7 Tips Menggoreng Donat agar Tidak Berminyak, Matang Sempurna dan Lembut Digigit

Reporter : Arifina
Senin, 2 Oktober 2023 20:47
7 Tips Menggoreng Donat agar Tidak Berminyak, Matang Sempurna dan Lembut Digigit
Sedang mengurangi konsumsi makanan yang berminyak? Tips ini bisa jadi cocok untukmu yang ingin makan camilan donat tanpa minyak berlebih. Simak yuk!

Tips menggoreng donat agar tidak berminyak bisa kamu coba terapkan jika sedang mengurangi konsumsi makanan tidak sehat. Donat merupakan makanan yang umumnya berbentuk cincin dengan lubang ditengahnya yang terbuat dari adonan yang digoreng dalam minyak panas.

Donat biasa disajikan dengan berbagai varian rasa yang lezat seperti gula bubuk, coklat meses, krim vanila, dan lain sebagainya. Donat memiliki banyak variasi selain bentuk cincin, ada yang berbentuk bulat tidak berlubang namun dalamnya terdapat isian dan ada pula yang berbentuk seperti rambut kepang memanjang.

Olahan camilan satu ini terkadang dipilih untuk menu sarapan atau sekedar pengganjal perut. Hidangan donat memiliki rasa yang manis dan tekstur yang lembut berongga di dalamnya. Makanan yang satu ini biasa dimakan bersama minuman seperti kopi, susu, dan teh.

1 dari 9 halaman

Ilustrasi Donat Kentang Original © Diadona

Rasanya yang lezat dan menggugah selera ini membuat donat banyak digemari oleh masyarakat. Namun tidak sedikit pula orang yang mengatakan bahwa donat merupakan makanan yang tidak sehat.

Hal tersebut dikarenakan donat memiliki kandungan kalori dan gula yang tinggi, serta minyak yang berlebih. Dilansir dari halodoc.com, dalam satu donat yang dilengkapi dengan topping memiliki 480 kalori dan 27 gram gula di dalamnya.

Oleh karena itu, berikut diadona.id rangkumkan tips menggoreng donat agar tidak berminyak dan menjadi lebih sehat untuk dikonsumsi. Yuk simak!

2 dari 9 halaman

Pastikan Adonan Donat Mengembang Sempurna

Sebelum menggoreng donat, saat proses membuat adonan, pastikan proses fermentasi donat sudah berhasil. Hal itu bisa dilihat dari apakah adonan donat sudah mengembang hingga dua kali lipat.

Donat yang mengembang sempurna ketika digoreng hasilnya tidak akan menyerap banyak minyak. Namun, jika proses fermentasinya gagal dan donat tidak mengembang, maka donat akan menjadi bantat dan menyerap banyak minyak saat digoreng.

Kunci utama dalam melakukan proses fermentasi adalah suhu dan waktu. Lamanya waktu fermentasi tergantung dengan suhu ruangan, semakin panas suhunya, maka fermentasi akan menjadi semakin cepat.

Jika suhu semakin dingin, fermentasi menjadi semakin lambat. Oleh karena itu, pastikan donat sudah mengembang sempurna sebelum digoreng agar hasilnya tidak berminyak.

3 dari 9 halaman

Gunakan Minyak yang Tepat

Minyak ternyata dapat mempengaruhi hasil akhir donat yang digoreng lho! Gunakanlah minyak yang tepat dan dalam jumlah yang sesuai agar bisa mendapatkan hasil yang baik.

Saat menggoreng donat, gunakanlah minyak dalam jumlah banyak agar donat bisa matang dengan sempurna dan merata. Sesuaikan jumlah minyak yang digunakan dengan ukuran donat supaya seluruh permukaannya bisa terendam dan donat menjadi mengembang secara merata.

Selain itu, gunakanlah minyak padat untuk menggoreng donat. Minyak padat dapat membantu donat tidak menyerap minyak secara berlebih dan dapat membuat tekstur donat menjadi lebih renyah serta tidak mudah melempem.

4 dari 9 halaman

Goreng saat Minyak Sudah Panas

Tips Menggoreng Donat agar Tidak Berminyak © Diadona

Minyak yang kurang panas merupakan salah satu penyebab donat berminyak saat digoreng. Kondisi ini dapat menyebabkan donat tidak mengembang dan malah menyerap minyak.

Saat akan menggoreng donat, pastikan minyak sudah benar-benar panas. Cara ini akan membantu donat mengembang dengan cepat dan merata serta dapat membantu mencegah donat membantu menyerap banyak minyak.

Jadi, panaskan terlebih dahulu minyak sebelum menggoreng donat agar bisa mendapatkan hasil donat yang sempurna dan tidak berminyak.

5 dari 9 halaman

Gunakan Api Sedang

Suhu minyak pada saat menggoreng donat juga perlu diperhatikan. Sebaiknya gunakanlah api sedang saja.

Penggunaan api sedang dapat memberikan kontrol yang lebih baik atas suhu minyak sehingga donat tidak cepat gosong di luar dan mentah di dalam. Selain itu, api sedang juga dapat membantu donat menjadi matang secara merata karena proses penggorengannya berlangsung lebih lama dan suhunya stabil sehingga matangnya bisa merata luar dalam.

6 dari 9 halaman

Jangan Menggoreng Banyak Donat Sekaligus

Saat menggoreng donat, jangan menggorengnya dalam jumlah banyak sekaligus. Sesuaikan jumlah donat yang digoreng dengan minyak yang digunakan.

Hal tersebut bertujuan agar seluruh donat bisa terendam permukaannya dan matang secara merata. Menggoreng donat dalam jumlah yang banyak dapat menyebabkan donat menumpuk dan suhu minyak menjadi turun, sehingga membutuhkan waktu untuk menaikkan suhunya kembali.

Saat proses menaikkan suhu inilah yang menyebabkan donat menyerap minyak. Selain itu, donat yang digoreng dalam jumlah banyak secara bersamaan, proses matangnya juga akan menjadi lebih lama sehingga membuat hasil akhir donat menjadi berminyak.

7 dari 9 halaman

Jangan Sering Bolak-balik Donat saat Digoreng

Tips Menggoreng Donat agar Tidak Berminyak © Diadona

Saat menggoreng donat, sebaiknya jangan sering dibolak-balik karena dapat membuat donat menyerap banyak minyak. Baliklah donat hanya sekali saja ketika satu sisinya sudah benar-benar matang kecoklatan.

Kemudian angkat dan tiriskan donat ketika sisi satunya sudah kecoklatan dan membentuk white ring ditengahnya. Donat yang terlalu sering dibalik hasilnya akan menjadi bantat dan berminyak.

8 dari 9 halaman

Tiriskan Donat Setelah Matang

Ketika donat sudah matang dan berwarna kecoklatan di kedua sisinya, angkat dan tiriskan donat tersebut. Berikan alas berupa tisu agar minyak pada donat dapat diserap oleh tisu tersebut.

Dengan menggunakan tisu, kandungan minyak berlebih pada donat bisa berkurang sehingga ketika disantap donat menjadi lebih ringan dan tidak berminyak.

Donat yang tidak berminyak juga akan terasa lebih enak dan sehat karena makanan dengan minyak yang berlebih harus dihindari karena dapat menyebabkan dampak negatif pada kesehatan.

Beri Komentar