9 Tips Bikin Bakwan Renyah, Sangat Mudah, Praktis, dan Bisa Dijadikan Ide Jualan Nih!

Reporter : Arifina
Jumat, 22 September 2023 14:17
9 Tips Bikin Bakwan Renyah, Sangat Mudah, Praktis, dan Bisa Dijadikan Ide Jualan Nih!
Berikut tips membuat bakwan sayur yang renyah di luar dan lembut di dalam dengan praktis!

Tips bikin bakwan renyah yang lezat tidak ribet dan sangat mudah dilakukan di rumah. Camilan gurih yang satu ini cocok untuk teman nonton drama atau film bareng keluarga nih!

Bakwan salah satu cemilan yang praktis dan mudah dibuat. Banyak orang menggemari makanan ini, karena tekstur yang renyah diluar dan lembut di dalam.

Bakwan sering menjadi camilan atau lauk makan yang bisa dinikmati bersama nasi hangat. Tidak hanya kelezatannya saja, makanan ini juga mengandung serat dan nutrisi dari sayuran yang ditambahkan.

1 dari 11 halaman

Tips Bikin Bakwan Renyah © Diadona

Seperti, camilan bakwan sayur yang cukup simpel dibuat. Sensasi gurih dan renyah dari tepung yang tercampur dengan beberapa bumbu dan aneka sayuran di satu adonan membuat cita rasanya super nikmat.

Dalam membuat olahan bakwan yang renyah harus memperhatikan tips atau caranya. Sebab, bakwan biasanya dibuat dalam ukuran yang tebal dan menjadi empuk setelah disimpan beberapa jam sehingga dianggap kurang enak untuk disantap.

Padahal jika menerapkan tips masak bakwan renyah setelah didiamkan cukup lama, bakwan akan tidak akan lembek dan tetap renyah lho!

Jadi, intip 7 tips bikin bakwan renyah dan gurih dibawah ini yuk!

2 dari 11 halaman

Pilih Bahan yang Bagus

Untuk menghasilkan bakwan yang renyah, gunakan bahan-bahan yang bagus. Salah satunya, menggunakan jenis tepung terigu serbaguna.

Kamu juga bisa menggunakan merek produk tepung yang mengeluarkan varian bakwan. Selain itu, kamu bisa menggunakan tiga jenis tepung yang dicampur untuk bisa digunakan sebagai adonan membuat bakwan renyah.

Tiga jenis tepung itu adalah tepung terigu, tepung maizena, dan sagu tani. Jika menggunakan tiga tepung tersebut, akan menambah kerenyahan bakwan.

Jadi tidak hanya tepung terigu yang biasa digunakan untuk membuat roti atau kue. Perlu diingat, dalam membuat adonan bakwan ini tidak boleh menambahkan telur utuh ke adonan. Karena kuning telur mengandung banyak lemak yang bisa membuat bakwan tidak renyah.

3 dari 11 halaman

Perhatikan Takaran Tepung

Pembuatan adonan bakwan ini tidak hanya menggunakan tepung terigu saja, akan tetapi bisa juga menambahkan tepung beras dan tepung tapioka atau kanji. Banyaknya tepung beras atau tapioka, tidak boleh melebihi jumlah takaran tepung terigu.

Di mana, takaran itu cukup ¼ nya saja. Jika ditotal 100 persen, tepung terigu setidaknya harus memenuhi 70 persen, sedangkan tepung beras dan tepung tapioka sebanyak 30 persen saja. Takaran tersebut agar menghasilkan bakwan yang gurih dan renyah.

4 dari 11 halaman

Buat Tekstur Adonan Bakwan yang Pas

Tips Bikin Bakwan Renyah © Diadona

Dengan perpaduan komposisi tepung, sayuran, dan bahan cair yang seimbang akan membantu menghasilkan bakwan sayur yang renyah. Untuk membuat adonan ini juga harus diberi bumbu halus dan bumbu-bumbu lainnya.

Jika ingin bakwan sayur yang renyah, adonan tepung bakwan harus lebih encer. Hal ini agar lebih cepat mematangkan bakwan, sehingga didapati rasa garing dan renyah saat dinikmati.

Kamu juga bisa menggoreng sampai kuning keemasan sekitar satu sendok dulu untuk mengetahui apakah bakwan tersebut renyah dan garing.

