7 Tips Masak Wortel, Empuknya Pas dan Anti Benyek

Reporter : Arifina
Jumat, 13 Oktober 2023 18:07
7 Tips Masak Wortel, Empuknya Pas dan Anti Benyek
Begini tips masak wortel dengan benar yang lebih sehat dan empuknya pas!

Tips masak wortel untuk berbagai jenis hidangan perlu trik khsuus agar mendapat cita rasa yang pas. Wortel dapat diolah dengan berbagai metode, tetapi baiknya jika wortel dimasak dengan cara direbus.

Dilansir dari halodoc.com, cara mengkonsumsi wortel yang baik adalah dengan cara direbus. Hal ini bermanfaat bagi kesehatan tubuh karena wortel kaya akan sumber nutrisi yang baik.

Wortel yang direbus dapat mempertahankan sebagian besar nutrisi yang dimiliki. Manfaat mengkonsumsi wortel yang dimasak dengan direbus adalah membantu meningkatkan kesehatan kulit, kesehatan mata, dan penurunan risiko kanker pada tubuh.

1 dari 9 halaman

Cara Menyimpan Wortel yang Sudah di Kupas © Diadona

Hal ini karena kandungan vitamin A pada wortel yang direbus dapat mencegah berbagai masalah kulit, membantu menjaga penglihatan dan mengurangi risiko pada masalah mata seperi mata yang minus hingga katarak.

Nah, berikut ini beberapa tips memasak wortel yang empuk, sehat dan anti benyek!

2 dari 9 halaman

Pilih Wortel yang Segar

Saat membeli wortel, pastikan jika wortel segar dan layak untuk dimakan. Cara untuk mengetahui wortel tersebut segar atau tidak dapat dilihat dari warna kulitnya.

Wortel yang segar memiliki warna yang cerah dan tidak pucat. Pastikan kulit wortel bersih dan tidak ada kerusakan atau tanda-tanda pembusukan.

Untuk hidangan atau masakan gunakan wortel yang masih muda. Karena wortel yang masih muda cenderung memiliki rasa yang lebih manis dan tekstur wortel yang baik untuk dikonsumsi.

3 dari 9 halaman

Cuci Bersih dan Kupas

Sebelum wortel dimasak, cuci bersih dahulu dan kupas pada semua bagian kulitnya. Karena wortel adalah salah satu sayuran berumbi yang kemungkinan besar memiliki banyak kotoran yang melekat pada permukaanya. Oleh karena itu, selalu cuci wortel hingga benar-benar bersih.

Jangan lupa untuk memotong daun bagian atas dan bagian akarnya. Sebab, bagian akar wortel cenderung lebih keras dan kasar, sedangkan bagian daunnya memiliki rasa yang pahit jika dimakan.

4 dari 9 halaman

Potong Wortel Dengan Ukuran yang Sama

Tips Masak Wortel © Diadona

Potong wortel dengan konsisten atau dengan ukuran dan bentuk yang sama. Kamu bisa memotong dengan bentuk dadu, batang, atau iris sesuai selera.

Sebaiknya jika wortel dipotong dalam bentuk yang sama dan ukuran yang kecil. Ukuran wortel yang kecil dapat lebih cepat melunak sehingga waktu untuk memasak lebih singkat.

Potongan yang sama akan membuat wortel matang merata dan di waktu yang sama. Selain itu, potongan wortel yang sama merata akan memudahkan dalam mempersiapkan jika untuk hidangan cantik, seperti salad dan hidangan akan terlihat lebih estetis saat akan disajikan.

5 dari 9 halaman

Perhatikan Metode Memasak Wortel

Memasak wortel tidak hanya dengan merebusnya. Banyak metode yang dapat digunakan untuk memasak wortel, seperti merebus, mengukus, memanggang, atau menggoreng.

Beberapa metode ini tergantung dengan selera dan hasil akhir yang diinginkan. Setiap metode yang berbeda ini memiliki cara dan durasi waktu yang berbeda.

Untuk merebus wortel dengan potongan wortel yang cukup besar diperlukan waktu sekitar 10-15 menit untuk hasil yang matang, tetapi jika potongan wortel lebih kecil hanya membutuhkan waktu singkat sekitar 5-10 menit saja.

Jika wortel dikukus, kamu butuh waktu 5-10 menit dengan ukuran yang sama, agar matang dengan merata. Kemudian, jika wortel ukuran besar dipanggang, siapkan oven dengan suhu 200-220 derajat celcius dan panggang sekitar 20-30 menit, tergantung pada tingkat kematangannya. Jika potongan wortel kecil akan membantu mempersingkat waktu memasaknya.

6 dari 9 halaman

Rebus di Air Mendidih

Sebelum memasak wortel, didihkan air yang sudah diberi sedikit garam. Gunakan cukup banyak air saat merebus wortel, tetapi jangan terlalu banyak atau sampai hampir penuh pada panci agar air rebusan tidak meluap saat wortel dimasukkan.

Dengan merebus wortel di air mendidih dapat lebih cepat dan kemungkinan wortel akan matang secara merata. Merebus di air mendidih dengan waktu yang singkat juga dapat membantu mempertahankan warna wortel yang cerah dan akan menjaga sebagian besar kandungan nutrisinya.

Jika direbus terlalu lama, warna wortel akan memudar dan nutrisi wortel akan larut dan hilang dalam air rebusan.

7 dari 9 halaman

Jangan Terlalu Lama Merebus Wortel

Tips Masak Wortel © Diadona

Durasi waktu sangat diperlukan saat merebus wortel. Namun hal ini bergantung pada ukuran wortel dan tingkat kematangan yang diinginkan.

Jika potongan wortel berukuran kecil, cukup merebusnya sekitar 4 menit saja untuk menghasilkan tekstur lembut di dalam nya dan sedikit garing di bagian luarnya.

Jika wortel yang direbus berukuran lebih tebal dan bagian kulitnya belum dikupas, rebus selama 30 menit untuk menghasilkan tekstur yang benar-benar lunak.

Hal ini karena wortel direbus utuh dan berukuran cukup besar sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk merebusnya.

8 dari 9 halaman

Tambahkan Sedikit Garam

Saat merebus wortel jangan lupa memberi sedikit garam pada air rebusan. Garam dapat berfungsi untuk mempercepat proses perebusan wortel dan dapat memperkaya cita rasa ketika nanti sudah matang.

Garam juga memiliki sifat pengawet alami yang mampu memperpanjang masa penyimpanan wortel setelah dimakan. Terutama jika saat wortel akan disimpan dalam lemari es.

Namun, jika kamu berusaha untuk mengurangi kadar sodium pada makanan yang dikonsumsi, bisa abaikan cara ini.

9 dari 9 halaman

Itulah sederet tips masak wortel yang bisa dicoba agar kandungan nutrisinya tetap ada dan dapat menyehatkan tubuh.

Beberapa tips di atas dapat diterapkan dirumah agar tidak terjadi kesalahan saat akan mengolahnya menjadi hidangan yang istimewa.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

 

Penulis: Safira Salsabillah Maharani

Beri Komentar