10 Tips Masak Mie Instan Enak ala Warmindo, Ternyata Ini Rahasianya

Reporter : Arifina
Senin, 18 September 2023 16:23
10 Tips Masak Mie Instan Enak ala Warmindo, Ternyata Ini Rahasianya
Bosan dengan mie instan yang dimasak gitu-gitu aja? Begini tips masak mie instan enak dan lezat.

Tips masak mie instan enak bisa kamu coba sebagai variasi menikmati sajian mie buatan sendiri yang berbeda di rumah. Mie instan merupakan makanan yang menjadi favorit kebanyakan orang karena rasanya yang enak dan menggugah selera.

Mie instan biasa dijadikan menu andalan apabila sedang bingung ingin makan apa, atau sedang bokek di tanggal akhir bulan bagi mahasiswa. Banyaknya varian rasa mie instan membuat makanan ini cocok untuk dimakan kapan saja dan dimana saja.

Cara membuat mie instan sangatlah mudah dan praktis, sehingga biasanya dijadikan menu makanan saat sedang terburu-buru.

Namun, ada tips menarik agar kamu bisa menikmati makan mie instan lebih enak ala warung makan indomie (warmindo) lho! Berikut diadona.id rangkumkan dari berbagai sumber, yuk simak!

1 dari 11 halaman

Masukkan Mie Saat Air Mendidih

Tips Masak Mie Instan Enak © Diadona

Untuk mendapati tekstur kekenyalan mie yang pas, pastikan untuk memasukkannya pada saat air rebusan telah benar-benar mendidih. Jangan masukkan mie bersamaan saat mulai merebus air ataupun ketika air belum mendidih ya.

Hal tersebut dapat menyebabkan mie menjadi lebih lama untuk matang dan teksturnya lembek. Memasukkan mie saat air telah mendidih dapat membuat mie menjadi cepat matang dan teksturnya kekenyalannya pas, sehingga lebih enak dinikmati.

 

2 dari 11 halaman

Jangan Rebus Mie Terlalu Lama

Merebus mie instan tidak perlu waktu yang lama. Cukup lakukan sekitar 2-3 menit saja agar kamu bisa mendapatkan mie instan  matang dengan tekstur yang pas.

Merebus mie terlalu lama akan menyebabkan mie menjadi overcooked sehingga rasanya menjadi hambar dan tidak enak. Selain itu, tampilan mie juga akan menjadi kurang sedap untuk dipandang karena teksturnya menjadi lembek.

Ikuti petunjuk pada kemasan mie instan untuk mendapatkan hasil olahan mie yang enak dan pas.

3 dari 11 halaman

Air Rebusan Tidak Perlu Diganti

Banyak masyarakat yang meyakini saat memasak mie instan, air rebusan harus dibuang dan diganti dengan air rebusan baru. Dilansir dari kominfo.go.id,  beberapa ahli menyebutkan tidak perlu mengganti air rebusan mie instan karena di dalamnya terdapat vitamin asam folat yang baik untuk tubuh yang terkandung dalam tepung terigu.

Asam folat tersebut larut dalam air ketika mie instan direbus. Jadi, apabila air rebusan mie diganti, maka kandungan nutrisinya juga ikut terbuang.

4 dari 11 halaman

Racik Bumbu Sendiri

Tips Masak Mie Instan Enak © Diadona

Bumbu bawaan dari mie instan memang enak. Namun, untuk berkreasi dengan mie instan yang lebih nikmat cobalah untuk membuat bumbu racikan sendiri.

Gunakan bahan-bahan alami seperti bawang putih, bawang merah, cabai, dan merica. Selain itu, tambahkan berbagai macam bumbu seperti garam, gula, kaldu ayam, saus sambal, saus tomat, dan kecap.

Dengan meracik bumbu sendiri, kita bisa menyesuaikan rasa mie instan sesuai selera lidah masing-masing. Selain itu, bumbu racikan sendiri juga lebih sehat dibandingkan bumbu bawaan mie instan karena biasanya dalam bumbu mie instan mengandung MSG dan pengawet yang banyak.

