29 Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kulit

Reporter : Sofi
Rabu, 15 Januari 2020 14:45
29 Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kulit
Belimbing adalah buah dengan bentuk bintang ini memiliki banyak manfaat di balik rasa asam dan manisnya. Tidak hanya buah belimbing, belimbing wuluh dengan rasa asamnya pun banyak manfaatnya.

Belimbing adalah buah yang memiliki rasa asam manis yang berbentuk bintang. Daging, dan kulitnya dapat dimakan dan mempunyai manfaat yang banyak untuk tubuh. Tidak hanya buah belimbing dengan bentuk bintang, belimbing mempunyai jenis lain yang berbentuk lonjong dan kecil juga mempunyai rasa sangat asam berwarna hijau.

Belimbing tersebut adalah belimbing wuluh. Di balik rasa asamnya tersebut, belimbing wuluh juga menyimpan banyak manfaat. Berikut adalah manfaat belimbing yang sudah dirangkum dari berbagai sumber dan sangat mengesankan.

1 dari 4 halaman

Manfaat Belimbing Wuluh

Ilustrasi Belimbing WuluhIlustrasi Belimbing Wuluh © commons.wikimedia.org

Buah hijau berwarna hijau berbentuk lonjong yang mempunyai rasa asam ini dapat dikonsumsi secara langsung, atau mengolahnya menjadi masakan, atau minuman sehat. Berikut adalah manfaat belimbing wuluh yang harus kamu tahu.

1. Sembuhkan batuk

Manfaat belimbing wuluh sudah digunakan sejak lama sebagai minuman pereda batuk. Sifat antiinflamasinya mampu meredakan batuk yang disebabkan virus atau kekebalan tubuh yang lemah. Vitamin C pada belimbing wuluh mampu mengembalikan kekebalan tubuh yang rusak dan mencegah virus dan bakteri datang kembali.

Mengonsumsi belimbing wuluh juga terbukti melegakan pernapasan dan tenggorokan. Seduh 3 sampai 4 buah belimbing dengan air panas, minum selagi hangat secara rutin untuk meredakan batuk.

2. Tingkatkan kekebalan tubuh

Belimbing wuluh sangat tinggi vitamin C yang baik untuk kekebalan tubuh. Vitamin ini melindungi tubuh dari berbagai jenis infeksi virus dan bakteri. Vitamin C ini juga membantu mencegah risiko berbagai jenis penyakit, seperti degenerasi makula, katarak, berbagai jenis kanker dan penyakit kulit.

Manfaat belimbing wuluh juga merupakan antioksidan kuat, yang melawan radikal bebas dan melindungi sel tubuh dari kerusakan oksidatif penyebab penyakit kronis. Studi telah membuktikan bahwa mengonsumsi makanan kaya vitamin C seperti belimbing wuluh sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit umum seperti flu, demam, batuk, pilek dan penyakit infeksi lainnya.

3. Cegah anemia

Manfaat belimbing wuluh bermanfaat untuk mencegah anemia karena tinggi zat besi. Kekurangan zat besi dikaitkan dapat mengembangkan gejala anemia. Zat besi membantu meningkatkan produksi hemoglobin dalam aliran darah yang mengikat oksigen dan nutrisi lain dalam darah dan membawanya ke setiap bagian tubuh.

Mengonsumsi belimbing wuluh membantu mencegah gejala anemia, seperti kelelahan, sesak napas, detak jantung tidak teratur, kelemahan, sakit kepala, dan pusing.

4. Bantu penurunan berat badan

Manfaat belimbing wuluh sudah digunakan sejak lama untuk menurunkan berat badan. Kandungan seratnya yang tinggi bermanfaat untuk mengendalikan berat badan. Serat membantu menjaga perut merasa lebih kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama. Belimbing wuluh juga mampu mengurangi lemak dalam tubuh penyebab obesitas.

Belimbing sangat baik untuk pencernaan dan proses metabolisme tubuh. Mengonsumsi belimbing wuluh secara rutin dapat menurunkan berat badan secara berkala. Kamu bisa mengombinasikan olahan belimbing wuluh setiap hari dengan cara di jus, meminum rebusan airnya, atau menambahkannya ke menu makanan harian.

5. Turunkan tekanan darah

Manfaat belimbing wuluh telah digunakan secara tradisional untuk mengendalikan hipertensi. Belimbing wuluh mengandung serat, magnesium, seng, zat besi, dan kalsium yang penting dalam penyembuhan darah tinggi. Belimbing wuluh juga sangat rendah sodium yang baik untuk penderita tekanan darah tinggi.

Kalium pada belimbing wuluh juga bertindak untuk mengurangi ketegangan dari pembuluh darah dan memberikan aliran darah ke arteri yang lancar. Ini bisa mengurangi tekanan dari sistem kardiovaskular sehingga embantu mengurangi tekanan darah dan mencegah berbagai jenis penyakit terkait tekanan darah. Kamu bisa mengonsumsi ramuan belimbing wuluh secara rutin setiap pagi. Rebus buah belimbing dengan air hingga setengah airnya menguap.

6. Cegah diabetes

Beberapa studi tabung membuktikan bahwa konsumsi jus belimbing secara teratur dapat meningkatkan produksi insulin dalam tubuh. Ini akan memperlambat penyerapan gula dalam aliran darah yang membantu dalam mengobati diabetes tipe 2. Selain itu belimbing juga rendah dalam indeks glikemik. Dengan begitu mengonsumsi belimbing wuluh tidak akan menaikkan kadar gula darah.

Kamu bisa mengonsumsi belimbing wuluh untuk mengontrol gula darah dengan mengolahnya sebagai jus atau merebus buah belimbing dengan 1 gelas air dan meminumnya secara rutin.

7. Mengurangi flu dan demam

Rebusan belimbing wuluh sudah digunakan selama berabad-abad untuk mengobati demam dan flu. Belimbing wuluh kaya akan vitamin C tinggi dan terbukti bisa membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Selain buahnya, bunga dari belimbing wuluh juga bisa dibuat menjadi infus untuk mengobati pilek dan batuk.

8. Mengobati alergi

Manfaat belimbing wuluh selanjutnya adalah dapat mengobati alergi. Alergi bisa didapatkan dari makanan, obat-obatan, udara, logam, dan lain-lain. Gejala saat orang mengalami alergi juga bermacam-macam. Gangguan mata merah, gangguan pernapasan, pilek, dan gatal pada kulit. Dengan minum jus belimbing wuluh secara teratur bisa membantu mengurangi alergi.

9. Meringankan nyeri otot

Manfaat belimbing wuluh bisa meringankan nyeri otot. Caranya tumbuk daun belimbing wuluh hingga halus, kemudian oleskan pada otot yang terasa nyeri. Meski daun belimbing wuluh ini tidak bekerja seperti obat yang langsung bisa menghilangkan nyeri, namun belimbing wuluh dipercaya dapat meringankan nyeri otot secara perlahan tanpa efek samping.

2 dari 4 halaman

Manfaat Buah Belimbing

Ilustrasi Buah BelimbingIlustrasi Buah Belimbing © fulldatabackup.com

Buah belimbing ini adalah buah dengan rasa asam, manis yang ringan, sering ditemukan pada rujak manis, atau bisa kamu makan langsung. Buah belimbing ini ternyata memiliki banyak manfaat yang harus kamu ketahui. Berikut adalah manfaat belimbing.

1. Mencegah kanker

Manfaat belimbing yang pertama adalah dapat mencegah kanker. Ternyata kandungan flavonoid polifenol yang ada di buah belimbing telah teruji bisa mencegah penyakit kanker. Kandungan ini akan melawan dan juga membuang efek mutagenik yang disebabkan oleh radikal bebas. Sebuah penelitian mengungkapkan, buah belimbing dapat membantu mencegah penyakit kanker.

Kandungan flavonoid polifenol yang ditemukan di dalam buah ini mampu melawan efek mutagenik akibat radikal bebas dan membuangnya dari tubuh, sehingga terhindar dari risiko penyakit kronis. Selain itu, belimbing juga kaya serat, yang dapat membantu membersihkan racun di dalam usus besar.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Setiap hari tubuh membutuhkan asupan vitamin C dengan kadar tertentu. Nah, buah belimbing bisa mencukupi kebutuhkan vitamin C itu. Satu buah belimbing dapat menyumbang 50% vitamin C yang dibutuhkan tubuh. Maka dari itu, manfaat belimbing ini dapat meningkatkan kekebalan tubuh kamu.

3. Menurunkan berat badan

Kamu yang sedang diet, disarankan untuk mengonsumsi buah belimbing. Karena buah belimbing minim kalori, dan memiliki kandungan serat yang banyak. Selain itu, jika bisa mengonsumsi belimbing secara rutin, kamu juga dapat mengoptimalkan sistem metabolisme tubuh, sehingga bisa mempercepat penurunan berat badan.

4. Menyembuhkan masalah kulit

Jika kamu memiliki masalah peradangan kulit, manfaat belimbing ini bisa menjadi solusi. Kandungan antioksidan flavonoid selain dapat menangkal radikal bebas, juga dapat mengurangi risiko peradangan pada kulit. Selain itu, vitamin C di dalam belimbing juga dapat mengeluarkan racun dari tubuh, dan menjaga kulit agar tetap sehat dan lembab.

5. Menjaga stabilitas gula darah bagi penderita diabetes

Buah belimbing aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Bahkan, buah ini bagus untuk orang yang memiliki riwayat diabetes karena dapat mengontrol kadar gula darah dan mengurangi kolesterol. Oleh karena itu, manfaat belimbing ini dapat menjaga stabilitas gula darah bagi penderita diabetes.

6. Memelihara jantung

Manfaat belimbing juga berdampak baik untuk kesehatan jantung, karena kandungan di dalam belimbing dapat menyingkirkan plak dalam pembuluh darah sehingga dapat melancarkan peredaran darah pada organ tubuh, termasuk jantung.

7. Meningkatkan kepadatan tulang dan gigi

Kandungan zat besi, magnesium, fosfor, seng, dan juga kalsium yang ada di buah belimbing dapat menambah kepadatan tulang dan gigi. Sehingga buah ini cocok untuk mencegah penyakit tulang seperti osteoporosis dan radang sendi.

8. Mengobati sariawan

Tidak perlu ditanyakan lagi, selain serat, buah belimbing juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Tentunya kita semua tahu bahwa vitamin C ini sangat berguna untuk mengobati sariawan. Jadi, jangan lupa konsumsi belimbing saat sariawan datang melanda.

3 dari 4 halaman

Manfaat Jus Belimbing

Ilustrasi Jus BelimbingIlustrasi Jus Belimbing © mydeliciousblog.com

Selain dikonsumsi secara langsung, belimbing juga dapat diolah menjadi jus belimbing. Manfaat yang terkadung juga tidak kalah banyak. Berikut adalah manfaat jus belimbing yang harus kamu ketahui.

1. Merangsang produksi ASI

Mungkin tidak semua orang tahu tentang manfaat belimbing pada ibu menyusui. Ternyata kandungan buah belimbing dapat merangsang produksi ASI dan melancarkan kelenjar susu yang tersumbat pada ibu muda. Jadi untuk ibu yang tengah menyusui, selain daun katuk, bisa mengonsumsi buah belimbing.

2. Melancarkan pencernaan

Buah belimbing dikenal memiliki banyak serat. Serat inilah yang dapat merangsang pergerakan sisa makanan di dalam perut sehingga dapat mudah dikeluarkan. Serat juga dapat mengeluarkan racun dari usus besar. Ditambah lagi, serat belimbing dipercaya dapat memudahkan usus menyerap nutrisi makanan.

3. Menjaga stabilitas tekanan darah

Untuk yang memiliki tekanan darah tinggi, tenang, buah belimbing aman dikonsumsi. Justru malah sangat baik untuk penderita hipertensi, karena manfaat belimbing ini dapat menurunkan tekanan darah tinggi jika dikonsumsi rutin dalam bentuk jus. Namun, untuk penderita penyakit ginjal tidak disarankan mengonsumsi buah ini karena dapat memberikan dampak buruk.

4. Membantu proses penyembuhan

Untuk kamu yang tengah sakit dan membutuhkan proses penyembuhan, belimbing mungkin bisa menjadi salah satu solusi. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun, akar, dan buah belimbing dapat dijadikan sebagai antioksidan yang berkhasiat untuk proses penyembuhan.

5. Menjaga kulit dan rambut tetap sehat

Vitamin C memang berguna banyak. Selain dapat menjaga kesehatan kulit, vitamin C yang cukup di dalam tubuh juga dapat memelihara kolagen dan protein penting yang ada pada rambut.

