7 Cara Masak Ikan Asin Balado, Lauk Sederhana Buat Sehari-hari yang Dijamin Nagih Abis!

Reporter : Arifina
Kamis, 19 Oktober 2023 16:07
7 Cara Masak Ikan Asin Balado, Lauk Sederhana Buat Sehari-hari yang Dijamin Nagih Abis!
Pedasnya bumbu balado dicampur dengan gurihnya rasa ikan asin, dijamin nikmat banget!

Cara masak ikan asin balado bisa kamu jadikan menu pilihan saat hendak memasak menu makanan sederhana di rumah. Ikan asin merupakan ikan yang telah diawetkan dengan cara diberi garam dan dikeringkan.

Olahan ikan asin biasa dijadikan lauk pauk dalam makanan masyarakat Indonesia karena rasanya yang gurih. Selain biasa dijadikan lauk dengan cara digoreng, ikan asin juga bisa diolah menjadi berbagai hidangan yang lezat. Salah satu contohnya adalah hidangan ikan asin balado.

1 dari 10 halaman

Cara Masak Ikan Asin Balado © Diadona

Ikan asin balado merupakan hidangan yang terbuat dari ikan asin yang digoreng kemudian ditumis bersama bumbu halus balado yang pedasnya nikmat. Hidangan ini memang terlihat sangat sederhana, namun rasanya benar-benar menggugah selera.

Cara memasak ikan asin balado ini juga sangatlah mudah dan praktis. Bahan-bahan yang dibutuhkan juga mudah dicari. Berikut diadona.id rangkumkan cara masak ikan asin balado yang lezat dan nikmat. Yuk simak!

2 dari 10 halaman

Siapkan Bahan-Bahan Utama

Sebelum mulai memasak ikan asin balado, pastikan semua bahan yang diperlukan sudah siap. Bahan utama yang diperlukan tentunya adalah ikan asin.

Kalian bisa menggunakan ikan asin jenis apapun, sebaiknya ikan yang tawar dan kering. Sesuaikan jenis ikan dengan selera dan preferensi masing-masing.

Kemudian bahan yang perlu dipersiapkan lainnya adalah bahan untuk membuat bumbu halus. Bumbu halus ini merupakan bumbu balado yang nantinya akan dimasak bersama ikan asin.

Bahan-bahan untuk bumbu halus antara lain, cabe merah, cabe rawit, bawang merah, bawang putih, dan tomat. Selain itu, jangan lupa untuk mempersiapkan pula bumbu tambahan seperti garam, gula, lada, daun salam, daun jeruk, dan juga terasi untuk meningkatkan rasa agar semakin sedap.

3 dari 10 halaman

Goreng Ikan Asin

Pastikan kamu menggoreng ikan asin terlebih dahulu. Goreng dengan minyak yang agak banyak dan api kompor yang sedang.

Menggoreng ikan asin terlebih dahulu sebelum dimasak dapat membantu mengurangi kadar garam di permukaan ikan, sehingga rasa akhir hidangan jadi lebih nikmat. Selain itu, ikan asin juga bisa menjadi lebih empuk jika digoreng lebih dulu.

4 dari 10 halaman

Aduk-Aduk saat Menggoreng

Cara Masak Ikan Asin Balado © Diadona

Ketika menggoreng ikan asin, jangan lupa untuk tetap terus mengaduk-aduknya agar ikan matang secara merata. Ikan asin cenderung menjadi lengket ketika digoreng karena memiliki lapisan garam di permukaannya.

Cara ini mengurangi risiko ikan menjadi lengket saat digoreng. Selain itu, mengaduk-aduk ikan selama digoreng juga dapat membantu mencegah ikan asin agar tidak gosong pada satu sisi dan bisa matang secara merata.

5 dari 10 halaman

Goreng sampai Kuning Keemasan

Ikan asin cukup digoreng hanya sampai warnanya kuning keemasan saja. Warna tersebut menandakan bahwa ikan asin sudah matang dengan baik, permukaannya renyah, rasanya gurih, dan teksturnya pas.

Ikan asin yang digoreng hingga berwarna kuning keemasan juga akan memiliki penampilan yang lebih menarik dan menggugah selera. Jangan menggoreng ikan asin sampai warnanya kecoklatan karena dapat membuat rasa ikan menjadi pahit.

6 dari 10 halaman

Siapkan Bumbu Masakan

Setelah ikan digoreng, yang perlu dilakukan selanjutnya adalah menyiapkan bumbu halus. Caranya iris tipis cincang bawang putih dan bawang merah terlebih dahulu kemudian blender bersama cabe merah, cabe rawit, dan tomat.

Blender bumbu sampai agak halus dan masih kasar saja, jangan sampai terlalu halus agar masih terlihat tekstur cabenya. Selain menggunakan blender, kalian juga bisa menggunakan ulekan atau cobek untuk membuat bumbu halus. Setelah bumbu halus jadi, proses memasak ikan asin balado dapat dilanjutkan.

7 dari 10 halaman

Tumis Bumbu Halus

Cara Masak Ikan Asin Balado © Diadona

Kini saatnya memulai menumis bumbu dan ikan asin yang telah digoreng. Gunakanlah minyak agak banyak untuk menumis bumbu halus dan pastikan kamu menumisnya hingga harum bersama bahan-bahan lain seperti daun salam, daun jeruk, dan terasi.

Setelah bumbu mengeluarkan aroma, masukkan penyedap rasa,  garam, gula, lada, dan kaldu bubuk. Masak bumbu hingga matang kemudian masukkan ikan asin yang telah digoreng.

Ikan asin harus dimasukkan ketika bumbu dalam kondisi yang masih panas. Hal ini bertujuan agar teksturnya tetap renyah dan bumbu bisa meresap dalam ikan. Masak ikan hingga matang dan semua bumbunya tercampur rata.

8 dari 10 halaman

Gunakan Api Kecil

Saat menumis bumbu halus dan ikan asin, gunakanlah api kecil saja. Penggunaan api kecil dapat membantu membuat ikan asin tetap lembut dan tidak keras saat dimakan.

Selain itu, cara inil juga dapat membantu ikan asin dan bumbunya agar tidak terlalu cepat terbakar atau gosong yang bisa menyebabkan rasanya menjadi keras dan pahit. Dijamin kamu akan mendapatkan hasil hidangan yang lezat dan nikmat.

9 dari 10 halaman

Nah gimana? Tidak susah kan cara masak ikan asin balado? Setelah ikan asin dan bumbu dimasak hingga matang, hidangan siap disajikan dan cocok dimakan bersama dengan nasi yang masih panas.

Dijamin bikin tambah nasi terus deh! Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya!

 

Penulis: Hasna Hafidhah Adellia P.

Beri Komentar