Tips Membuat Jus Alpukat, Enak, Praktis dan Kaya Nutrisi

Reporter : Arifina
Rabu, 11 Oktober 2023 17:07
Tips Membuat Jus Alpukat, Enak, Praktis dan Kaya Nutrisi
Membuat jus alpukat yang pas tanpa rasa pahit ada triknya lho! Yuk, simak!

Tips membuat jus alpukat bisa kamu jadikan referensi untuk membuat minuman rasa buah satu ini. Salah satu cara untuk menikmati buah alpukat yang praktis adalah dengan mengolahnya menjadi jus atau minuman.

Buah alpukat menjadi salah satu buah yang cukup populer dan banyak disukai untuk dikonsumsi. Buah ini sering menjadi incaran wanita karena kandungan serat yang tinggi dapat membantu proses program diet atau menurunkan berat badan.

Dilansir dari yankes.kemkes.go.id, banyak manfaat buah alpukat untuk kesehatan. Buah ini memiliki komponen gizi yang aktif seperti pantethine, Vitamin B, Vitamin C, Vitamin E, Vitamin A, selenium, pantogenic acid, dan monosaturated fatty acid.

1 dari 7 halaman

Tips Agar Alpukat Tidak Cepat Busuk © Diadona

Kandungan tersebut dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah tubuh kita. Selain itu, alpukat dapat menurunkan kadar sodium dalam darah.

Akan tetapi, buah alpukat juga bisa menghasilkan kalori dan kandungan gula yang tinggi saat mengonsumsinya dengan pengolahan. Menambahkan gula atau susu kental manis juga malah akan membuat tubuh kita semakin mendapat banyak kandungan gula yang berlebih dalam tubuh.

Nah, untuk mendapatkan rasa jus alpukat yang tepat, berikut tips yang sudah dirangkumkan diadona.id!

2 dari 7 halaman

Pilih Alpukat yang Sudah Matang

Kunci utama untuk membuat jus alpukat adalah dengan dlam pemilihan buahnya. Pastikan kamu memilih buah alpukat yang sudah matang dan masih segar.

Alpukat yang matang sempurna memiliki kulit berwarna hijau tua dan mengkilap tu ke arah keunguan. Semakin gelap warna kulit alpukat. maka  tandanya telah matang sempurna.

Kamu juga bisa mengetahuinya dengan memeriksa kelunakan dagingnya Tekan secara lembut dan perlahan menggunakan ibu jari, jika terasa lunak atau empuk, artinya buah alpukat tersebut sudah matang sempurna.

Namun, jika terasa keras atau terlalu lunak dan lembek, artinya buah alpukat tersebut masih muda atau terlalu matang. Aroma yang dikeluarkan juga akan manis dan lembut pada bagian pangkal dari alpukat.

3 dari 7 halaman

Tambahkan Bahan Rasa-Rasa

Jus Alpukat © Diadona

Untuk mendapati rasa buah jus alpukat lezat dan enak, jangan lupa untuk memberi tambahan bahan lainnya. Seperti dengan menambahkan gula, es batu, atau susu kental manis.

Rasa manis dari gula dan susu kental manis dapat membantu rasa jus alpukat semakin lezat. Peran es batu juga mendukung rasa jus alpukat semakin enak. Sensasi dingin yang dicampurkan dengan buah alpukat semakin meningkatkan minat untuk meminum jus alpukatnya.

Namun, jika tidak menggunakan bahan-bahan tersebut jus alpukat juga sudah enak. Karena buah alpukat yang sudah matang menghasilkan rasa manis yang pas cocok untuk dimakan langsung atau akan diolah menjadi jus alpukat.

4 dari 7 halaman

Gunakan Blender

Pada dasarnya jus alpukat memang menggunakan blender untuk membuatnya agar lebih enak dan praktis saat dibuat dirumah. Pastikan mata pisau pada blender benar-benar kuat untuk memblender buah alpukat dan es batu yang ditambahkan.

Jika menambahkan es batu dalam jus alpukat, jangan lupa untuk menambahkan sedikit air kira-kira 500 ml untuk membantu blender menghaluskan es batu agar larut bersama buah alpukat.
Dengan menggunakan blender untuk membuat jus, dijamin buah alpukat, es batu, dan tambahan bahan lainnya akan tercampur merata.

5 dari 7 halaman

Perhatikan Durasi Pembuatan Jus Alpukat

Cara Membuat Jus Alpukat yang Enak, Sehat, dan Untuk Menambah Berat Badan © Diadona

Durasi waktu untuk membuat jus alpukat ini relatif. Tetapi, jika ingin mendapat tekstur yang lembut gunakan kecepatan sedang pada blender. Dengan waktu kurang lebih selama 2 menit, kamu akan mendapati hasil jus yang lenbut dan creamy.

Karena tekstur buah alpukat sendiri yang sudah lunak, maka tidak perlu untuk memblendernya terlalu lama. Kamu juga bisa melebihi waktu tersebut jika es batu yang ditambahkan berukuran sedang atau cukup besar.

6 dari 7 halaman

Beri Topping

Sebenarnya jus alpukat sederhana saja sudah enak, tapi lebih enak lagi jika ditambahkan dengan topping, seperti whipped cream, meses, buah-buahan lainnya. hingga menambahkan satu scoop ice cream diatasnya.

Menambahkan topping pada jus alpukat akan membuat rasa dan tampilan semakin menarik. Selain itu, ciri utama jus alpukat seperti yang dijual di restoran adalah susu coklat di bagian dinding gelas atau atasnya.

7 dari 7 halaman

Ilustrasi Alpukat Choco Milk © Diadona

Itulah beberapa tips membuat jus alpukat yang enak dan pas, praktis sekali dibuatnya bukan? Namun, perlu diperhatikan jika mengonsumsi jus alpukat yang dingin untuk tidak melebihi batas wajar maksimal.

Karena jus alpukat ternyata juga bisa memperberat sistem kerja tubuh karena kandungan lemak yang cukup tinggi. Hal tersebut dapat membuat sistem metabolisme tubuh bekerja lebih keras agar gizi dan vitamin dapat terserap baik dan maksimal. Selamat mencoba ya!

 

Penulis: Safira Salsabillah Maharani

Beri Komentar