8 Tips Memasak Ikan agar Tidak Amis, Mudah dan Praktis Hanya Pakai Bahan-Bahan Dapur Saja Lho!

Reporter : Arifina
Kamis, 14 Desember 2023 16:07
8 Tips Memasak Ikan agar Tidak Amis, Mudah dan Praktis Hanya Pakai Bahan-Bahan Dapur Saja Lho!
Menghilangkan bau amis pada ikan ternyata nggak ribet lho! Cukup gunakan bahan-bahan dapur aja kok!

Tips memasak ikan agar tidak amis saat dimakan penting untuk diperhatikan dengan baik. Bau amis pada ikan disebabkan oleh senyawa trimetilamina (TMA) yang terbentuk dari metabolisme protein dalam tubuh ikan.

Ikan merupakan salah satu sumber makanan yang baik untuk kesehatan tubuh. Bahan makanan ini cukup sering dimasak oleh ibu rumah tangga menjadi berbagai olahan ikan karena memiliki rasa yang lezat dan gurih.

Dilansir dari sogood.id, ikan memiliki kandungan protein, vitamin, lemak, dan mineral yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Kandungan protein pada ikan setara dengan daging dan lebih tinggi daripada protein pada yang terdapat pada kacang-kacangan.

1 dari 10 halaman

Cara Menghilangkan Bau Amis pada Ikan © Diadona

Namun, ikan berasal dari air laut sehingga memiliki bau amis yang kuat. Hal inilah yang dapat mengurangi selera makan dan kenikmatan saat menyantap hidangan ikan.

Tapi, tak perlu khawatir, sebab ada cara mudah untuk menghilangkan bau amis ikan. Bahkan, kamu hanya perlu menggunakan bahan-bahan dapur lho! yuk, simak tipsnya berikut!

2 dari 10 halaman

Pilih Ikan yang Segar

Pemilihan jenis ikan menentukan bau amis dan tidak saat diolah lho! Ikan yang segar memiliki aroma yang lebih netral.

Pastikan untuk membeli ikan dari sumber yang terpercaya dan pilih ikan yang memiliki mata jernih, daging kenyal dan tidak lembek. Ciri-ciri ikan segar lainnya adalah matanya jernih, insangnya merah, dan kulitnya mengkilap.

3 dari 10 halaman

Rendam dalam Perasan Jeruk Nipis atau Lemon

Cara paling mudah untuk menghilangkan bau amis pada ikan adalah dengan menggunakan bahan dapur, salah satunya jeruk nipis atau lemon. Kamu cukup melakukan perendaman ikan dengan perasan jeruk nipis atau lemon.

Rendam ikan dengan air perasan jeruk nipis atau lemon selama 15-30 menit sebelum dimasak. Air perasan tersebut membuat aroma dan rasa ikan menjadi lebih segar ketika ikan diolah dan dimasak.

4 dari 10 halaman

Gunakan Cuka

Cara Memilih Ikan Segar © Diadona

Selain kandungan asam pada jeruk nipis dan lemon, bahan alami pada cuka juga dapat menghilangkan bau amis pada ikan. Hal ini terjadi karena kandungan sifat asam cuka yang bereaksi dengan senyawa-senyawa.

Sehingga hal ini dapat mengurangi bau pada ikan. Selain itu, sifat asam cuka membantu mengurangi tumbuhnya bakteri yang dapat menyebabkan bau busuk pada ikan.

Caranya, rendam ikan yang sudah dicuci bersih dengan air dengan cuka selama beberapa menit. Setelah itu, bilas ikan dengan air bersih yang mengalir.

5 dari 10 halaman

Baluri dengan Potongan Apel

Cara selanjutnya, kamu bisa menggunakan buah apel lho! Iris-iris tipis buah apel, lalu masukkan ke dalam minyak atau air untuk memasak ikan yang akan diolah.

Diamkan hingga apel layu, lalu angkat dan pisahkan dari ikan. Minyak atau air yang dimasukkan dalam olahan ikan akan membantu menghilangkan bau amis ikan tanpa mengurangi rasa dan bau alami dari ikan.

Hal ini dapat terjadi karena apel memiliki sifat alami yang disebut sebagai antioksidan alami. Antioksidan pada apel dapat mengikat senyawa sulfur pada ikan yang bisa untuk menghilangkan bau amis pada ikan.

6 dari 10 halaman

Gosok dengan Jahe

Bahan dapur lainnya yang bisa digunakan untuk menghilangkan bau amis pada ikan, yaitu jahe. Salah satu bahan rempah-rempah ini sangat ampuh untuk mengatasi hal tersebut.

Caranya, iris-iris tipis atau hancurkan terlebih dahulu jahe. Kemudian, lumurkan jahe pada permukaan ikan sebelum dimasak. Biarkan jahe meresap selama 30 menit hingga sari-sari jahe menyerap.

Hal itu akan membantu menghilangkan bau amis pada ikan. Selain itu, jahe bisa juga membantu menghilangkan racun yang ada dalam ikan.

7 dari 10 halaman

Taburi Garam

Tips Memasak Ikan agar Tidak Amis © Diadona

Selain memberi rasa, garam juga dapat menghilangkan bau amis pada ikan. Garam memiliki kandungan sodium yang mampu menetralkan bau amis ikan melalui proses osmosis.

Caranya adalah dengan menggosokkan garam atau melumurinya diatas ikan dan biarkan selama lima menit hingga meresap. Proses ini akan membuat garam menarik kembali kelembaban dari daging ikan. Sehingga, kadar air dan rasa bau amis pada ikan dapat menghilang.

8 dari 10 halaman

Rendam dengan Susu

Susu juga bisa menjadi salah satu bahan yang ampuh untuk menghilangkan bau amis pada ikan. Tapi, sebaiknya gunakan jenis susu segar hewani.

Bagi sebagian orang mungkin menganggap susu hewani ini juga terasa amis jika di bau. Dilansir dari hellosehat, susu hewani mengandung protein bernama kasein.

Kandungan protein tersebut yang mengikat dan menarik bau amis dari ikan. Caranya, rendam ikan di air susu hewani selama kurang lebih 20 menit. Setelah itu, keringkan ikan dan masak sesuai resep yang kamu pilih.

9 dari 10 halaman

Lumuri Ikan dengan Berbagai Bumbu Dapur

Tips lainnya, kamu bisa memanfaatkan berbagai bumbu dapur untuk menghilangkan bau amis pada ikan.  Selain menghilangkan bau amis, bumbu-bumbu dapur tersebut dapat menambah rasa gurih dan enak saat ikan diolah.

Perpaduan rempah dan bumbu dapur yang biasa digunakan adalah, kunyit, jahe, bawang putih, garam, dan perasan jeruk nipis. Cuci bersih ikan dan lumuri atau rendam dengan bumbu halus tersebut selama beberapa menit hingga bumbu meresap.

Jika cara diatas terlalu ribet, kamu bisa menggunakan dan membumbui ikan dengan bumbu rempah instan yang bisa dibeli di toko atau swalayan.

Itulah beberapa tips memasak ikan agar tidak bau amis. Dengan mengikuti tips tersebut dapat membantu kamu menghasilkan masakan olahan ikan yang sedap dengan ikan yang segar. Selamat mencoba!

 

Penulis: Safira Salsabillah Maharani

Beri Komentar