dan harum. Masukkan air dan cekerTambuahakan garam, gula dan kaldu ayam, merica dan kaldu bubuk. Tambahkan juga kecap manis. Aduk rata dan masak sampai air menyusut sedikit. Sajikan.

3 dari 16 halaman

Resep Ceker Mercon Bumbu Rica

Resep Ceker Mercon Bumbu RicaResep Ceker Mercon Bumbu Rica © Cookpad.com/selvi ratnasari

Bumbu rica adalah jenis bumbu pedas khas Manado. Biasanya nih bumbu rica dimasak dengan ayam. Lalu bagaimana bisa dimasak untuk ceker? Selvi Ratnasari udah mencobanya dan hasilnya tuh enak banget!

Bahan :

  • 10 pcs ceker
  • air secukupnya untuk merebus ceker
  • bumbu yang di haluskan
  • 3 siung bawang putih
  • 6 siung bawang merah
  • 20 pcs cabe rawit merah
  • 10 pcs cabe merah
  • 1 cm jahe
  • 1 cm lengkoas
  • 1 batang sereh, potong tipis tipis
  • 5 lembar daun jeruk, sobek sobek
  • 2 lembar daun salam
  • 1 sdt garam
  • 1 sdm gula
  • 1 sdt lada bubuk
  • 500 ml air kaldu rebusan ceker
  • secukupnya minyak

Cara membuat :

  • Cuci ceker sampai bersih, rebus di air mendidih dan angkat ketika sudah empuk
  • Tumis bumbu yang dihaluskan, daun jeruk, daun salam, sereh hingga harum dan matang, masukkan ceker dan air kaldu
  • Tambahkan garam, gula, penyedap rasa, dan lada. Masak dengan api sedang hingga semua bumbu meresap dan air kaldu habis. Koreksi rasa dan sajikan.

4 dari 16 halaman

Resep Ceker Mercon Rica-Rica Kemangi

Resep Ceker Mercon Rica-Rica KemangiResep Ceker Mercon Rica-Rica Kemangi © Cookpad.com/Dapur Kenda

Pedasnya cabai serta wanginya kemangi dalam resep ceker mercon Dapur Kenda ini menghasilkan rasa yang nampol banget! Ditambah lagi dengan penampilannya yang duh dijamin bikin ngiler deh.

Bahan :

  • 18 buah ceker, presto 5 menit saja agar tidak hancur
  • segenggam kemangi
  • 3 lembar daun salam
  • 2 buah sereh
  • 2 lembar daun jeruk
  • segelas air
  • secukupnya penyedap rasa
  • secukupnya garam
  • secukupnya lada
  • secukupnya minyak goreng
  • bumbu halus :
  • 3 siung bawang putih
  • 10 siung bawang merah
  • 2 buah kemiri
  • sejempol jahe
  • 3 cm kunyit
  • 6 buah cabe rawit
  • 15 buah cabe merah keriting

Cara membuat :

  • Haluskan bumbu, bisa dengan blender atau ulek
  • Tumsi bumbu, masukkan daun salam, sereh dan daun jeruk. Tumis sampai wangi dan matang.
  • Masukkan ceker yang sudah dipresto. Tambahkan air, aduk rata.
  • Masukkan penyedap rasa, garam dan juga lada. Aduk sampai rata. Lalu tutup sampai air asat meresap.
  • Buka panci, kecilkan api, tambahkan daun kemangi lalu aduk sebentar. Angkat dan sajikan.

5 dari 16 halaman

Resep Ceker Mercon Saos Tiram

Resep Ceker Mercon Saos TiramResep Ceker Mercon Saos Tiram © Instagram/@dapur.uri

Kalau biasanya memasak ceker mercon ditambahkan dengan kecap manis, resep ceker mercon kali ini ditambahkan dengan saos tiram dan menghasilkan rasa umami yang kuat.