5 dari 11 halaman

Buat Lebih Banyak Sayuran

Tidak hanya tepung, peran sayur juga tidak kalah pentingnya. Akan tetapi, jumlah sayur juga tidak boleh lebih banyak dari adonan tepung.

Kamu bisa menambahkan sayuran yang biasa dibutuhkan, yaitu seperti kol, tauge, dan wortel. Sayuran-sayuran ini bisa dipotong tipis-tipis atau kecil-kecil, supaya bakwan bisa lebih renyah.

6 dari 11 halaman

Beri Sedikit Baking Soda

Cara lain untuk membuat bakwan sayur renyah yaitu dengan menambahkan baking soda ke dalam campuran adonan. Baking soda membantu tekstur bakwan menjadi lebih ringan.

Gelembung gas pada baking soda akan memperbesar lapisan bakwan, sehingga tekstur bakwan lebih empuk di dalam dan renyah di luar. Namun, jangan terlalu banyak memberi baking soda pada adonan, karena akan memberikan rasa yang tidak enak pada bakwan.

7 dari 11 halaman

Bentuk Adonan Bakwan dengan Tepat

Tips Bikin Bakwan Renyah © Diadona

Ternyata bentuk bakwan juga mempengaruhi kematangan dan hasil bakwan yang renyah. Dalam membentuk bakwan yang pas, kita membutuhkan sendok sayur stainless yang sudah kita panaskan dalam minyak goreng.

Lalu beri adonan bakwan ke dalam sendok sayur tersebut. Goreng adonan bakwan bersama sendok sayurnya hingga bagian luar adonan sudah berkulit atau tidak lagi basah.

Setelah itu, lepas perlahan adonan bakwan dari sendok sayur dengan menggunakan spatula, lalu lanjutkan menggoreng. Dengan bantuan sendok sayur tersebut, membuat semua bentuk adonan sama. Sehingga semua bakwan yang digoreng akan matang secara bersamaan dan merata.

8 dari 11 halaman

Goreng di Minyak yang Banyak

Untuk menghasilkan tekstur renyah dan garing pada bakwan, pastikan kamu menggorengnya dengan minyak yang banyak atau sampai adonan tenggelam. Kemudian panaskan minyak terlebih dahulu dengan api sedang.

Saat menggoreng, jangan lupa juga gunakan api kecil. Hal tersebut agar bakwan matang secara merata, jika menggunakan api besar, bakwan akan cepat gosong dan tidak matang merata.

Untuk memastikan bakwan matang sampai dalam, tusuk bagian tengah bakwan dengan ujung spatula. Jika bakwan masih mengeluarkan adonan basah, artinya bakwan belum matang sampai dalam.

9 dari 11 halaman

Goreng Bakwan di Suhu yang Tepat

Dengan banyaknya kita menggunakan minyak goreng, sebelumnya kita harus panaskan minyak goreng dengan api sedang. Suhu untuk menggoreng bakwan sayur ini harus diperhatikan agar menghasilkan bakwan sayur yang renyah.

Dalam menggoreng bakwan, ideal suhu yang dibutuhkan adalah sekitar 170-180 derajat celcius. Jika sudah mencapai suhu ideal, cukup goreng bakwan sayur sekitar 3-5 menit sampai matang atau goreng bakwan cukup sampai berwarna coklat keemasan.

10 dari 11 halaman

Jangan Buat Bakwan Berminyak

Tips Bikin Bakwan Renyah © Diadona

Setelah bakwan sayur digoreng, letakkan bakwan di atas tisu dapur atau makan. Cara tersebut untuk menghilangkan dan mengurangi minyak berlebih.

Selain itu, menghilangkan minyak ini dapat membantu tekstur renyah pada bakwan sayur. Bakwan yang mengandung sedikit minyak saat akan dimakan, akan jauh lebih enak dan renyah.

Kamu juga bisa memakannya dengan bantuan tisu, agar minyak pada bakwan bisa meresap ke tisu.

Itulah beberapa tips bikin bakwan renyah dan enak yang bisa kita bikin sendiri di rumah! Caranya gampang dan praktis benget lho!

 

Penulis: Safira Salsabillah Maharani

Beri Komentar