7 Cara Mengatasi Rasa Bosan dalam Hubungan, Jangan Dulu Putus Ya!

Reporter : Arifina
Jumat, 10 Mei 2024 19:17
7 Cara Mengatasi Rasa Bosan dalam Hubungan, Jangan Dulu Putus Ya!
Bosan sama pacar? Jangan buru-buru putus deh!

Pernahkah kamu merasa bosan dengan hubungan asmara yang sedang dijalani? Rasa bosan ini sebenarnya umum terjadi, dan bisa menimpa pasangan yang masih pacaran maupun yang sudah menikah.

Biasanya, kebanyakan orang mengatasi persoalan bosan ini dengan putus dengan pasangannya dan menganggap itu hal paling mudah. Namun, bila kamu tengah menjalin hubungan serius atau pernikahan maka langkah ini tidak bisa begitu saja dilakukan bukan?

 

1 dari 7 halaman

Ilustrasi Pasangan Tidak Berkomunikasi

Memang menjalin hubungan jangka panjang dan langgeng itu susah-susah gampang dan penuh tantangan. Rasa bosan muncul yang tak segera diatasi justru akan memicu permasalahan berkelanjutan.

Nah, alih-alih putus dengan pasangan Ketika merasa bosan, kamu bisa lho melakukan beberapa cara untuk mengatasinya. Dilansir dari Psychology Today dan sumber lainnya, berikut cara yang bisa kamu terapkan untuk menjaga keharmonisan hubungan!

 

2 dari 7 halaman

Perbaiki Komunikasi

Langkah Utama dalam mengatasi rasa bosan dalam hubungan tentu saja memperbaiki komunikasi dengan pasangan. Komunikasi menjadi bagian terpenting untuk langgengnya suatu hubungan asmara jangka panjang.

Bila komunikasinya bermasalah, ini justru akan memicu pertengkaran dan permasalahan lainnya dalam hubungan. Karena, rasa bosan ini seringkali muncul dari persepsi salah satu pihak.

Berkomunikasilah secara terbuka dan jujur dengan pasangan. Ceritakan perasaan bosan yang tengah kamu rasakan. Dengan komunikasi yang baik, kamu dan pasangan bisa sama-sama mencari solusi untuk mengatasi kebosanan tersebut.

 

3 dari 7 halaman

Kenali Penyebab Kebosanan

Ilustrasi Pasangan

Sebelum mencari solusi, ada baiknya kamu dan pasangan saling untuk merenung akan persoalan yang membuat kalian bosan. Diskusikan dengan pasangan apa yang menjadi penyebab kebosanan.

Apakah itu karena rutinitas yang monoton, kurangnya kejutan, atau hilangnya rasa ketertarikan? Dengan memahami penyebabnya, kamu dan pasangan bisa mencari jalan keluar yang tepat.

Sehingga, jangan mudah bilang putus dulu sebelum cari solusi yang tepat ya!

 

4 dari 7 halaman

Ciptakan Pengalaman Baru Bersama

Cobalah untuk mengadopsi kebiasaan baru atau mencoba aktivitas yang berbeda bersama pasangan. Sebab, rasa bosan ini sering juga muncul karena aktivitas dalam suatu hubungan yang hanya berulang itu-itu saja.

Cobalah untuk mencari pengalaman baru bareng pasangan. Misal, bisa berupa traveling ke tempat baru, mencoba hobi baru bersama, atau bahkan hanya mencari restoran baru untuk dicoba.

Pengalaman-pengalaman baru ini dapat memberikan kesegaran dan memperkuat hubungan yang kamu jalani dengan pasangan.

 

5 dari 7 halaman

Jangan Lupakan Waktu "Me Time"

Ilustrasi Pasangan Beda Usia

Meski sedang menjalin hubungan, penting untuk tetap memiliki Waktu sendiri atau " me time" . Dengan " me time" , kamu bisa melakukan hobi yang disukai atau sekadar bersantai.

Biarkan pasanganmu memiliki waktunya untuk mengerjakan hobinya, minat, ataupun sekedar berdiam diri di rumah tanpa harus bertemu denganmu. Lakukan hal yang sama untuk dirimu.

Dengan begitu, saat kembali bersama pasangan, kamu akan merasa lebih fresh dan semangat.

6 dari 7 halaman

Lakukan Dinner Romantis

Ini bisa menjadi salah satu cara mengatasi rasa bosan dengan pasangan lho! Terlebih, jika kamu dan pasangan jarang melakukan hal-hal romantis.

Momen tersebut bisa kamu jadikan sebagai upaya dalam memperbaiki rasa bosan. Sembari dinner romantis juga bisa dengan mengenang masa-masa awal menjalin hubunganmu deh!

Kamu juga bisa saling mengungkapkan rasa dari hati ke hati di momen dinner ini lho!

 

7 dari 7 halaman

Konseling ke Psikolog

Ilustrasi Pasangan Sensitif

Ini bisa kamu lakukan jika hubunganmu dan pasangan memicu konflik berpekanjangan. Tidak ada yang salah dengan berkonsultasi pada ahlinya untuk menjaga hubungan tetap baik.

Melakukan konseling kepada yang professional akan membantu kamu dan pasangan untuk mendapatkan perspektif berbeda. Dengan begitu, pikiran kalian akan lebih terbuka dari sebelumnya Ketika bosan dan berkonflik dengan pasangan.

Kamu dan pasangan bisa saling menceritakan masalah dan mencari solusi bersama, sehingga hubungan akan terus bisa dipertahankan.

Itulah cara mengatasi rasa bosan dengan pasangan yang bisa kamu lakukan. Buat hubungan langgeng memang butuh usaha keras ya!

Beri Komentar