Bahan:

  • 1 kg ceker rebus sampai empuk
  • 8 siung bawang merah iris
  • 4 siung bawang putih iris
  • 20 buah cabai rawit merah
  • Garam, gula pasir, dan kaldu jamur secukupnya
  • Kecap sedikit
  • Saus tiram

Cara membuat:

  • Rebus ceker dengan garam dan kaldu bubuk sampai empuk. Angkat, sisihkan.
  • Tumis bawang merah, putih, cabai, sampai wangi dan layu.
  • Masukkan ceker yang sudah direbus aduk-aduk.
  • Tambahkan air, garam dan gula pasir, kecap dan saus tiram sedikit.
  • Koreksi rasa.
  • Masak hingga air menyusut, agar bumbunya meresap.

6 dari 16 halaman

Resep Ceker Mercon Bumbu Iris

Resep Ceker Mercon Bumbu IrisResep Ceker Mercon Bumbu Iris © Cookpad.com/hayuris.dita

Lagi males ngulek? cobain deh resep ceker mercon bumbu iris berikut yang gampang dibuat namun rasanya tak kalah enak.

Bahan :

  • 1 kg ceker ayam
  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1/2 siung bawang bombay
  • 3 buah cabe merah besar
  • 1 cm jahe
  • 6 sdm kecap manis
  • 4 sdm saos sambal
  • 1 sdm kecap asin
  • 2 sdt garam
  • 1 sdt lada halus

Cara membuat :

  • Bersihkan ceker dan rebus bersama dengan jahe dan sedikit garam sampai empuk. Tiriskan ceker.
  • Iris bumbu lalu tumis sampai harum.
  • Masukkan ceker ke tumisan beserta dengan kecap, saos, ada dan juga garam, tambahkan air sampai seluruh ceker teredam. Aduk rata dan masak sampai bumbu meresap. Sajikan.

7 dari 16 halaman

Resep Ceker Mercon Tulang Lunak

Resep Ceker Mercon Tulang LunakResep Ceker Mercon Tulang Lunak © Cookpad.com/Ika Wardani

Walaupun enak dan murah, kadang nih kita malas mengolah ceker karena punya banyak tulang yang menyulitkan saat dimakan. Namun dengan presto, tulang ceker sudah bukan lagi masakan nih.

Bahan 1:

  • 1 kg ceker ayam
  • 3 daun jeruk
  • 5 cm lengkuas
  • 2 sdm kunyit bubuk
  • 1 sdm garam halus
  • secukupnya air

Bahan 2:

  • 7 siung bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 2 cm jahe
  • 4 cm kunyit
  • 4 butir kemiri
  • 2 cabe merah besar
  • 3 cabe kriting
  • 10 cabe rawit
  • secukupnya minyak (untuk menumis)

Bahan 3:

  • 2 batang sereh
  • 2 daun jeruk
  • 5 cm lengkuas

Bahan 4:

  • 1 sdm gula pasir
  • 50 gr gula merah
  • 2 sdt garam halus
  • 2 sdt kaldu jamur
  • 100 ml air
  • 100 ml santan

Cara membuat :

  • Masukkan bahan 1 ke panci presto dan masak selama 15 menit.
  • Haluskan bumbu 2, tumis dengan bahan 3 sampai matang.
  • Masukkan ceker yang udah dipresto ke dalam tumisan, tambahkan bahan 4 kecuali santan.
  • Aduk aduk sebentar, hingga airnya menyusut.
  • Tambahkan santan, aduk dan masak hingga bumbu meresap. Koreksi rasa dan sajikan.

8 dari 16 halaman

Resep Ceker Mercon dengan Terasi

Resep Ceker Mercon dengan TerasiResep Ceker Mercon dengan Terasi © instagram.com/dapurniluhreni/

Berbeda dengan resep ceker mercon lainnya, resep kali ini ditambahkan dengan sedikit terasi bakar untuk penambah cita rasa.

