8 Tips Memasak Sawi agar Tidak Pahit, Ternyata Sangat Mudah Lho!

Reporter : Arifina
Selasa, 19 September 2023 16:17
8 Tips Memasak Sawi agar Tidak Pahit, Ternyata Sangat Mudah Lho!
Sering memasak sawi tapi selalu pahit? Simak beberapa tips berikut supaya masakan sawi terasa lebih enak.

Tips memasak sawi agar tidak pahit kuncinya adalah dalam cara mengolahnya. Jika selama ini kamu memasak sayur sawi tetapi masih pahit, artinya cara mengolahnya belum tepat.

Menurut riset kesehatan dasar oleh Kementrian Kesehatan sebanyak 93,6% penduduk Indonesia masih dikategorikan sebagai orang yang susah untuk mengonsumsi buah dan sayur, salah satu alasannya karena rasa sayuran yang pahit.

Padahal banyak manfaat sayur sawi bagi kesehatan tubuh. Seperti, kandungan mineral seperti zat besi, kalium, kalsium dan sodium dalam sayur sawi. Sayuran hijau ini juga kaya akan nutrisi, seperti vitamin A, vitamin C, dan vitamin K yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh dengan membantu tubuh memproses pembekuan darah.

1 dari 10 halaman

Tips Memasak Sawi agar Tidak Pahit © Diadona

Melansir dari playen2.puskesmas.gunungkidulkab.go.id, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Food Research disebutkan, cara memasak sayuran dalam jangka waktu lama dapat membuat sayuran terkena proses oksidasi dan panas dalam jangka waktu yang lama.

Hal inilah yang menyebabkan rasa sayur sawi bisa mejadi pahit. Nah, sebenarnya dengan cara-cara tertentu dapat membuat rasa pahit sawi berkurang atau bahkan menghilang lho!

Dengan beberapa trik, nantinya sayur sawi ini akan tetap bisa dikonsumsi dengan sehat dan tetap lezat. Jadi berapa waktu yang pas untuk memasak sawi? Lalu, bagaimana cara mengolahnya agar tidak pahit? Simak beberapa tips dibawah ini supaya memasak sawi tak lagi khawatir akan rasanya ya!

2 dari 10 halaman

Rendam Sawi dengan Air Dingin

Tips ini menjadi opsi ketika kamu ingin mengolah sawi tanpa menghasilkan cita rasa yang pahit. Kamu bisa menghilangkan rasa pahitnya dengan hanya merendam sawi di air dingin.

Masukkan sawi ke dalam baskom lalu rendam sejenak dengan air dingin. Dijamin saat proses memasak sayuran ini rasa pahitnya akan berkurang.

3 dari 10 halaman

Taburi dengan Garam

Tips Memasak Sawi agar Tidak Pahit © Diadona

Menaburkan garam secukupnya pada sawi sebelum diolah menjadi masakan dapat membantu menghilangkan rasa pahit pada sayuran tersebut. Taburi sawi dengan garam dan diamkan selama kurang lebih 15-30 menit senelum dimasak.

Selain menghilangkan rasa pahit, garam juga dapat membuat tekstur sayur sawi menjadi lebih crunchy atau renyah saat diolah lho!

4 dari 10 halaman

Rebus Sawi dengan Air Mendidih

Pastikan kamu merebus sawi dengan kondisi air yang sudah mendidih. Proses ini untuk menghindari sawi terlalu lama dimasak.

Cukup rebus selama 3-5 menit saja kemudian angkat dan tiriskan. Lalu, kamu bisa mencucinya untuk mengurangi rasa pahit dan peras sawi setelah direbus agar kandungan air di dalamnya berkurang.

Dilansir dari the kitchen, sayuran hijau yang lebih dahulu direbus dengan air yang mendidih sebelum diolah akan membuat rasa pahitnya berkurang.

5 dari 10 halaman

Hindari Memasak Sawi Terlalu Lama

Tips Memasak Sawi agar Tidak Pahit © Diadona

Pastikan kamu tidak memasak sawi terlalu lama. Batasi waktu memasak sawi menjadi menit saja.

Jika memungkinkan, kurang dari 3 menit sawi sudah diangkat atau ditiriskan dari air rebusan. Karena jika terlalu lama memasaknya, dapat menyebabkan tekstur dan struktur kandungan sawi rusak dan malah akan mengeluarkan rasa pahit.

6 dari 10 halaman

Jangan Mengolah Bagian Batang Sawi

Sebaiknya kamu tidak mengolah bagian batang sawi. Karena batang sawi memiliki banyak kadar serat, sehingga ketika terkena dengan suhu yang panas akan mengeluarkan rasa pahit.

Kamu juga bisa membuang batang sayur sawi ini saat akan memasaknya. Hal tersebut untuk menghindari munculnya aroma dan rasa yang pahit.

7 dari 10 halaman

Masak Dengan Aneka Bumbu Rempah

Tips Memasak Sawi agar Tidak Pahit © Diadona

Jika sawi akan diolah menjadi masakan atau tumisan, kamu bisa menambahkan bahan lainnya seperti irisan bawang putih, bawang merah, cabe dan bumbu rempah lainnya.

Dengan bahan-bahan masakan tersebut akan membantu menghilangkan rasa pahit dan menyeimbangkan rasa hidangan sayur sawi lho!

8 dari 10 halaman

Gunakan Metode Slow Cooking

Metode ini lebih menekankan pada cara masak yang lambat, tetapi dengan memastikan makanan yang dimasak benar-benar matang dan bumbu atau rempah yang ditambahkan lebih meresap dengan sempurna.

Khusus sayuran seperti sawi, lobak, dan kangkung disarankan menggunakan cara ini. Proses slow cooking ini dinilai sangat efektif dalam membantu melunakkan tekstur daun atau sayur yang keras dan meredam rasa pahit.

9 dari 10 halaman

Beri Perasan Air Lemon

Tips Memasak Sawi agar Tidak Pahit © Diadona

Selain garam, air perasan lemon juga dapat digunakan untuk mengurangi rasa pahit pada sawi. Jika kamu mengolah sawi menjadi salad sayur, bisa tambahkan air perasan lemon.

Selain mengurangi rasa pahit, air perasan juga dapat menambah tampilan dan rasa salad sayur menjadi jauh lebih segar.

Itulah beberapa tips memasak sawi agar tidak pahit, sehingga masakan lebih lezat saat disajikan. Tidak ada alasan lain untuk tidak mengkonsumsi sayuran pahit ini yang sangat bergizi untuk tubuh kita. Selamat mencoba ya!

 

Penulis: Safira Salsabillah Maharani

Beri Komentar