18 Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kulit, Diet dan Kesehatan

Reporter : Sofi
Senin, 3 Februari 2020 13:07
18 Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kulit, Diet dan Kesehatan
Di balik rasanya yang asam, belimbing wuluh menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan loh! Berikut manfaat belimbing wuluh yang harus kamu ketahui.

Apa yang ada di pikiranmu ketika mendengar nama buah belimbing wuluh? Apakah rasanya yang asam, bentuk buah yang kecil dan berwarna hijau? Dari rasa asamnya tersebut, banyak orang mengolahnya menjadi tambahan bahan masakan.

Tapi tidak sedikit pula yang menggunakan manfaat belimbing wuluh tersebut untuk obat. Belimbing wuluh mengandung nutrisi yang baik seperti vitamin C, vitamin A, folat, serat, dan masih banyak lagi. Belimbing wuluh ini mudah didapat dan diolah, kamu bisa menikmati manfaat buiah belimbing wuluh setiap hari dengan aman. Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah manfaat belimbing wuluh yang mengsankan.

1 dari 4 halaman

Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kulit

Ilustrasi Wanita Cantik © Diadona

Belimbing wuluh bisa dimanfaatkan untuk kulit, agar lebih sehat dan cantik. Berikut manfaat belimbing wuluh untuk kulit yang harus kamu ketahui.

Mengurangi rasa gatal karena gigitan serangga

Manfaat belimbing wuluh untuk kulit yang pertama adalah bisa meringakan rasa gatal saat terkena gigitan serangga. Kamu bisa menjadikannya sebagai pasat untuk digunakan pada kulit yang terasa gatal.

Tapi, bukan bagian buahnya yang digunakan melainkan daun dari belimbing wuluhnya. Pasta atau adonan yang dibuat dari daun belimbing wuluh ini sudah dikenal sejak dulu ampuh untuk meringankan gatal karena gigitan serangga. Cara membuatnya sangat mudah, kamu hanya perlu menumbuk daun belimbing hingga halus. Setelahnya, kamu bisa mengaplikasikannya ke bagian titik gatal yang terkena serangga.

Mengatasi penuaan dini

Manfaat belimbing wuluh sangat kaya akan vitamin C dan A, sebagai antioksidan yang mampu mengatasi radikal bebas. Adanya kandungan mineral dan vitamin ini juga berfungsi untuk mengurangi tampilan garis halus dan kerutan pada wajah. Oleh karena itu, kulit akan terasa lebih kencang dan lebih awet muda.

Mengecilkan pori-pori

Manfaat belimbing wuluh berikutnya adalah untuk menggunakan perawatan wajah dengan belimbing wuluh. Hal ini dikarenakan adanya kandungan yang dapat membunuh bakteri jahat penyebab jerawat dan pori-pori besar yang menyebabkan produksi sebum berlebih. Untuk bisa mendapatkan khasiatnya, kamu bisa menggunakan belimbing wuluh untuk dijadikan masker wajah. Cara pembuatan dan pengaplikasiannya masih sama dengan yang sebelumnya. Penggunaannya secara rutin bisa membuat kulit wajah kamu menjadi halus.

Mencerahkan wajah

Manfaat belimbing wuluh untuk kulit wajah selanjutnya yang bisa kamu rasakan adalah membuat wajah menjadi cerah. Adanya kandungan tinggi vitamin C pada belimbing wuluh mampu membuat kulit wajah kamu menjadi lebih cerah. Selain itu, flek hitam juga bisa berkurang dan menjaga kulit tetap kencang.

Hal ini dikarenakan adanya produksi kolagen (zat yang dibutuhkan untuk menjaga warna kulit). Untuk mendapatkan manfaat belimbing wuluh ini, kamu bisa membuat racikannya sendiri di rumah. Cara membuat dan mengaplikasikannya sama dengan membuat belimbing wuluh menjadi masker.

Meringankan kondisi berjerawat pada wajah

Manfaat belimbing wuluh untuk kulit yang selanjutnya mampu meringankan kondisi jerawat di wajah. Hal ini dikarenakan belimbing wuluh memiliki kandungan asam oksalat yang bisa mengurangi jerawat di wajah kamu. Penggunaan belimbing wuluh untuk perawatan kulit wajah dengan menjadikannya masker.

Kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Namun, sebelum membuat masker wajah dari belimbing wuluh ini harus memastikan kehigienisan alat dan bahan yang digunakan. Hal ini berguna agar tidak memunculkan iritasi setelah pemakaiannya.

