5 Tips Masak Nasi Sehat ala Dr Zaidul Akbar yang Bisa Kamu Praktikkan

Reporter : Riza Umami
Jumat, 5 April 2024 17:17
5 Tips Masak Nasi Sehat ala Dr Zaidul Akbar yang Bisa Kamu Praktikkan
Ini nih tips masak nasi sehat ala Dr Zaidul Akbar.

Tips masak nasi sehat ala Dr zaidul akbar bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk kamu. Nasi merupakan salah satu makanan pokok yang banyak dikonsumsi di berbagai belahan dunia, terutama di Indonesia.

Meskipun nasi telah menjadi bagian integral dari pola makan banyak orang, ternyata cara memasaknya dapat memengaruhi nilai gizi dan kesehatannya. Dr. Zaidul Akbar, seorang ahli gizi terkemuka, telah memberikan berbagai tips untuk memasak nasi secara sehat agar tetap menjaga kesehatan tubuh.

Ini nih beberapa tips masak nasi sehat ala Dr Zaidul Akbar yang bisa kamu praktikkan sehari-hari.

1 dari 5 halaman

Pilih Jenis Beras yang Berkualitas Tinggi

Ilustrasi Beras Merah Organik © Diadona© Liputan6.com

Tips masak nasi sehat ala Dr Zaidul Akbar yang pertama yaitu memilih beras yang tepat. Sebaiknya pilih beras yang berkualitas tinggi, seperti beras merah, beras coklat, atau beras basmati.

Beras jenis ini mengandung lebih banyak serat dan nutrisi daripada beras putih biasa, yang telah diproses lebih lanjut dan kehilangan sebagian besar serat dan nutrisi pentingnya.

2 dari 5 halaman

Cuci Beras dengan Baik Sebelum Memasak

Tips Masak Nasi Sehat © Diadona© pinterest.com

Tips masak nasi sehat ala Dr Zaidul Akbar yang kedua yaitu mencuci beras dengan baik sebelum dimasak. Hal ini penting untuk menghilangkan kotoran, debu, dan zat-zat lain yang mungkin terkandung di dalamnya.

Membersihkan beras dengan air mengalir beberapa kali akan membantu menjaga kebersihan dan kualitas nasi yang dihasilkan.

3 dari 5 halaman

Tambahkan Minyak Tertentu saat Masak Nasi

Ilustrasi Minyak Zaitun © Diadona© https://rawpixel.com/

Tips masak nasi sehat ala Dr Zaidul Akbar yang ketiga yaitu menambahkan minyak-minyakan saat memasak nasi. Bukan minyak goreng tetapi minyak yang digunakan yaitu minyak zaitun atau minyak kelapa (VCO).

Penambahan minyak seperti ini memberikan manfaat yang positif dan membuat nasi tersebut lebih bergizi. Selain itu, aromanya juga jadi lebih wangi.

4 dari 5 halaman

Modifikasi Nasi dengan Menambahkan Beberapa Bahan

ilustrasi bawang merah © Diadonarawpixel.com

Tips masak nasi sehat ala Dr Zaidul Akbar yang keempat adalah memodifikasi nasi saat dimasak. Salah satu caranya yaitu dengan menambahkan bawang merah dan bawang putih seperti pada nasi liwet.

Namun, tidak perlu menggunakan santan seperti nasi liwet. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan lada hitam saat memasak nasi. Beberapa bahan ini berguna untuk memberikan serat dan menahan supaya kadar gula pada nasi tersebut menurun.

5 dari 5 halaman

Tambahkan Serai dan Cabai

Ilustrasi Serai © Diadona© https://healthyeating.sfgate.com/

Tips masak nasi sehat ala Dr Zaidul Akbar yang kelima, gak hanya menambahkan beberapa bahan di atas, kamu pun bisa menambahkan serai dan cabai juga saat memasak nasi.

Menurut Dr Zaidul Akbar, cabai mengandung enzim vitamin C yang bermanfaat untuk tubuh. Penambahan bahan-bahan ini pada nasi akan membuatnya makin bergizi dan kadar gulanya rendah.

Itulah beberapa tips masak nasi sehat ala Dr Zaidul Akbar yang bisa kamu praktikkan sehari-hari supaya kadar gula pada nasi menurun dan kaya akan serat.

Selain itu, kamu juga perlu mengonsumsi nasi dalam porsi yang sesuai dengan kebutuhan energi dan aktivitas fisik supaya bisa membantu menjaga berat badan yang sehat dan mencegah risiko penyakit terkait obesitas.

Semoga artikel ini bermanfaat ya Diazens dan selamat mencoba memasak nasi yang lebih sehat di rumah baik dikonsumsi sendiri maupun dimakan bersama keluarga.

Beri Komentar