5 dari 11 halaman

Segera Tiriskan Mie

Setelah rebusan mie instan matang, segera tiriskan saja ya. Karena hal itu akan membantu menghindari mie menjadi overcooked dan menjaga tekstur kekenyalan agar tetap pas dan enak.

Setelah ditiriskan, jangan biarkan mie terlalu lama didiamkan karena dapat menyebabkan menjadi lengket dan lembek sehingga tidak enak untuk dimakan.

Namun, segera campurkan mie dengan bumbu yang telah disiapkan sebelumnya kemudian kreasikan mie sesuai selera masing-masing.

6 dari 11 halaman

Tuang Kuah Belakangan

Biasanya jika memasak mie instan, kuah dituang dan dicampur terlebih dahulu dengan bumbu. Namun kali ini, cobalah mencampur mie yang telah ditiriskan ke bumbu terlebih dahulu.

Baru kemudian kuah hasil rebusan mie dituang ke mangkok. Hal tersebut dapat membuat bumbu dari mie instan lebih terasa dan meresap dalam. Jika kuah dituang terlebih dahulu, bumbu hanya akan terasa pada kuah dan mie terasa hambar.

7 dari 11 halaman

Tambahkan Sayur

Tips Masak Mie Instan Enak © Diadona

Menambahkan sayur pada mie instan bisa membuat makanan satu ini menjadi lebih enak untuk dimakan. Mie instan juga menjadi lebih sehat dan mengandung banyak gizi dan nutrisi jika ditambah sayur.

Kandungan dalam sayur bisa memberikan manfaat bagi tubuh, jadi tidak perlu khawatir kekurangan nutrisi saat makan mie instan. Selain itu, adanya sayur dalam mie instan juga bisa membuat makan menjadi lebih kenyang. Berbagai macam sayuran yang bisa kamu tambahkan dalam mie instan, antara lain, sawi, kol, daun bawang, kubis, wortel, dan tomat.

8 dari 11 halaman

Tambahkan Topping

Bagi yang kurang suka makan sayur, kamu bisa menambahkan topping pada mie instan buatanmu. Berbagai macam pilihan topping yang bisa kamu tambahkan seperti telur, sosis, ayam, daging, dan ikan.

Topping-topping tersebut dapat ditambahkan saat merebus mie ataupun saat mie sudah matang tergantung dengan selera masing-masing. Penambahan topping dapat menciptakan rasa mie instan yang lebih kaya dan bertekstur.

9 dari 11 halaman

Beri Campuran Susu, Keju atau Mayonaise

Saat ini, banyak orang lebih suka makan mie dengan tekstur yang creamy seperti pasta. Bagi kamu yang suka rasa creamy atau ingin mencoba rasa mie instan yang unik, cobalah untuk menambahkan susu, keju atau mayonaise pada mie instan buatanmu.

Kandungan lemak dan protein di dalam susu, keju, dan mayonaise dapat menciptakan tekstur creamy, kental, dan lembut pada mie instan sehingga semakin nikmat dan lezat saat disantap.

10 dari 11 halaman

Olah dan Kreasikan Mie

Tips Masak Mie Instan Enak © Diadona

Selain dimasak seperti biasa, mie instan juga bisa diolah menjadi berbagai makanan dan camilan yang menarik dan enak. Mie instan bisa dimasak menjadi mie kuah, mie goreng, martabak mie, bola-bola mie, bakwan mie, mie carbonara, mie salad, nugget mie, pizza mie, dan lain-lain.

Kamu bisa mengolah dan mengkreasikan mie instan dengan bahan-bahan masakan lain sesuai dengan selera dan preferensi masing-masing.

Nah, itulah beberapa tips masak mie instan enak yang bisa kamu coba di rumah. Setelah mencoba tips di atas, dijamin mie instan buatanmu menjadi lebih nikmat untuk disantap. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya!


Penulis: Hasna Hafidhah Adellia P.

Beri Komentar