Bahan:

  • 250gr ceker ayam, bersihkan dan lumuri air jeruk nipis
  • 2 lembar daun jeruk
  • minyak goreng
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1 sdm saus sambal
  • 1 sdt kecap manis
  • 1 gelas air matang

Bumbu halus:

  • 4 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 5 buah cabe rawit atau sesuai selera
  • 3 buah cabe keriting
  • 2 buah cabe merah
  • 1 buah tomat
  • 1 sdt terasi bakar

Cara memasak:

  • Rebus ceker sampai empuk, angkat dan rendam dalam air dingin. Sisihkan
  • Tumis bumbu halus sampai wangi, tambahkan daun jeruk, masukkan ceker dan air matang. Masak sampai mendidih
  • Bumbui dengan garam, gula, merica, saos sambal, kecap manis. Masak sampai bumbu meresap.
  • Koreksi rasa dan sajikan

9 dari 16 halaman

Resep Ceker Mercon Bumbu Rujak

Resep Ceker MerconResep Ceker Mercon © Youtube.com/CR Cook

Resep ini disebut dengan ceker bumbu rujak karena ada banyak rempah-rempah di samping cabai, termasuk gula jawa yang umum dipakai dalam saus rujak buah.

Bahan :

  • 500gr ceker, cuci bersih, rebus sebentar sampai berubah warna, buang airnya, lalu rebus lagi sampai empuk dan air menyusut
  • 2 buah cabai merah besar, iris serong
  • 2 buah cabai hijau besar, iris serong
  • 2 buah tomat cherry, belah 4
  • 1 buah tomat hijau, belah 4
  • gula kelapa
  • 1 ruas jahe geprek
  • 3 daun salam
  • 3 daun jeruk sobek2
  • 1sdt garam
  • 2sdt gula pasir

Bumbu halus

  • 6 bwg merah
  • 3 bwg putih
  • 5 cabai rawit merah
  • 5 cabai rawit hijau

Cara memasak

  • Tumis bumbu halus sampai harum, masukkan daun salam, daun jeruk, dan jahe.
  • Tumis sampai harum lalu masukkan gula kelapa, tambahkan air lalu masak sampai semua gula tercampur rata
  • Masukkan ceker, tambahkan bumbudan aduk rata. Tambahkan irisan cabai dan tomat, masak sampai air menyusut dan kuah mengental, sajikan.

10 dari 16 halaman

Resep Ceker Mercon Berkuah Pedas

Resep Ceker Mercon Berkuah PedasResep Ceker Mercon Berkuah Pedas © instagram.com/ocha_chupid/

Kuahnya yang pedas dan menggoda bisa kamu siramkan pada nasi hangat, membuat makan kamu jadi lebih nikmat.

Bahan :

  • 500gr ceker (ibuk masukin juga kepala ayam), presto hingga empuk, sisihkan

Bumbu halus:

  • 3 siung bawang putih
  • 8 siung bawang merah
  • 3 buah cabai keriting
  • 3 buah cabai merah
  • 20 buah cabai rawit (sesuai selera)

Bumbu lain:

  • 2 cm jahe, geprek
  • 3 cm lengkuas, geprek
  • 1 batang serai, geprek
  • 2 lembar daun salam
  • 2 lembar daun jeruk
  • 1 sdt gula merah sisir
  • 1 sdt kecap manis
  • 1 sdt air asam jawa
  • Gula, garam, merica, kaldu bubuk secukupnya

Cara membuat:

  • Tumis bumbu halus bersama jahe, lengkuas, serai, daun jeruk dan daun salam hingga harum dan matang, beri air secukupnya tunggu hingga mendidih
  • Masukkan ceker yang sudah dipresto, bumbui dengan gula merah, kecap manis, air asam jawa, gula, garam, merica dan kaldu bubuk, koreksi rasanya
  • Masak hingga kuah menyusut dan bumbu meresap
  • Siap disajikan

11 dari 16 halaman

Resep Ceker Mercon Dimsum

Resep Ceker Mercon DimsumResep Ceker Mercon Dimsum © Cookpad.com/amei

Berbeda dengan resep cekler mercon lainnya, ceker ceker tidak direbus melainkan digoreng terlebih dahulu sehingga bagian kulitnya terasa garing dan renyah.

