6 Cara Bikin Lele Goreng Krispi dan Garing, Kriuk Tahan Lama dan Nagih Banget!

Reporter : Arifina
Selasa, 3 Oktober 2023 20:17
6 Cara Bikin Lele Goreng Krispi dan Garing, Kriuk Tahan Lama dan Nagih Banget!
Cara membuat lele goreng krispi yang garing dan gurih mudah banget lho! Bisa untuk menu favorit makan malam bersama keluarga.

Cara bikin lele goreng krispi dan garing sangat mudah dan praktis. Lele goreng menjadi salah satu menu favorit sederhana yang gurih.

Apalagi jika dinikmati dengan nasi hangat dan sambal pedas. Menu olahan lele ini bisa jadi salah satu andalan di setiap keluarga deh!

Lele krispi dan garing banyak digemari masyarakat karena rasa ikan lele yang gurih dan tekstur luarnya yang garing.

1 dari 8 halaman

Cara Bikin Lele Goreng Krispi dan Garing © Diadona

Kamu juga bisa membuatnya sendiri sama persis seperti yang ada di warung-warung dengan rasa yang gurih dan lezat lho! Apalagi bahan dan bumbu yang dibutuhkan sangat praktis dan mudah dicari.

Berikut cara membuat lele krispi dan garing,yuk simak!

2 dari 8 halaman

Lele Harus Segar dan Bersih

Pastikan saat akan memasak ikan lele, pilih yang benar-benar segar. Ciri-ciri ikan lele segar antara lain, kulit berwarna cerah, sirip atau ekor tidak terkelupas, dan mata ikan lele tampak jernih.

Setelah memilih ikan lele yang segar dan layak masak, potong ikan lele sesuai selera, lalu peras jeruk nipis dan lumuri ikan lele dengan air perasan jeruk nipis secara merata.

Kemudian, tunggu 10-20 menit agar bau amis dan lendir ikan lele hilang.

3 dari 8 halaman

Bumbui Ikan Lele

Sebelum digoreng dengan krispi, pastikan kamu membubui ikan lele. Hal ini agar rasa lele semakin lezat.

Lumuri ikan lele dengan beberapa bumbu rempah. Seperti, bawang putih, ketumbar, kunyit, garam, dan kaldu jamur.

Sebelumnya lumuri juga ikan lele dengan jeruk nipis, lalu sayat-sayat bagian tubuhnya dan baluri dengan bumbu-bumbu rempah tersebut sampai merata.

Kemudian, biarkan selama 10-20 agar bumbu lebih meresap. Bumbu-bumbu rempah tersebut berfungsi untuk memberi rasa gurih dan sedap pada ikan lele jika digoreng nantinya.

4 dari 8 halaman

Campurkan Beberapa Bahan Kering

Tips Menggoreng Lele Agar Tidak Meletup © Diadona

Sambil menunggu bumbu ikan lele meresap, siapkan wadah dan campurkan tepung terigu, tepung maizena, sedikit baking powder, garam, merica bubuk, dan bawang putih bubuk. Aduk hingga semua bahan tercampur merata.

Bumbu tersebut ditambahkan agar baluran tepung tetap renyah dan memiliki rasa yang gurih dan nikmat. Karena tekstur ikan lele krispi ini dihasilkan dari beberapa campuran bahan tepung dan bumbu yang akan membuat ikan lele menjadi krispi.

5 dari 8 halaman

Beri Air Dingin

Jika beberapa bahan campuran tepung sudah tercampur rata, tambahkan air dingin sedikit demi sedikit sampai tercampur rata. Aduk hingga adonan tidak ada yang menggumpal.

Pastikan adonan tepung tidak terlalu cair atau terlalu kental. Kemudian lumuri ikan lele dengan campuran tepung tersebut sampai semua bagian terlumuri.

Penggunaan air dingin dalam campuran tepung adalah agar tekstur adonan lebih ringan dan saat ikan lele krispi di goreng rasa tepung lebih renyah.

Selain itu, dengan menggunakan air dingin pada adonan, akan membantu merekatkan adonan tepung pada ikan lele yang akan digoreng. Hal itu akan menghasilkan lapisan yang tebal dan merata pada ikan lele, yang akan membuat krispi saat digoreng.

6 dari 8 halaman

Goreng di Minyak Panas dan Banyak

Goreng ikan lele di kondisi minyak panas dan banyak hingga semua ikan lele terendam. Goreng ikan lele sekitar 5-7 menit saja hingga berubah warna menjadi keemasan.

Dengan menggoreng di minyak panas dan banyak, akan menciptakan tekstur krispi dan renyah pada ikan lele. Selain itu, akan membantu ikan lele krispi untuk matang dengan cepat.

Hasilnya, ikan lele akan matang dengan sempurna dengan daging yang lembut di dalam dan tekstur krispi diluar. Minyak yang panas juga akan mencegah ikan lele menyerap minyak dengan berlebihan.

Untuk mengetahui minyak sudah panas atau belum, gunakan sumpit kayu ke dalam minyak. Jika mengeluarkan gelembung di sekitar sumpit, tandanya minyak goreng sudah cukup panas dan siap digunakan.

7 dari 8 halaman

Perhatikan Cara Menggoreng

Tips Menggoreng Lele Agar Tidak Meletup © Diadona

Saat menggoreng ikan lele, jangan terlalu banyak memasukkannya ke wajan. Hal tersebut agar ikan lele bisa matang sempurna, tidak lembek atau berminyak.

Karena jika terlalu banyak menggoreng ikan lele di wajan, adonan tepung ikan lele akan saling menempel satu sama lain. Alhasil bagian dalam ikan lele ataupun bagian luar tepungnya, juga akan kurang matang.

Pastikan sesuaikan ikan lele yang akan digoreng dengan ukuran wajan. Agar ikan lele krispi matang dengan merata.

Cara bikin lele goreng krispi dan garing sangat mudh bukan? Menu makanan ini cocok dihidangkan dengan nasi hangat dan sambal. Seperti, sambal terasi, sambal bawang, sambal pete, atau sambal matah. Selamat mencoba ya!

 

Penulis: Safira Salsabillah Maharani

8 dari 8 halaman

Beri Komentar