8 Tanda Kamu Jatuh Cinta pada Orang yang Salah, Yakin Mau Bertahan?

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Rabu, 8 Mei 2024 09:34
8 Tanda Kamu Jatuh Cinta pada Orang yang Salah, Yakin Mau Bertahan?
Coba cek lagi hubungan kalian, sehat atau justru membahayakan?

Katanya, jatuh cinta itu berjuta rasanya. Namun hampir kebanyakan orang mengasosiasikan jatuh cinta sebagai sesuatu yang menyenangkan.

Apalagi di awal-awal hubungan, rasanya banyak hal manis dan romantis yang menyelimuti. Sampai-sampai ada banyak hal negatif yang justru tertutupi akibat euforia rasa cinta.

Jatuh cinta pada orang yang tepat itu akan selalu menyenangkan. Tapi gimana jadinya jika jatuh cinta pada orang yang salah?

Melansir dari Psych2Go, berikut adalah tanda-tanda jika kamu mencintai orang yang salah dan berada dalam hubungan yang tidak sehat. Check this out!

1 dari 9 halaman

Tanda Jatuh Cinta pada Orang yang Salah © Diadona© 2024 shutterstock.com/SOMKID THONGDEE

1. Terlalu Sering Menahan Diri

Tanda pertama yang menunjukkan jika kamu mencintai orang yang salah yakni manakala kamu terlalu sering menahan diri. Ellen Bolin, seorang relationship coach profesional, menyatakan bahwa kamu cenderung menahan diri agar tidak mengecewakan pasangan.

Tanpa disadari, kamu akan selalu berhati-hati saat berinteraksi dengannya. Kamu terlalu memikirkan bahkan mengkhawatirkan setiap reaksinya atas perkataan dan perbuatanmu di depannya.

Bisa dibilang, kamu kehilangan kebebasan untuk berekspresi. Kamu tidak menjadi diri sendiri dan tidak bisa bersikap apa adanya.

2 dari 9 halaman

Tanda Jatuh Cinta pada Orang yang Salah © Diadona© 2024 shutterstock.com/Kmpzzz

2. Lelah secara Emosional

Samantha Daniels, seorang dating coach mengungkapkan bahwa hubungan yang baik harusnya memberi energi lebih, bukan malah mengurasnya. Perasaan yang lelah dan stres bertubi-tubi saat bersama pasangan mengindikasikan bahwa kamu berada dalam hubungan yang tidak sehat.

Jika rasa lelah ini hanya dialami oleh salah satu pihak, sudah jelas menjadi penanda bahwa pihak tersebut jatuh cinta pada orang yang salah. Hal ini bisa jadi sulit dideteksi karena bisa jadi kelelahan itu bersumber dari hal lain.

Yang perlu kamu lakukan yakni dengan mengenal diri sendiri dengan baik dan cobalah untuk lebih peka dengan keadaan yang ada di sekitarmu.

3 dari 9 halaman

Tanda Jatuh Cinta pada Orang yang Salah © Diadona© 2024 shutterstock.com

3. Merasa Tidak Aman

Pernah nggak sih pasanganmu merendahkan atau bahkan melecehkan kamu lewat perkataan atau perbuatannya? Jika pernah, hubungan kalian sudah termasuk dalam toxic relationship.

Berada dalam hubungan yang tidak sehat semacam ini sebenarnya mengancam keselamatanmu secara fisik dan emosional. Yang perlu dilakukan tentu saja segera pergi alias mengakhiri hubungan.

Sayangnya, kebanyakan orang yang terjebak toxic relationship justru nggak mudah melepaskan pasangannya. Menurut psikolog Craig Malkin, orang-orang tersebut masih terpaku dengan perlakuan manis dan romantis yang diberikan pasangannya. Jika dipikir-pikir, apa gunanya romantisisme jika masih ada perasaan takut di dalamnya?

4 dari 9 halaman

Tanda Jatuh Cinta pada Orang yang Salah © Diadona© 2024 shutterstock.com/Erik Kalibayev

4. Menghindari Pertemuan dengan Orang Terdekat

Sudahkah kamu bertemu dengan orang terdekat pasanganmu, begitu juga sebaliknya? Jika belum, bisa jadi masih ada perasaan meragu akan kemungkinan kalian menyatu.

Apalagi jika dia hanya memikirkan soal pacaran dan hubungan kalian berdua, hal ini bisa mengindikasikan jika dia belum merencanakan hubungan yang lebih serius. Jika dia serius menjalani hubungan dan ingin mengenalmu lebih jauh, tentu dia akan senang bisa berkenalan dengan orang-orang dekatmu.

Kalau hal ini terjadi di masa-masa awal pacaran, memang masih wajar. Namun jika terus terjadi padahal kalian sudah pacaran lama, apa masih bisa dimaklumi?