Selain itu juga ditambahkan bumbu lain seperti saos tiram, kecap asin, minyak wijen, kayu manis dan masih banyak lagi. Cobain deh!

Bahan:

  • 10 pasang ceker
  • Secukupnya garam n jeruk nipis
  • 1 ruas jahe, iris tipis
  • 2 sdm saus tiram
  • 2 sdm kecap asin
  • 2 sdm kecap manis
  • 3 sdm saus cabe
  • 1/2 sdt minyak wijen
  • 1 buah pekak/bunga lawang
  • 3 cm kayu manis
  • Secukupnya gula, garam, kaldu penyedap rasa
  • Secukupnya air
  • Secukupnya minyak goreng

Bumbu halus:

  • 3 siung bawang putih
  • 8 buah cabe rawit

Cara membuat :

  • Cuci bersih ceker lalu tiriskan Tambahkan garam dan jeruk nipis, remas-remas lalu diamkan selama 15 menit.
  • Goreng ceker dalam minyak panas. Angkat lalu masukkan ceker ke air matang hingga kulitnya mengembang. Hasilnya, bagian kulit ceker bakalan nampak keriting dan mengembang.
  • Panaskan minyak, tumis bumbu halus dan jahe cincang sampai harum, masukkan ceker, aduk.
  • Tambahkan aus tiram, kecap manis, kecap asin, saus cabe, minyak wijen, pekak, kayu manis dan bumbu lainnya lalu masak.
  • Masukkan ke panci presto sampai ceker lunak dan mudah terlepas dari tulangnya.
  • Ceker siap disajikan.

12 dari 16 halaman

Resep Ceker Mercon Mandi Cabe

Resep Ceker Mercon Mandi CabeResep Ceker Mercon Mandi Cabe © instagram.com/eva.susanti071087/

Dari penampilannya yang bermandikan potongan cabe ini tentu resep ceker mercon menunggu banget untuk segera dibikin, bukan?

Bahan :

  • 1 kg ceker ayam, bersihkan lalu rebus

Bumbu halus:

  • 150 gr cabe merah,
  • 50gr cabe rawit,
  • 7 siung bawnag putih
  • 15 siung bawang merah. rebus seluruhnya lalu ulek kasar.

Bumbu cemplung:

  • 2 batang sereh, geprek
  • 5 lembar daun jeruk
  • 2 iris jeruk nipis
  • gula, garam, kaldu bubuk secukupnya.

Cara membuat :

  • tumis bumbu halus sampai wangi lalu masukan bumbu cemplung, aduk rata. Masak sampai wangi dan peras dua iris jeruk nipis.
  • Masukkan ceker ayam, masak sampai menyatu dengan bumbu. Koreksi rasa dan sajikan.

13 dari 16 halaman

Resep Ceker Pedas Manis

Resep Ceker Mercon Pedas ManisResep Ceker Mercon Pedas Manis © albarakahonline.com

Di resep ini ada penambahan kemiri, tomat, gula jawa dan jahe bubuk yang membuatnya berbeda dibanding dengan resep lainnya. Seperti apa rasanya? Cobain aja.

Bahan :

  • 20 ceker ayam

Bahan dihaluskan :

  • 7 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 12 cabai merah
  • 5 cabai setan
  • 3 buah kemiri
  • 1/2 potong tomat

Bahan lainnya :

  • 4 lembar daun jeruk
  • 1 serai
  • 1 ruas lengkuas
  • Minyak, penyedap, lada bubuk, garam, air
  • 4 sdm Gula jawa sisir halus
  • 3 sdm kecap manis
  • 1 sdt jahe bubuk

Cara membuat :

  • Rebus ceker dengan jahe bubuk selama 15 menit, buang kotoran lalu diamkan 10 menit dan rebus lagi 5 menit. Tiriskan. Tahu ngak sih dnegan memasak ceker dengan cara ini bisa membuat ceker jadi lebih cepat empuk.
  • Blender semua bumbu dengan minyak, lalu tumis hingga kecoklatan
  • Masukkan serai, lengkuas, daun jeruk, tumis hingga wangi.
  • Tambahkan gula jawa, kecap tunggu hingga menyatu semuanya. Lalu masukkan ceker ayam
  • Tambahkan air, garam, lada dan penyedap. Tunggu hingga airnya jadi sedikit. Koreksi rasa dan sajikan.

