9 Tips Agar Talenan Kayu tidak Berjamur, Jangan Biarin Alat Masak Kamu Kotor

Reporter : Arif Mashudi
Jumat, 3 Maret 2023 10:36
9 Tips Agar Talenan Kayu tidak Berjamur, Jangan Biarin Alat Masak Kamu Kotor
Jamur di talenan kayu bisa bikin talenan kita jadi gak higienis loh, yuk bersihkan.

Kita pasti semua pasti setuju, kalau jamur di talenan kayu bisa menjadi masalah yang sangat menjengkelkan. Apalagi bagi kita yang suka memasak. Selain nggak higenis, ini juga agak gimana gitu ya kalau alat masak kita berjamur.

Selain itu, jamur ini akan tumbuh dan berkembang biak di kayu dan dapat menyebarkan bakteri dan kuman yang berbahaya bagi kesehatan loh. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk mengetahui cara membersihkan jamur di talenan kayu dengan benar.

Berikut ini adalah beberapa tips atau cara efektif yang bisa kamu gunakan untuk membersihkan jamur di talenan kayu dengan mudah dan cepat.

1 dari 4 halaman

Cara Membersihkan Jamur di Talenan Kayu

Tips Agar Talenan Kayu tidak Berjamur © Diadona

Berikut ini adalah beberapa tips membersihkan talenan kayu dari jamur. Semuanya menggunakan bahan-bahan yang ada di sekitarmu kok, Diazens.

Cuci dan keringkan

Cara pertama yang harus kamu lakukan adalah mencuci talenan kayu dengan air hangat dan sabun. Pastikan talenan kayu benar-benar kering sebelum kamu gunakan kembali. Karena pengeringan yang tidak sempurna hanya menyebabkan pertumbuhan jamur yang lebih parah di kemudian hari.

Bilas dengan air panas

Kemudian, setelah selesai dicuci, bilas talenan kayu dengan air panas untuk membantu membunuh bakteri dan jamur yang tersisa. Jadi, air panas ini juga akan membantu membersihkan sisa-sisa makanan atau kotoran yang menempel pada talenan kayu kamu.

Gunakan lemon dan garam

Lanjut, kamu juga dapat menggunakan lemon dan garam untuk membersihkan jamur di talenan kayu. Campurkan air perasan lemon dengan garam, lalu gosokkan campuran tersebut ke talenan kayu.

Di sini, garam akan membantu menghilangkan jamur dan noda. Sedangkan lemon akan membantu membersihkan dan memberikan aroma segar pada talenan saat kamu gunakan nanti.

2 dari 4 halaman

Gunakan cuka

Kemudian, untuk cara lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan mensterilkan talenan kayu dengan cuka. Caranya, campurkan cuka dengan air, lalu oleskan ke talenan kayu menggunakan kain atau spons. Biarkan selama beberapa menit, lalu bilas dengan air bersih.

Pakai baking soda

Baking soda juga dapat membantu membersihkan jamur di talenan kayu kamu juga Diazens. Campurkan baking soda dengan air, lalu gosokkan ke talenan kayu. Jadi, baking soda ini akan membantu mengikis jamur dan menghilangkan bau tak sedap di talenan.

Oleskan minyak

Terakhir, setelah talenan kayu bersih dan kering, kamu bisa mengoleskan minyak untuk melindungi kayu dari jamur dan memberikan tampilan yang lebih segar. Di sini, kamu bisa menggunakan minyak kelapa atau minyak zaitun sebagai bahan alami untuk melindungi kayu dari jamur.

Jadi, itu ya beberapa cara yang dapat kamu gunakan untuk membersihkan jamur di talenan kayu. Pokoknya, selalu bersihkan talenan kayu setelah selesai digunakan biar nggak samapi tumbuh jamur ya, Diazens!

3 dari 4 halaman

Cara Mencegah Agar Talenan Kayu tidak Berjamur

Tips Agar Talenan Kayu tidak Berjamur © Diadona

Talenan kayu sangat rentan terkena jamur dan bakteri jika tidak kamu rawat dengan baik. Jamur dapat menyebabkan talenan menjadi tidak higienis dan bahkan dapat mempengaruhi kesehatan.

Nah, karena mencegah lebih baik dari pada mengobati, ini nih cara mencegah biar jamur nggak tumbuh di talenan.

Cuci bersih setelah memakai

Setelah selesai memotong makanan, segera cuci talenan kayu dengan air dan sabun. Hindari membiarkan sisa makanan menempel pada permukaannya.

Soalnya, jika kamu biarkan terlalu lama, sisa makanan ini dapat memberikan tempat yang ideal bagi jamur untuk berkembang biak. Jadi, pastikan untuk mencuci talenan kayu setelah selesai kamu gunakan ya.

Jangan direndam

Cara mencegah yang kedua adalah jangan terlalu sering merendam talenan kayu dalam bak cuci. Soalnya nih, jika kamu merendam talenan kayu terlalu lama dalam air, akan membuat kayu menyerap air dan memicu pertumbuhan jamur.

Sebaliknya, cuci talenan kayu dengan cepat di bawah air mengalir dan segera keringkan. Lebih kering lebih bagus.

4 dari 4 halaman
Beri Komentar