Cara membuat masker dari belimbing wuluh adalah dengan menghaluskan buahnya. Setelah itu aplikasikan pada wajah seperti menggunakan masker pada umumnya. Kemudian diamkan beberapa menit hingga masker mengering. Lalu bilas dengan air bersih. Kamu bisa menerapkan perawatan ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal.

2 dari 4 halaman

Manfaat Daun Belimbing Wuluh

Tidak hanya buahnya, daun dari belimbing wuluh ini juga bisa dimanfaatkan. Berikut adalah manfaat daun belimbing wuluh.

Mengurangi gatal karena gigitan serangga

Ilustrasi Kulit Gatal © Diadona 

Pasta atau adonan yang dibuat dari daun belimbing wuluh adalah obat kuno untuk gigitan serangga. Cukup mengaplikasikan hasil tumbukan daun belimbing wuluh pada titik gigitan serangga. Daun belimbing wuluh dapat mencegah gigitan serangga yang membengkak.

Meringankan nyeri otot

Ilustrasi Sakit Punggung © Diadona

Manfaat untuk meringankan nyeri otot bisa kamu dapatkan dari daun belimbing wuluh. Caranya tumbuk daun belimbing wuluh hingga halus, kemudian oleskan pada otot yang terasa nyeri. Meski daun belimbing wuluh ini tidak bekerja seperti obat yang langsung bisa menghilangkan nyeri, namun belimbing wuluh dipercaya dapat meringankan nyeri otot secara perlahan tanpa efek samping.

3 dari 4 halaman

Manfaat Belimbing Wuluh untuk Diet

ilustrasi wanita diet © Diadona

Manfaat belimbing wuluh sudah digunakan sejak lama untuk menurunkan berat badan. Kandungan seratnya yang tinggi bermanfaat untuk mengendalikan berat badan. Serat membantu menjaga perut merasa lebih kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama. Belimbing wuluh juga mampu mengurangi lemak dalam tubuh penyebab obesitas.

Belimbing wuluh sangat baik untuk pencernaan dan proses metabolisme tubuh. Mengonsumsi belimbing wuluh secara rutin dapat menurunkan berat badan secara berkala. Kamu bisa mengombinasikan olahan belimbing wuluh setiap hari dengan cara di jus, meminum rebusan airnya, atau menambahkannya ke menu makanan harian.

4 dari 4 halaman

Manfaat Buah Belimbing Wuluh

Selain manfaat belimbing wuluh di atas, belimbing wuluh juga bisa dimanfaatkan untuk kesehatan. Berikut manfaat buah belimbing wuluh untuk kesehatan.

Sembuhkan batuk

Ilustrasi Batuk © Diadona

Manfaat belimbing wuluh sudah digunakan sejak lama sebagai minuman pereda batuk. Sifat antiinflamasinya mampu meredakan batuk yang disebabkan virus atau kekebalan tubuh yang lemah. Vitamin C pada belimbing wuluh mampu mengembalikan kekebalan tubuh yang rusak dan mencegah virus dan bakteri datang kembali.

Mengonsumsi belimbing wuluh juga terbukti melegakan pernapasan dan tenggorokan. Seduh 3 sampai 4 buah belimbing dengan air panas, minum selagi hangat secara rutin untuk meredakan batuk.

Cegah anemia

Manfaat belimbing wuluh juga tinggi zat besi untuk mencegah anemia. Kekurangan zat besi dikaitkan dapat mengembangkan gejala anemia. Zat besi membantu meningkatkan produksi hemoglobin dalam aliran darah yang mengikat oksigen dan nutrisi lain dalam darah dan membawanya ke setiap bagian tubuh.

Mengonsumsi belimbing wuluh membantu mencegah gejala anemia, seperti kelelahan, sesak napas, detak jantung tidak teratur, kelemahan, sakit kepala, dan pusing.

Tingkatkan kekebalan tubuh

Manfaat belimbing wuluh sangat tinggi vitamin C yang baik untuk kekebalan tubuh. Vitamin ini melindungi tubuh dari berbagai jenis infeksi virus dan bakteri. Vitamin C ini juga membantu mencegah risiko berbagai jenis penyakit, seperti degenerasi makula, katarak, berbagai jenis kanker dan penyakit kulit.

Manfaat belimbing wuluh juga merupakan antioksidan kuat, yang melawan radikal bebas dan melindungi sel tubuh dari kerusakan oksidatif penyebab penyakit kronis. Studi telah membuktikan bahwa mengonsumsi makanan kaya vitamin C seperti belimbing wuluh sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit umum seperti flu, demam, batuk, pilek dan penyakit infeksi lainnya.

