29 Manfaat Buah Belimbing Wuluh untuk Kesehatan, Ibu Hamil, dan Kecantikan

Reporter : Sofi
Senin, 10 Februari 2020 10:30
29 Manfaat Buah Belimbing Wuluh untuk Kesehatan, Ibu Hamil, dan Kecantikan
Tahukah kamu buah belimbing yang erada di pekarangan rumahmu ini memiliki banyak manfaat yang mengesankan? Berikut manfaat buah belimbing yang harus kamu tahu.

Buah dengan bentuk bintang yang terkenal dengan rasa manis dan asamnya ini memiliki manfaat yang dibutuhkan oleh tubuh. Buah belimbing ini bisa kamu temukan dengan mudah di mana-mana. Banyak orang Indonesia menanam buah belimbing ini di pekarangan rumah mereka. Atau kamu bisa menemui buah ini di supermarket.

Vitamin dan antioksidan yang terkandung dalam buah ini dapat mengurangi bahkan menyembuhkan beberapa penyakit. Dilansir dari berbagai sumber, berikut manfaat buah belimbing yang mengesankan.

1 dari 4 halaman

Manfaat Buah Belimbing Wuluh

Salah satu jenis belimbing yang biasa dijadikan sebagai tambahan dalam bumbu masak adalah belimbing wuluh. Rasanya yang asam, buah ini terkenal dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Berikut manfaat buah belimbing wuluh.

Ilustrasi Belimbing WuluhIlustrasi Belimbing Wuluh © commons.wikimedia.org

Mengobati alergi

Manfaat buah belimbing wuluh yang pertama dapat mengobati alergi. Alergi adalah suatu kondisi yang disebabkan oleh hipersensitivitas pada sistem kekebalan tubuh. Alergi bisa didapatkan dari makanan, obat-obatan, udara, logam, dan lain-lain.

Gejala saat orang mengalami alergi juga bermacam-macam. Gangguan mata merah, gangguan pernapasan, pilek, dan gatal pada kulit. Dengan minum jus belimbing wuluh secara teratur bisa membantu mengurangi alergi.

Meringankan nyeri otot

Manfaat buah belimbing untuk meringankan nyeri otot bisa kamu dapatkan dari daun belimbing wuluh. Caranya tumbuk daun belimbing wuluh hingga halus, kemudian oleskan pada otot yang terasa nyeri. Meski daun belimbing wuluh ini tidak bekerja seperti obat yang langsung bisa menghilangkan nyeri, namun belimbing wuluh dipercaya dapat meringankan nyeri otot secara perlahan tanpa efek samping.

Mencerahkan wajah

Manfaat belimbing wuluh kaya akan vitamin C yang dapat membuat kulit lebih cerah, mengurangi flek hitam dan menjaga kulit tetap kencang karena mempromosikan produksi kolagen (zat yang dibutuhkan untuk menjaga warna kulit). Caranya kamu bisa jadikan belimbing wuluh sebagai masker wajah atau dengan mengonsumsinya sebagai jus.

Pengobatan obesitas

Manfaat belimbing wuluh pernah digunakan sebagai tradisional untuk mengendalikan obesitas di India. Orang asli India menganggap bahwa belimbing wuluh mengandung agen anti-hiper-lipidemik, sehingga dapat mencegah penambahan berat badan. Seperti diketahui, obesitas bisa memicu berbagai penyakit kronis salah satunya penyakit jantung. Obesitas terjadi karena seseorang kurang dapat mengontrol kesehatan dirinya sendiri. Obesitas juga membuat kulit dan rambut kita terlihat kusam dan tua.

Mengurangi gatal karena gigitan serangga

Ilustrasi Kulit GatalIlustrasi Kulit Gatal © pinterest.com

Pasta atau adonan yang dibuat dari daun belimbing wuluh adalah obat kuno untuk gigitan serangga. Cukup mengaplikasikan hasil tumbukan daun belimbing wuluh pada titik gigitan serangga. Daun belimbing wuluh dapat mencegah gigitan serangga yang membengkak.

Mengurangi jerawat

Asam oksalat dan vitamin A yang ditemukan dalam belimbing wuluh ternyata juga bisa membantu mengurangi jerawat dan meredakan rasa sakit yang meradang akibat jerawat. Caranya buat belimbing wuluh sebagai masker wajah, lalu tumbuk belimbing wuluh hingga halus kemudian oleskan secukupnya pada wajah yang sudah dibersihkan. Biarkan setidaknya 30 menit atau sampai masker mengering, lalu basuh wajah dengan air hangat. Lakukan ini setiap hari, setidaknya selama 3 hari. Rasakan perbedaannya setelah kamu rutin memakainya.

Mengontrol tekanan darah tinggi

Manfaat buah belimbing wuluh bisa untuk mengontrol tekanan darah tinggi. Hipertensi adalah suatu kondisi yang berkaitan dengan peningkatan tekanan darah di arteri. Manfaat belimbing wuluh sendiri digunakan sebagai obat tradisional untuk mengendalikan hipertensi.

