6 Tips Membuat Kue Bawang Gunting, Super Renyah dan Gurih Abis

Reporter : Arifina
Senin, 1 April 2024 13:17
6 Tips Membuat Kue Bawang Gunting, Super Renyah dan Gurih Abis
Ini nih triknya biar kue bawang gunting renyah sempurna!

Tips membuat kue bawang gunting perlu diperhatikan agar tekstur rasa camilan begitu renyah sempurna. Kudapan ringan satu ini menjadi salah satu yang banyak difavoritkan karena cita rasa khas bawang yang gurih.

Kue bawang gunting juga bisa dijadikan sebagai sajian untuk moment Lebaran nanti lho! Pembuatan dari olahan camilan satu ini cukup simple, dan tidak memakan waktu.

1 dari 8 halaman

Tips Membuat Kue Bawang Gunting © Diadona

Namun, pengolahan yang kurang tepat akan menjadikan kue bawang gunting justru bertekstur keras dan kurang nikmat saat disantap. Karena itu, perlu diperhatikan tips membuatnya agar didapati cita rasa gurih yang pas dan renyah sempurna.

Sehingga, guna menghasilkan kue bawang gunting yang renyah sempurna perlu memperhatikan jenis bahan-bahan yang digunakan hingga tata cara memasaknya dengan benar. Berikut tipsnya dilansir dari berbagai sumber!

 

2 dari 8 halaman

Bahan Membuat Kue Bawang Gunting

Membuat kue bawang gunting sebenarnya tak begitu banyak bahan. Namun, agar cita rasanya gurih pas khas bawang perlu takaran yang pas.

Bahan-Bahan Kue Bawang Gunting:

  • 1 kg tepung terigu
  • 6 sdm mentega
  • 4 butir kuning telur
  • 4 siung bawang merah
  • 10 siung bawang putih
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt lada bubuk
  • Santan secukupnya

3 dari 8 halaman

Tips Membuat Kue Bawang Gunting

Tips Membuat Kue Bawang Gunting © Diadona

Selain bahan-bahan di atas, kamu perlu beberapa tambahan dan cara memasak yang tepat untuk menghasilkan kue bawang gunting yang renyahnya pas dan gurih.

Tambahkan Tepung Maizena

Salah satu rahasia kue bawang gunting renyah sempurna adalah tergantung pada adonan yang dibuat. Maka, jika ingin hasilnya pas, perlu ditambahkan tepung maizena.

Tepung ini mampu membuat tekstus kue bawang menjadi lebih ringan dan tidak terlalu keras. Nah, penambahannya, setiap 250 gram tepung terigu kamu bisa menambahkan sebanyak 2 sendok makan tepung maizena.

 

4 dari 8 halaman

Jangan Tambahkan Margarin dan Santan Lebih dari Jumlah Resep

Ini penting untuk diperhatikan, yakni penambahan margarin dan santan dalam adonan kue bawang gunting. Perhatikan detail berapa takaran untuk adonan, jangan sampai berlebihan.

Memang, margarin akan membuat tekstur kue bawang gunting menajdi lembut. Sedangkan, santan akan menambah cita rasa gurih pada kue.

Namun, penambahan margarin dan santan yang berlebuhan justru akan menjadikan hasil kue menjadi tidak sempurna. Cukup masukkan sesuai takaran resep saja untuk rasa yang pas.

5 dari 8 halaman

Pastikan Menguleni Adonan Sampai Kalis

Tips Membuat Kue Bawang Gunting © Diadona

Proses menguleni adonan kue bawang gunting ini penting diperhatikan agar hasil akhirnya pas. Dalam hal ini, pastikan kamu menguleni adonan hingga kalis.

Saat mulai mengdon kue, jangan lupa memberikan sedikit air sebagai cairan pengikat. Lalu uleni hingga adonan kalis dan tidak lengket di tangan.

 

Biarkan Adonan Sejenak

Sebelum mulai pembentukan kue bawang gunting, sebaiknya diamkan adonan sejenak selama beberapa saat. Langkah ini memungkinkan gluten dalam tepung lebih rileks.

Kamu bisa menutupnya dengan plastik wrap sebentar untuk mengistirahatkan adonan. Kemudian, barulah masuk ke tahapan pembentukan.

Dengan cara ini nantinya hasil akhir dari kue bawang gunting akan lebih renyah sempurna dan ringan.

 

6 dari 8 halaman

Panaskan Minyak Sebelum Mulai Menggoreng

Setelah adonan terselesaikan, maka bentuk menjadi kue bawang gunting. Tentu saja, seuai namanya kamu cukup membentuknya dengan digunting-gunting saja.

Lalu masuk ke tahapan penggorengan, dalam hal ini panaskan minyak terlebih dahulu ya. Nah, kunci agar kue bawang gunting renyah sempurna adalah goreng dengan minyak panas.

Panaskan minyak cukup banyak di wajan dengan api sedang. Kemudian goreng kue bawang gunting hingga terendam dalam minyak.

Suhu api tetap harus dalam kondisi terkontrol. Suhu yang tepat akan membantu kue matang dengan sempurna tanpa menjadi terlalu berminyak.

 

7 dari 8 halaman

Perhatikan Waktu Menggoreng

Tips Membuat Kue Bawang Gunting © Diadona

Jangan biarkan kue terlalu lama di dalam minyak panas. Goreng kue bawang gunting hanya sampai berwarna keemasan kecokelatan, kemudian angkat dan tiriskan.

Warna kekuningan ini menandakan kue bawang gunting telah matang sempurna dan siap untuk disajikan. Jika terlalu lama digoreng, maka kemungkinan kue justru akan gosong dan cita rasanya menjadi kurang lezat.

Karena itu sangat penting memperhatikan waktu menggorengnya. Dijamin, teksturnya akan renyah sempurna dan gurih.

Itulah tips membuat kue bawang gunting yang renyah dan gurih sempurna. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya!

Beri Komentar