14 dari 16 halaman

Resep Ceker Mercon Kuah Bening

Resep Ceker Mercon Kuah BeningResep Ceker Mercon Kuah Bening © instagram.com/dianayupuspitasari/

Kalau resep ceker mercon biasanya menghasilkan ceker dengan bumbu merah, ceker kali ini hadir dengan kuah bening berwarna kuning yang nampak gurih banget.

Bahan :

  • 20 buah ceker ayam.
  • 10 cabe rawit, haluskan.
  • 10 cabe rawit utuh.
  • 3 butir bawang merah, haluskan.
  • 5 siung bawang putih, haluskan.
  • 1 ruas kunyit, haluskan.
  • 3 batang sereh, geprek.
  • 6 lembar daun jeruk.
  • Gula garam dan merica, secukupnya.

Cara membuat :

  • Bersihkan ceker. Rebus hingga air mendidih. Buang air nya dan rebus lagi selama 1 jam hingga empuk. Buang airnya dan cuci ceker. Ini dilakukan biar kuahnya tidak keruh dan tidak berbau amis.
  • Panaska sedikit minyak lalu tumis semua bumbu hingga harum.
  • Masukan ceker dan air kurang lebih 500ml atau secukupnya. Masak hingga bumbu meresap, koreksi rasa, sajikan.

15 dari 16 halaman

Seblak Ceker Mercon

Resep Ceker MerconResep Ceker Mercon © instagram.com/dapurniluhreni/ instagram.com/mela.wati/

Pecinta seblak dan ceker wajib banget nih cobain resep simpel satu ini.

Bahan :

  • 1/4 ceker, rebus dengan lada dan garam. Rebus agak lama sampai keluar minyak dan buang busa yang muncul.
  • 1 butir telur
  • Lada secukupnya

Bumbu :

  • 3 cabe besar
  • 10 cabe rawit (opsional )
  • 4 bawang merah
  • 2 bawang putih
  • 1 ruas kencur

Saus :

  • 1sdm saus tiram
  • 2sdm saus tomat
  • 1sdm saus pedas

Cara :

  • Tumis bumbu sampai harum, tambahkan lada, garam, gula, penyedap secukupnya
  • Setelah harum, masukkan kaldu ceker dan cekernya, masak sebentar
  • Masukkan saus saidan, aduk lagi
  • Memasukkan telur, aduk aduk, terserah mau diaduk atau telurnya utuh
  • Masak sampai air menyusut, cek rasa sajikan

16 dari 16 halaman

Resep Ceker Mercon dengan Saos Sambal

Resep Ceker Mercon dengan Saos SambalResep Ceker Mercon dengan Saos Sambal © instagram.com/mona_rendra/

Karena resep ceker pedas ini ditambahkan dengan saos sambal, maka bumbunya terasa lebih pekat, gurih dan khas. Cara membuatnya pun sama dengan resep lainnya.

Bahan :

  • 500 gram ayam, rebus dengan 1 batang serai 2 lembar daun salam & 1 ruas jari jahe

Bumbu :

  • 15 cabe keriting
  • 25 buah cabe rawit merah
  • 6 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 1 buah tomat merah
  • 4 lembar daun jeruk
  • 2 sdm gula aren yg sudah disisir
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt kaldu jamur
  • 1 sdm saos sambal
  • 200 ml ai

Dengan resep ceker mercon yang udah Diadona kumpulin di atas, kamu bisa menikmati sajian sedap dengan murah meriah. Eh, bisa buat inspirasi jualan juga lho!

 

Beri Komentar