Caranya rebus belimbing wuluh dengan 3 gelas air hingga mendidih, tiriskan air rebusan tersebut, tunggu hingga dingin baru bisa kamu minum. Kamu bisa mengonsumsi minuman dari belimbing wuluh ini setiap pagi hari.

Mengurangi flu dan demam

Rebusan belimbing wuluh sudah digunakan selama berabad-abad untuk mengobati demam dan flu. Manfaat buah belimbing wuluh kaya akan vitamin C tinggi dan terbukti bisa membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Selain buahnya, bunga dari belimbing wuluh juga bisa dibuat menjadi infus untuk mengobati pilek dan batuk.

Mengontrol diabetes

Manfaat buah belimbing wuluh bisa menurunkan kadar gula darah. Kamu bisa memanfaatkan khasiat belimbing wuluh dengan dua cara. Pertama, kamu bisa membuat jus belimbing wuluh kemudian langsung diminum. Cara kedua, rebus belimbing wuluh dengan satu gelas air, kemudian hasil dari rebusan tersebut bisa kamu minum sebanyak dua kali sehari.

2 dari 4 halaman

Manfaat Buah Belimbing untuk Kesehatan

Manfaat buah belimbing ini bisa untuk kesehatan. Salah satu manfaat buah belimbing untuk kesehatan adalah untuk menurunkan berat badan. Berikut manfaat buah belimbing untuk lebih lengkapnya.

Ilustrasi Wanita SehatIlustrasi Wanita Sehat © 2020 https://rawpixel.com/

Meningkatkan kepadatan tulang dan gigi

Manfaat buah belimbing untuk kesehatan yang pertama bisa untuk meningkatkan kepadatan tulang dan gigi. Kandungan zat besi, magnesium, fosfor, seng, dan juga kalsium yang ada di buah belimbing dapat menambah kepadatan tulang dan gigi. Sehingga buah ini cocok untuk mencegah penyakit tulang seperti osteoporosis dan radang sendi.

Mengobati sariawan

Tidak perlu ditanyakan lagi, selain serat, buah belimbing juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Tentunya kita semua tahu bahwa vitamin C ini sangat berguna untuk mengobati sariawan. Jadi, jangan lupa konsumsi belimbing saat sariawan datang melanda.

Anti-ulkus atau tukak

Jika memiliki riwayat penyakit maag, kamu bisa coba manfaat buah belimbing sebagai obat penyembuh. Ekstrak daun dan buah belimbing memiliki kandungan terpenoid, flavonoid dan lendir. Lendir dalam buah belimbing inilah yang dapat melindungi lapisan lambung, sehingga membantu menghindari kerusakan akibat gastritis.

Memelihara jantung

Mengonsumsi belimbing juga berdampak baik untuk kesehatan jantung, karena kandungan di dalam belimbing dapat menyingkirkan plak dalam pembuluh darah sehingga dapat melancarkan peredaran darah pada organ tubuh, termasuk jantung.

Menjaga stabilitas gula darah bagi penderita diabetes

Ilustrasi DiabetesIlustrasi Diabetes © 2020 https://versanthealth.com/

Buah belimbing aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Bahkan, buah ini bagus untuk orang yang memiliki riwayat diabetes karena dapat mengontrol kadar gula darah dan mengurangi kolesterol.

Melancarkan pencernaan

Manfaat buah belimbing dikenal memiliki banyak serat. Serat inilah yang dapat merangsang pergerakan sisa makanan di dalam perut sehingga dapat mudah dikeluarkan. Serat juga dapat mengeluarkan racun dari usus besar. Ditambah lagi, serat belimbing dipercaya dapat memudahkan usus menyerap nutrisi makanan.

Menurunkan berat badan

Kamu yang sedang diet, cocok untuk mengonsumsi buah belimbing. Karena manfaat buah belimbing minim kalori, dan memiliki kandungan serat yang banyak. Selain itu, jika bisa mengonsumsi belimbing secara rutin, kamu juga dapat mengoptimalkan sistem metabolisme tubuh, sehingga bisa mempercepat penurunan berat badan.

Menjaga stabilitas tekanan darah

Untuk yang memiliki tekanan darah tinggi, tenang, buah belimbing aman dikonsumsi. Justru malah sangat baik untuk penderita hipertensi, karena dapat menurunkan tekanan darah tinggi jika dikonsumsi rutin dalam bentuk jus. Namun, untuk penderita penyakit ginjal tidak disarankan mengonsumsi buah ini karena dapat memberikan dampak buruk.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Setiap hari tubuh membutuhkan asupan vitamin C dengan kadar tertentu. Manfaat buah belimbing bisa mencukupi kebutuhkan vitamin C itu. Satu buah belimbing dapat menyumbang 50% vitamin C yang dibutuhkan tubuh.

