7 Tips Merebus Ubi Jalar agar Hasilnya Tidak Lembek dan Matang Sempurna, Mudah Banget Lho!

Reporter : Arifina
Rabu, 4 Oktober 2023 20:07
7 Tips Merebus Ubi Jalar agar Hasilnya Tidak Lembek dan Matang Sempurna, Mudah Banget Lho!
Merebus ubi jalar yang matang sempurna mudah banget kok! Simak tipsnya berikut saja!

Tips merebus ubi jalar cocok untuk diikuti buat kalian yang sedang ingin memakan camilan sehat. Ubi jalar merupakan jenis tanaman umbi-umbian yang sering dikonsumsi oleh masyarakat dan diolah menjadi berbagai hidangan yang lezat.

Ubi jalar biasa diolah dengan cara direbus, dipanggang, digoreng, ataupun dimasak menjadi hidangan makanan lain.

Dilansir dari yankes.kemkes.go.id, manfaat ubi jalar sangat banyaj untuk kesehatan. Ubi jalar memiliki andungan vitamin A, vitamin B, dan zat antioksidan yang baik untuk tubuh.

1 dari 9 halaman

Tips Merebus Ubi Jalar © Diadona

Ubi jalar rebus juga salah satu camilan sehat yang bisa digunakan sebagai makanan pengganti nasi karena kaya akan karbohidrat dan serat.

Cara merebus ubi jalar sebenarnya mudah dan prosesnya sederhana. Namun, apabila terdapat sedikit kesalahan akan mengakibatkan hasil rebusan menjadi terlalu lembek atau bahkan keras karena kurang matang.

Berikut ini diadona.id rangkumkan tips merebus ubi jalar yang harus kamu perhatikan dan terapkan agar matang sempurna!

2 dari 9 halaman

Cuci Bersih Ubi

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah cuci bersih ubi jalar terlebih dahulu. Ubi jalar merupakan tanaman yang tumbuh di dalam tanah sehingga dapat tercampur dengan kotoran, debu, dan residu lainnya yang menempel pada ubi.

Mencuci ubi jalar dengan air bersih akan menghilangkan kotoran dan debu tersebut. Gosok-gosok ubi jalar menggunakan busa kawat apabila terdapat kotoran yang susah dibersihkan menggunakan air.

Pastikan untuk membersihkan semua sisi dan lipatan kulitnya. Setelah dicuci, tiriskan ubi jalar dan masukkan dalam wadah.

3 dari 9 halaman

Gunakan Air yang Banyak

Pada saat hendak merebus ubi jalar, siapkan panci untuk merebus dan gunakanlah air yang banyak. Jumlah air yang digunakan harus cukup untuk merendam seluruh bagian ubi jalar yang direbus dalam panci.

Air yang banyak akan membantu ubi jalar untuk matang secara merata karena seluruh permukaannya terendam dalam air panas. Sehingga, panas dapat meresap ke dalam semua bagian ubi secara lebih baik.

Selain itu, penggunaan air yang banyak juga dapat membantu ubi menjadi lebih empuk serta menghindari risiko ubi jalar menjadi keras di luar dan lunak di dalam.

4 dari 9 halaman

Tambahkan Garam

Ilustrasi Ubi Jalar © Diadona

Cobalah untuk menambahkan garam pada saat merebus ubi jalar. Tambahkan garam secukupnya tidak perlu terlalu banyak.

Penambahan garam dapat memberikan variasi rasa gurih pada ubi jalar. Bagi yang lebih suka rasa alami ubi, tidak perlu menambahkan garam pada rebusan.

Garam juga dapat membantu menjaga tekstur ubi jalar tetap kokoh dan tidak lembek saat direbus. Namun, penambahan garam saat merebus ubi jalar merupakan hal yang opsional tergantung selera masing-masing.

5 dari 9 halaman

Jangan Rebus Terlalu Lama

Saat proses perebusan, perhatikanlah waktunya ketika mulai merebus hingga ubi matang. Jangan merebus ubi terlalu lama karena dapat mengakibatkan tekstur ubi menjadi terlalu lembek dan hancur, sehingga tidak enak untuk dimakan.

Terlalu lama merebus ubi jalar juga dapat menyebabkan kandungan nutrisinya hilang. Dalam ubi jalar, terdapat kandungan vitamin C dan vitamin B kompleks yang bisa hancur oleh panas berlebih jika direbus terlalu lama.

Oleh karena itu, untuk menjaga kualitas ubi jalar yang direbus, penting untuk selalu memantau selama proses perebusan hingga matang agar tidak overcooked dan matang sempurna.

6 dari 9 halaman

Gunakan Api Kecil

Besarnya api yang digunakan saat merebus juga dapat mempengaruhi hasil masakan lho! Oleh karena itu, gunakanlah api kecil saat merebus ubi jalar.

Api kecil dapat membuat suhu air stabil dan relatif rendah sehingga dapat membantu mencegah terjadinya overcooking. Selain itu, penggunaan api kecil juga dapat membantu ubi jalar matang secara merata baik luar maupun dalamnya.

Meskipun waktu memasak menjadi lebih lama, namun hasil akhirnya sepadan. Dengan menggunakan api kecil, kalian bisa mendapatkan hasil ubi jalar yang terbaik.

7 dari 9 halaman

Cek Kematangam Ubi Secara Berkala

Tips Merebus Ubi Jalar © Diadona

Proses perebusan ubi jalar tidak boleh terlalu lama. Ketika ubi sudah matang, matikan kompor dan tiriskan ubi. Untuk mengetahui apakah ubi jalar sudah matang, kalian bisa mengeceknya dengan melakukan tes tusuk.

Gunakanlah garpu atau tusuk gigi untuk menusuk ubi jalar. Apabila garpu atau tusuk gigi tersebut masuk dengan mudah dan ubi terasa empuk, berarti ubi jalar sudah matang.

Namun jika kalian merasa garpu atau tusuk gigi tersebut seperti susah untuk menusuk ubi jalar, maka ubi jalar belum matang.

Penting untuk memeriksa ubi jalar secara berkala saat proses perebusan karena waktu memasak ubi jalar ini tergantung pada matangnya ubi. Jika ubi sudah matang, berarti proses merebus selesai.

8 dari 9 halaman

Rebus Kembali Ubi

Sebelum menyajikan ubi yang telah matang, rebuslah kembali ubi jalar agar kandungan air di dalamnya berkurang. Caranya mudah, letakkan ubi pada panci yang digunakan sebelumnya namun tanpa perlu diberi air atau minyak. Panaskan ubi di atas kompor selama beberapa menit.

Jika sudah terlihat kesat, matikan kompor dan ubi jalar rebus siap disajikan. Yang perlu diingat, jangan merebus ubi jalar terlalu lama agar tidak merusak tekstur dan rasa ubi yang sudah matang.

Nah, itulah tadi beberapa tips merebus ubi jalar agar hasilnya tidak lembek dan matang sempurna. Ubi jalar merupakan tumbuhan yang mudah ditemui, oleh karena itu cobalah untuk merebus ubi jalar dengan menerapkan tips di atas ya! Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

 

Penulis: Hasna Hafidhah Adellia P.

Beri Komentar