Tips Menggoreng Ikan Agar Tidak Terciprat Minyak, Lengket dan Matang Sempurna

Reporter : Kurnia
Senin, 8 November 2021 13:24
Tips Menggoreng Ikan Agar Tidak Terciprat Minyak, Lengket dan Matang Sempurna
Taburi sedikit tepung terigu, begini caranya

Hy, Diazens! Kembali lagi di halaman resep Diadona.

Berbicara soal masak dan seninya, terkadang menggoreng ikan menjadi aktivitas yang paling mengerikan. Di mana ada momen terciprat minyak sampai ikannya lengket di wajah. Bahkan terkadang ikan juga tidak matang rata dan sempurna.

Kalau sudah begitu, hati jadi kesel dan males kan jadinya buat makan? Nah, untuk itu Diadona kasih resep khusus nih buat foodies yang juga punya hobi masak ikan. So, buat ikan goreng kamu matang dengan sempurna tanpa cipratan minyak panas.

Gimana sih caranya?

1 dari 5 halaman

Taburi tepung terigu

Seperti menggoreng ikan pada umumnya, siapkan ikan yang sudah dumbui dan dimarinasi. Setelah itu, siapkan minyak panas dalam wajan. Ambil sedikit tepung terigu dan taburkan dalam minyak panas tersebut.

Tak perlu menunggu lama, ikan pun siap digoreng tanpa takut kecipratan minyak panas. Dengan demikian, ikan bakal jauh dari kata lengket dan bisa matang dengan sempurna dong tentunya.

Simak tips lainnya.

2 dari 5 halaman

Menggunakan wajan yang bersih

Ilustrasi WajanIlustrasi Wajan © unsplash.com/Ra Dragon

Gunakan wajan penggorengan yang bersih untuk menggoreng ikan guna meminimalisir ikan lengket di wajan saat digoreng.

Wajan yang bersih juga akan meminimalisir ikan lengket di wajan. Jika Diazens menggunakan wajan kotor yang sudah digunakan sebelumnya, kemungkinan besar ikan akan lengket pada wajan karena ada sisa makanan.

3 dari 5 halaman

Perhatikan jumlah minyak

Ilustrasi Minyak GorengIlustrasi Minyak Goreng © videohive.net

Mengukur jumlah minyak untuk menggoreng adalah salah satu cara yang perlu diperhatikan. Pastikan tidak menuangkan minyak lebih dari sepertiga ukuran penggorengan.

Hal ini dikarenakan bahwa minyak nantinya akan naik ke permukaan karena dipicu suhu panas. Kalau minyak semakin banyak jumlahnya, maka akan semakin mudah meluap.

4 dari 5 halaman

Pastikan minyak sudah benar-benar panas

Untuk meminimalisir terciprat, Diazens harus mematikan terlebih dahulu, apakah minyak sudah benar-benar panas sebelum memasukkan ikan. Memasukkan ikan ke dalam wajan dengan minyak yang masih dingin atau hangat sangat memungkinkan ikan lengket bahkan hancur.

Minyak yang belum panas juga akan membuat ikan menyerap minyak terlalu banyak lho, Diazens. Selain minyak harus panas, sebaiknya minyak yang digunakan untuk menggoreng adalah minyak baru, ya!

Beri Komentar