Mencegah kanker

Ternyata kandungan flavonoid polifenol yang ada di buah belimbing telah teruji bisa mencegah penyakit kanker. Kandungan ini akan melawan dan juga membuang efek mutagenik yang disebabkan oleh radikal bebas. Sebuah penelitian mengungkapkan, buah belimbing dapat membantu mencegah penyakit kanker.

Kandungan flavonoid polifenol yang ditemukan di dalam buah ini mampu melawan efek mutagenik akibat radikal bebas dan membuangnya dari tubuh, sehingga terhindar dari risiko penyakit kronis. Selain itu, belimbing juga kaya serat, yang dapat membantu membersihkan racun di dalam usus besar.

3 dari 4 halaman

Manfaat Buah Belimbing untuk Ibu Hamil

Buah belimbing ini juga bisa untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Berikut manfaat buah belimbing untuk ibu hamil.

ilustrasi ibu hamililustrasi ibu hamil © rawpixel.com

Menambah nafsu makan

Pada ibu hamil tentunya akan merasakan keluhan seperti mual, pusing, dan lainnya. Hal ini tentu menyebabkan kurangnya nafsu makan. Jika asupan makanan ke dalam tubuh sedikit maka nutrisi yang masuk ke dalam tubuh pun tidak sempurna. Cara mengatasinya adalah dengan mengonsumsi buah belimbing. Kandungan vitamin A yang terdapat pada buah ini bisa bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan bagi ibu hamil.

Mencegah risiko anemia

Manfaat buah belimbing untuk ibu hamil sekanjutnya adalah mencegah risiko anemia. Komplikasi lainnya yang sering terjadi pada ibu hamil adalah anemia atau kekurangan darah. Kejadian ini sangat sering dialami oleh ibu yang sedang hamil. Hal ini bila terjadi tentunya sangat berbahaya, dampaknya bisa menyebabkan janin lahir premature dan cacat. Konsumsilah buah belimbing agar anemia dapat dicegah.

Menyingkirkan kolestrol

Hal yang menjadi masalah kesehatan ibu hamil yang berbahaya adalah komplikasi yang disebabkan datangnya kolestrol jahat. Dengan menggunkaan manfaat buah belimbing sangat efektif untuk membunuh kolestrol jahat yang berada dalam tubuh. Itu bisa terjadi karena pada belimbing terdapat kandungan zat pektin yang mampu melawan kolestrol dalam tubuh.

Meningkatkan daya tahan tubuh

Vitamin A dan vitamin C adalah salah satu kandungan yang terdapat pada buah belimbing. Manfaatnya yaitu sebagai antioksidan yang berguna untuk meningkatkan daya tahan dan menjaga kesehatan ibu hamil.

Mencegah tekanan darah tinggi

Kandungan kalium yang terdapat pada buah belimbing menjadi salah satu nutrisi yang sangat penting bagi tubuh kita, apalagi bagi ibu hamil yang rentan terkena darah tinggi. Dengan mengonsumsi buah belimbing dapat mencegah datangnya risiko darah tinggi.

4 dari 4 halaman

Manfaat Buah Belimbing untuk Kecantikan

Selain bermanfaat untuk kesehatan, manfaat buah belimbing juga bisa untuk kecantikan. Berikut manfaat buah belimbing untuk kecantikan.

Ilustrasi Wanita CantikIlustrasi Wanita Cantik © 2020 https://rawpixel.com/

Mencegah jerawat

Manfaat buah belimbing mengandung seng. Sifat antimikroba dari kandungan ini bisa membantu mencegah dan mengatasi jerawat dari dalam.

Mencegah penuaan dini

Konsumsi belimbing akan membalikkan proses penuaan kulit. Ini disebabkan oleh macam-macam antioksidan yang terkandung di dalamnya.

Menjadikan rambut kuat

Vitamin C dan vitamin B kompleks yang dikandung buah belimbing bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi rambut rontok. Nutrisi-nutrisi tersebut akan menjadikan rambut lebih kuat.

Melindungi kulit dari radikal bebas

Manfaat buah belimbing memiliki banyak antioksidan seperti senyawa polifenol, asam galat, dan quercetin yang membantu mengatasi efek stres oksidatif dan menghentikan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Menyembuhkan masalah kulit

Manfaat buah belimbing memiliki sifat antimikroba dan sifat antiinflamasi yang dapat mencegah penyakit kulit seperti dermatitis dan eksim. Eksim disebabkan oleh kombinasi faktor-faktor seperti fungsi abnormal dari sistem kekebalan tubuh, kulit kering dan bakteri pada kulit. Semua ini bisa dicegah dengan memakan belimbing.

Mengesankan bukan manfaat buah belimbing di atas? Dengan begitu kamu bisa memasukkan buah belimbing sebagai buah kesukaanmu karena manfaat dan rasa segar yang dimiliki buah belimbing. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar