Cara Memilih Wortel Muda dan juga Cara Menyimpannya yang Benar

Reporter : Arif Mashudi
Senin, 14 November 2022 10:00
Cara Memilih Wortel Muda dan juga Cara Menyimpannya yang Benar
Cara memilih wortel muda nggak sulit kok, cara menyimpannya juga mudah banget

Wortel adalah tumbuhan yang bisa digunakan sebagai buah atau pun sayuran. Rasanya yang manis serta berbagai gizi yang terkandung di dalamnya membuat wortel mempunyai banyak penikmat. Tapi ya jangan semua wortel disikat, lebih baik wortel-wortel yang masih muda saja.

Lantas, bagaimana cara memilih wortel muda?

Cara memilih wortel muda sebenarnya tidaklah sulit, yang penting teliti saja. Misal, jangan pilih wortel yang pecah atau retak. Pun, juga utamakan wortel yang punya tekstur yang keras dan tidak lemas.

Dari pada kamu bingung, nih Diadona.id telah merangkum cara memilih wortel muda yang bisa kamu jadikan referensi sederhana. Langsung saja yuk kita simak uraiannya di bawah ini. Check these out!

1 dari 5 halaman

Cara Memilih Wortel Muda

Cara Memilih Wortel Muda © Diadona

Selain memiliki rasa yang lebih segar dan manis, wortel muda juga cocok untuk dikreasikan menjadi berbagai sajian. Berikut ini adalah cara memilih wortel muda yang bisa kamu terapkan.

Pilih Wortel yang Teksturnya Keras

Cara memilih wortel muda yang pertama bisa kamu lihat dari tekstur wortel tersebut. Wortel muda yang sehat memiliki tekstur yang renyah. Jika wortel sudah lemas dan teksturnya kenyal sebaiknya skip saja ya, Diazens.

Pastikan Daunnya Hijau Cerah

Selain bisa dilihat dari tekstur wortelnya sendiri, cara memilih wortel muda juga bisa dilihat dari warna daun. Wortel muda memiliki daun yang berwarna cerah. Selain itu, warna daun yang segar juga menjadi tanda bahwa wortel masih baru saja dipanen.

2 dari 5 halaman

Pilih Wortel yang Berwarna Kuat

Cara Memilih Wortel Muda © Diadona

Kemudian, warna wortel juga bisa menjadi patokan dalam cara memilih wortel muda. Wortel muda dan segar memiliki pigmen yang lebih kuat. Pastikan seluruh bagian wortel memiliki warna kiat yang merata.

Hindari Wortel Retak atau Pecah

Wortel yang retak atau pecah tandanya telah kering dan rasanya juga telah kehilangan rasanya. Sebenarnya sehat-sehat saja untuk dikonsumsi, tapi jika ada yang lebih baik ya skip saja. Selain tiu, woretl yang reatak atau pecah akan emmbutuhkan waktu yang lebih lama untuk memasaknya.

Pilih yang Bertekstur Halus

Cara memilih wortel muda yang selanjuutnya adalah dengan memilih wortel yang punya tekstur halus. Wortel yang penuh dengan akar serabut dan juga bengkok bisa diangggap sebagai wortel cacat. Wortel dengan ciri-ciri ini cenderung tidak begitu enak ketika dikonsumsi.

3 dari 5 halaman

Cara Menyimpan Wortel yang Benar

Cara Memilih Wortel Muda © Diadona

Jika sudah bisa mencapatkan wortel yang muda, selanjutnya kamu perlu mengetahui cara menyimpannya dengan benar. Pasalnya, jika tidak nggak benar, bisa saja wortel akan cepat layu atau bahkan bisa membusuk. Tentu saja ini harus kamu simpan di dalam kulkas ya Diazens.

Masukkan dalam Plastik

Cara menyimpan wortel yang pertama adalah dengan membungkusnya dengan kantong plastik. Kamu bisa menggunakan kantong plastik apapun yang penting bisa menjaga wortel tetap kering dan tidak lembap. Kamu juga bisa menggunakan wadah seperti kotak makanan yang tertutup.

4 dari 5 halaman

Potong Daun Wortel

Jika kamu belu wortel yang masih mempunyai daun, potong dahulu daunnya sebelum disimpan ke dalam plastik atau kotak makanan. Selain agar tidak memakan tempat, dengan daun yang dipotong akan membantu wortel tetap kering dan tidak lembap.

Jangan Dicampur dengan Buah-buahan

Cara menyimpan wortel yang selanjutnya adalah jangan dicampur dengan buah lain. Lebih-lebih, jauhkan wortel dari buah yang engeluarkan gas etilena, misalnya pisang dan pir yang mana akan membuat wortel lebih cepat keriput.

Beri Komentar