Turunkan tekanan darah

Manfaat belimbing wuluh telah digunakan secara tradisional untuk mengendalikan hipertensi. Belimbing wuluh mengandung serat, magnesium, seng, zat besi, dan kalsium yang penting dalam penyembuhan darah tinggi. Belimbing wuluh juga sangat rendah sodium yang baik untuk penderita tekanan darah tinggi.

Kalium pada belimbing wuluh juga bertindak untuk mengurangi ketegangan dari pembuluh darah dan memberikan aliran darah ke arteri yang lancar. Ini bisa mengurangi tekanan dari sistem kardiovaskular sehingga membantu mengurangi tekanan darah dan mencegah berbagai jenis penyakit terkait tekanan darah.

Kamu bisa mengonsumsi ramuan belimbing wuluh secara rutin setiap pagi. Rebus buah belimbing dengan air hingga setengah airnya menguap. Minum ramuan tersebut secara rutin.

Cegah diabetes

Ilustrasi Diabetes © Diadona

Beberapa studi tabung membuktikan bahwa konsumsi jus belimbing secara teratur dapat meningkatkan produksi insulin dalam tubuh. Ini akan memperlambat penyerapan gula dalam aliran darah yang membantu dalam mengobati diabetes tipe 2. Selain itu belimbing juga rendah dalam indeks glikemik. Dengan begitu mengonsumsi belimbing wuluh tidak akan menaikkan kadar gula darah.

Kamu bisa mengonsumsi belimbing wuluh untuk mengontrol gula darah dengan mengolahnya sebagai jus atau merebus buah belimbing dengan 1 gelas air dan meminumnya secara rutin.

Mengobati penyakit gondongan

Pengobatan penyakit gondongan secara alami bisa dilakukan dengan menggunakan manfaat belimbing wuluh. Kandungan pada batang dan daun belimbing wuluh bisa melawan virus gondok. Pilihlah tanaman belimbing wuluh yang masih muda lalu haluskan daun dan batangnya bersama bawang putih sampai menjadi pasta. Ini bisa mengobati gondongan dan meredakan pembengkakan.

Mengatasi wasir

Wasir adalah salah satu masalah medis yang membuat seseorang menjadi tidak nyaman. Gejala wasir ini bisa diobati secara alami tanpa harus menggunakan obat ambeien. Manfaat belimbing wuluh untuk meredakan pembengkakan pada wasir dan rasa nyeri.

Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Ilutrasi Gigi © Diadona

Kesehatan tulang biasanya akan berangsur melemah seiring pertambahan usia. Hal ini dikarenakan asupan dan cadangan kalsium yang diperlukan bagi tulang dan gigi hanya sedikit di dalam tubuh. Kamu bisa menggunakan belimbing wuluh untuk menjaga asupan kalsium bagi tulang dan gigi.

Manfaat belimbing wuluh bagi tulang dan gigi seperti suplemen kalsium alami. Kandungan kalsium dan juga fosfor pada belimbing wuluh bisa memadatkan struktur tulang dan gigi.

Meredakan nyeri

Manfaat belimbing wuluh bisa meredakan nyeri tanpa efek samping. Ini dikarenakan kandungan di dalam belimbing wuluh bersifat antiinflamasi dan analgesik. Caranya denga ambil beberapa helai daun belimbing wuluh yang masih muda lalu haluskan bersama sedikit air hingga menjadi pasta. Setelah itu, kamu oleskan pada bagian yang nyeri atau perih. Lakukan seperti ini sebanyak 2 sampai 3 kali dalam sehari.

Mengobati penyakit menular seksual

Mungkin kamu tidak pernah menyangka apabila manfaat belimbing wuluh bisa untuk mengobati penyakit menular seksual dan penyakit kelamin lainnya. Pengobatan penyakit menular seksual dengan belimbing wuluh dilakukan dengan mengeringkan buah dan daunnya di bawah sinar matahari.

Daun dan buah yang sudah kering lalu direbus bersama air hingga air menguap. Selanjutnya air rebusan diminum hingga habis. Konsumsilah air rebusan buah dan daun belimbing wuluh sebanyak dua kali dalam sehari.

Perlu diperhatikan ketika kamu menggunakan belimbing wuluh ini sebagai masker. Jika kamu mengalami iritasi atau alergi pada kulit setelah menggunakan belimbing wuluh ini kamu perlu untuk mengjhentikan penggunaannya. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar