5 Tips Masak Belimbing Wuluh, Buah Berkhasiat yang Cocok untuk Program Diet

Reporter : Arifina
Selasa, 12 September 2023 17:07
5 Tips Masak Belimbing Wuluh, Buah Berkhasiat yang Cocok untuk Program Diet
Buah belimbing wuluh dapat diolah menjadi banyak masakan, bahkan bisa untuk menjadi membantu proses diet kamu lho!

Tips masak belimbing wuluh bisa menjadi salah satu menu harian, khususnya untuk membantu program diet kamu nih! Rasanya yang dikenal asam ketika diolah dengan benar akan menghasilkan hasil maknan atau minuman berbahan buah ini menjadi nikmat dan segar.

Belimbing wuluh banyak dikenal dengan berbagai nama, di antaranya belimbing asam, belimbing buluh, belimbing botol, dan masih banyak lainnya. Di negara Indonesia kita biasa menyebutnya belimbing wuluh sebagai belimbing sayur. Tetapi, secara global belimbing wuluh ini biasa disebut blimbi, tree sorrel, dan cucumber tree fruit (mentimun pohon).

Buah ini memiliki rasa yang sangat asam saat langsung memakannya. Karena rasa asamnya itu, banyak orang yang menyerbu buah ini untuk memasak dengan berbagai resep yang sangat enak.

1 dari 8 halaman

Tips Masak Belimbing Wuluh © Diadona

Tidak hanya menghasilkan masakan dengan rasa yang enak saja, buah belimbing wuluh banyak memiliki manfaat untuk tubuh. Dilansir dari biotifor.or.id manfaat belimbing wuluh salah satunya mengandung antioksidan yang tinggi.

Belimbing wuluh juga mengandung  vitamin C, flavonoid, dan polifenol yang dapat melawan radikal bebas dalam tubuh. Hal tersebut dapat menyebabkan kerusakan sel yang dapat memicu berbagai penyakit degeneratif seperti kanker dan diabetes.

2 dari 8 halaman

Adapun khasiat lainnya, belimbing wuluh ampuh untuk meredakan jerawat, panu dan untuk program diet lho! Karena khasiatnya inilah, belimbing wuluh banyak diincar oleh sebagian wanita.

Berikut ini diadona.id rangkumkan tips masak belimbing wuluh untuk berbagai olahan. Simak yuk!

3 dari 8 halaman

Tips Mengolah Belimbing Wuluh Tahan Berbulan-bulan

Tips Masak Belimbing Wuluh © Diadona

Ada banyak cara untuk memasak belimbing wuluh, slah satunya dijadikan sebagai manisan. Cara ini akan membuat cita rasa belimbing wulu yang terlalu asam lebih bisa dinikmati.

Dengan begitu, belimbing wuluh juga akan tahan hingga berbulan-bulan tanpa busuk lho. Cara membuatnya pun cukup mudah, kamu perlu siapkan belimbing wuluh yang sudah dicuci dalam wadah.

Potong-potong semua bagian ujung belimbing wuluh, lalu campurkan dengan larutan air garam, Masukkan belimbing wuluh ke wadah dan dijamin kamu bisa menikmati buah satu ini hingga berbulan-bulan.

4 dari 8 halaman

Memasak Belimbing Wuluh Agar Tidak Asam

Belimbing wuluh memiliki rasa asam yang sangat kuat, meski sejatinya bisa dikonsumsi secara langsung. Buat kamu yang tidak kuat dengan rasa asam, kiranya bisa mengonsumsi belimbing wuluh dengan cara lain ya!

Banyak masakan yang bisa dihasilkan dari bahan utama belimbing wuluh agar tidak memunculkan rasa asam belebih. Misalnya, dibuat sambal, es belimbing wuluh, manisan rambutan belimbing wuluh, dan masih banyak lainnya.

Beberapa variasi masakan dari belimbing wuluh tersebut dapat mengurangi rasa asam saat ingin mengonsumsinya.

5 dari 8 halaman

Belimbing Wuluh Untuk Minuman Diet

Tips Masak Belimbing Wuluh © Diadona

Bagi kamu yang sedang menjalani diet, mengonsumsi belimbing wuluh bisa jadi salah satu cara mempercepat program penurunan berat badan.  Kamu bisa mengoalh belimbing wuluh menjadi jus segar lho!s

Namun, perlu diingat, belimbing wuluh tidak bisa langsung membuat berat badan kamu langsung turun drastis, tetapi membantu dalam pengelolaan berat badan sebagai bagian dari program diet yang sehat.

Cara membuat minuman jus belimbing wuluh untuk diet pun mudah, campurkan 1.123 ml air, 125 ml madu, dan 1¼ sendok makan garam. lalu rebus hingga matang. Kemudian tunggu air rebusan hingga dingin, blender belimbing wuluh dengan air rebusan dan tambahkan es.

6 dari 8 halaman

Belimbing Wuluh Untuk Pengobatan

Belimbing wuluh bukan hanya buah biasa untuk dikonsumi, tapi banyak khasiatnya untuk kesehatan. Dilansir dari dinkes.jogjaprov.go.id, buah belimbing wuluh mengandung kaya serat, vitamin, rendah kalori, mineral yang baik untuk kesehatan tubuh, dan masih banyak lainnya.

Terdapat sekitar 30 kalori dan 5 gram karbohidrat dalam satu buah belimbing berukuran sedang. Tidak hanya buah belimbing wuluh saja, ternyata bunga belimbing wuluh juga mengandung manfaat.

Bunga belimbing wuluh mengandung vitamin C yang dapat meredakan batuk dan pilek. Dengan merebus bunga belimbing wuluh dan mencampurkan madu sedikit kamu sudah dapat menjadikannya sebagai minuman untuk meredakan batuk dan pilek.

7 dari 8 halaman

Jadikan Olahan Makanan Diet

Tips Masak Belimbing Wuluh © Diadona

Mengolah belimbing wuluh sebagai menu makanan diet? Tentu bisa dilakukan ya! Kamu perlu menjadikannya sebagai menu olahan ala India, Chutney atau Chatni

Kudapan ini adalah saus rempah-rempah yang dibuat dari sayuran atau buah-buahan segar yang dihancurkan. Saus ini biasa digunakan untuk menjadi pelengkap yang sangat lezat dalam hidangan masakan India.

Selain itu, saus ini juga sering digunakan sebagai penyedap atau penyegar rasa dalam setiap masakan. Tidak lupa, saus ini biasanya dihidangkan dengan roti, nasi, biskuit, dan nachos.

Pastikan membuang bagian biji belimbing wuluh sebelum mengolahnya menjadi masakan ya, karena bijinya mengandung rasa yang pahit. 

8 dari 8 halaman

Itulah berbagai tips masak belimbing wuluh yang bisa kamu coba di rumah, Selain untuk diet, buah ini juga cukup ampuh untuk pengobatan.

Kamu dapat mengonsumsi belimbing wuluh kapan saja untuk mendapatkan manfaat kesehatan ini. Akan tetapi, belimbing wuluh tidak boleh dijadikan sebagai pengganti pengobatan medis.

Jika kamu mengonsumsi belimbing wuluh setiap hari kemudian muncul masalah kesehatan yang serius, segera konsultasikan kepada yang ahli ya!

 

Penulis:Safira Salsabillah Maharani

Beri Komentar