6. Efek penurun kolesterol

Jika kamu mendapati banyak kolesterol di dalam tubuhmu, ada baiknya kamu mengonsumsi buah belimbing secara rutin. Karena buah ini bisa meningkatkan pembuangan kolesterol, asam empedu dan lipid melalui kotoran. Sehingga kadar kolesterol dalam tubuh pun dapat terkurangi.

7. Menyembuhkan penyakit maag

Jika memiliki riwayat penyakit maag, kamu bisa coba buah belimbing sebagai obat penyembuh. Ekstrak daun dan buah belimbing memiliki kandungan terpenoid, flavonoid dan lendir. Lendir dalam buah belimbing inilah yang dapat melindungi lapisan lambung, sehingga membantu menghindari kerusakan akibat gastritis.

4 dari 4 halaman

Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kulit

ilustrasi wanitailustrasi wanita © allure.com

Tidak hanya untuk kesehtaan, manfaat belimbing wuluh juga digunakan untuk kulit. Berikut adalah manfaat belimbing wuluh untuk kulit.

1. Mengurangi rasa gatal karena gigitan serangga

Manfaat belimbing wuluh untuk kulit lainnya adalah bisa meringakan rasa gatal saat terkena gigitan serangga. Kamu bisa menjadikannya sebagai obat untuk digunakan pada kulit yang terasa gatal. Namun, bukan bagian buahnya yang digunakan melainkan daun dari belimbing wuluhnya.

Pasta atau adonan yang dibuat dari daun belimbing wuluh ini sudah dikenal sejak dulu ampuh untuk meringankan gatal karena gigitan serangga. Cara membuatnya sangat mudah, kamu hanya perlu menumbuk daun belimbing hingga halus. Setelahnya, kamu bisa mengaplikasikannya ke bagian titik gatal yang terkena serangga.

2. Mengatasi penuaan dini

Buah belimbing wuluh sangat kaya akan vitamin C dan A, yang bermanfaat sebagai antioksidan yang mampu mengatasi radikal bebas. Adanya kandungan mineral dan vitamin ini juga berfungsi untuk mengurangi tampilan garis halus dan kerutan pada wajah. Oleh karena itu, kulit akan terasa lebih kencang dan lebih awet muda.

3. Mengecilkan pori-pori

Buat kamu yang memiliki masalah pada pori-pori yang besar, kamu bisa mencoba untuk menggunakan perawatan wajah dengan belimbing wuluh. Hal ini dikarenakan adanya kandungan yang dapat membunuh bakteri jahat penyebab jerawat dan pori-pori besar yang menyebabkan produksi sebum berlebih. Untuk bisa mendapatkan khasiatnya, kamu bisa menggunakan belimbing wuluh untuk dijadikan masker wajah.

4. Mencerahkan wajah

Manfaat belimbing wuluh untuk kulit wajah selanjutnya yang bisa kamu rasakan adalah membuat wajah menjadi cerah. Adanya kandungan tinggi vitamin C pada belimbing wuluh mampu membuat kulit wajah kamu menjadi lebih cerah. Selain itu, flek hitam juga bisa berkurang dan menjaga kulit tetap kencang. Hal ini dikarenakan adanya produksi kolagen (zat yang dibutuhkan untuk menjaga warna kulit).

5. Meringankan kondisi berjerawat pada wajah

Manfaat belimbing wuluh untuk kulit berikutnya adalah mampu menringankan kondisi jerawat di wajah. Hal ini dikarenakan belimbing wuluh memiliki kandungan asam oksalat yang bisa mengurangi jerawat di wajah kamu. Penggunaan belimbing wuluh untuk perawatan kulit wajah dengan menjadikannya masker.

Kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Namun, sebelum membuat masker wajah dari belimbing wuluh ini harus memastikan kehigienisan alat dan bahan yang digunakan. Hal ini berguna agar tidak memunculkan iritasi setelah pemakaiannya.

Cara membuat masker dari belimbing wuluh adalah dengan menghaluskan buahnya. Setelah itu aplikasikan pada wajah seperti menggunakan masker pada umumnya. Kemudian diamkan beberapa menit hingga masker mengering. Lalu bilas dengan air bersih. Kamu bisa menerapkan perawatan ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Apakah kamu sudah pernah mencoba manfaat belimbing tersebut? Bagikan jawabanmu di kolom komentar ya!

Beri Komentar