5 dari 9 halaman

Tanda Jatuh Cinta pada Orang yang Salah © Diadona© 2024 shutterstock.com/Hananeko_Studio

5. Tidak Pernah Memikirkan Masa Depan

Hubungan percintaan yang dijalani, kebanyakan ingin dibawa ke jenjang yang lebih serius dengan komitmen yang lebih jelas. Tentunya, hal ini sering didiskusikan bersama pasangan jika sudah sama-sama yakin dan siap.

Namun, pernah nggak sih si dia justru enggan membahas rencana masa depan bersama kamu? Atau mungkin dia justru merencanakan masa depannya sendiri, tanpa 'menaruh' kamu di dalamnya?

Jika hal ini kamu alami, yang perlu kamu lakukan tentunya introspeksi. Renungkan kembali hubungan kalian, apakah cinta itu bertahan lama atau justru hanya sementara? Pikirkan baik-baik, layakkah hubungan tersebut dipertahankan atau lebih baik diakhiri?

6 dari 9 halaman

Tanda Jatuh Cinta pada Orang yang Salah © Diadona© 2024 shutterstock.com/Proxima Studio

6. Kamu Lebih Banyak Memberi

Ingat-ingat kembali apakah hubungan percintaan yang kamu jalani sekarang ini bersifat timbal balik atau malah timpang sebelah. Kalau ternyata kamu menyadari telah memberi lebih banyak dan nggak merasa dapat timbal balik yang serupa, pastinya lama-lama akan terasa capek, kan?

Hati-hati juga karena ini bisa jadi tanda kalau pasanganmu cuma mau memanfaatkanmu saja. Sesuai dengan apa yang dikatakan pakar hubungan Jenna Ponaman, CPC, ELI-MP dalam laman web Bustle, tipikal pasangan yang satu ini bertahan padamu karena ingin memenuhi kebutuhan, kemudahan, atau kenyamanan, bukan karena rasa cinta.

Mereka juga cenderung nggak peduli kalau kamu merasa nggak dapat treatment yang sama karena kebutuhan mereka sudah terpenuhi.

 

7 dari 9 halaman

Tanda Jatuh Cinta pada Orang yang Salah © Diadona© 2024 shutterstock.com/Krisda Ponchaipulltawee

7. Berpengaruh Pada Kebiasaanmu

Di dalam hubungan percintaan, jangan sampai kamu terlalu mementingkan pasanganmu sampai melupakan dirimu sendiri. Perlu bagi kamu buat melakukan kebiasaan baik untuk merawat diri sendiri. Tetapi, jatuh cinta pada orang yang salah bisa berpengaruh pada kebiasaanmu.

Misalnya, kamu adalah orang yang biasa mengonsumsi makanan sehat atau memperhatikan apa saja yang kamu konsumsi. Tetapi, kamu memutuskan buat nggak terlalu memerhatikannya lagi demi menurut pasanganmu yang mengajak kamu untuk makan bareng meskipun nggak terlalu sehat dalam waktu yang cukup sering.

Nah, kebiasaanmu yang mulai terpengaruh oleh perbedaan gaya hidup dengan pasanganmu ini lama-lama bisa berakibat yang nggak baik, baik buat dirimu sendiri atau hubungan kalian kedepannya.

8 dari 9 halaman

Tanda Jatuh Cinta pada Orang yang Salah © Diadona© 2024 shutterstock.com/TORWAISTUDIO

8. Dia Nggak Memahami Kamu

Tanda secara “ halus” kalau kamu jatuh cinta pada orang yang nggak tepat adalah kurangnya pemahaman yang ada di antara kalian. Pasanganmu nggak menerima atau memahami perasaan kamu.

Meskipun kamu sudah menjelaskannya beberapa kali tentang apa yang kamu inginkan atau gimana perasaanmu saat ini, dia masih merasa nggak paham. Setelah kamu menjelaskannya beberapa kali, dia baru akan paham atau mungkin akan menyanggahnya dengan alasan-alasan tertentu.

Memang terkadang nggak semua orang akan paham tentang perasaanmu, bahkan bisa saja terkadang kamu juga melakukan hal yang sama. Tetapi, kalau hal ini terjadi beberapa kali, kamu juga bisa merasa nggak enak karena membuatnya nggak memahamimu.

9 dari 9 halaman

Istilah cinta itu buta kadang memang bisa terjadi. Penilaian tentang baik buruknya pasangan bisa menjadi buram karena cinta terlanjur menguasai. Jangan mudah terlena, pahami baik-baik benarkah dia sosok yang tepat buatmu?

Penulis : Olivia Lidya Elsanti, Aimee Mayza Aulia

Beri Komentar