25 Tips Agar Jago Masak dan Bikin Makanan Enak, Sepele Tapi Penting Banget!

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Rabu, 30 November 2022 23:48
25 Tips Agar Jago Masak dan Bikin Makanan Enak, Sepele Tapi Penting Banget!
Muali dari pemilihan bahan hingga suhu memasak, deretan tips berikut ini bikin kamu jago masak.

Banyak orang mengira bahwa jago memasak adalah bakat. Eits, padahal bukan lho! Sama halnya seperti ketrampilan lainya, skill memasak bisa meningkat dan berkembang seiring waktu dengan berlatih. Seiring dengan banyaknya jam terbang, kamu akan menemukan tips agar jago masak makanan dengan sendirinya.

Dan di artikel ini Diadona bantuin kamu ngumpulin tips agar jago memasak dari berbagai sumber yang dijamin akan berguna banget meningkatkan skill memasak kamu. Baca terus ya!

 

1 dari 11 halaman

Ilustrasi Membaca ResepIlustrasi Membaca Resep © unsplash.com / Annie Spratt

Manajemen Waktu

Bahkan memasak saja memerlukan manajemen waktu yang bagus lho! Perkirakan apa yang bisa dilakukan lebih dulu. Misalnya, pastikan semua bahan telah siap bahkan sebelum kompor menyala. Jangan sampai ketika minyak sudah panas, kamu masih sibuk menyiapkan bahan yang akan ditumis atau digoreng. Nah baru deh sambil menunggu masakan matang, kamu bisa membereskan sampah atau mencuci peralatan.

Baca Resep

Memang sih banyak makanan legendaris yang tercipta dari kesalahan memasak, tapi hal tersebut tak terjadi setiap kali kamu gagal membaca resep. Sebelum mulai memasak, baca resep secara menyeluruh dan jangan sampai terlewat satupun. Jangan sampai misalnya kamu baru sadar kehabisan suatu bahan ketika harus memasukkannya ke dalam masakan.

Baca Kolom Komentar pada Resep Online

Resep masakan di internet emang banyak sekali, tapi mana sih yang beneran berhasil dan enak? Agar memasak dengan menggunakan resep yangh tepat, jagan ragu untuk membaca kolom komentar dan mengetahui reviw dari orang-orang yang sudah memasaknya.

2 dari 11 halaman

Ciri Ikan Sudah Tidak SegarCiri Ikan Sudah Tidak Segar © shutterstock.com/Kathy Saelan

Gunakan Bahan Segar dan Berkualitas

Berkualitas tak berarti yang paling mahal, namun memiliki kondisi yang baik. Misalnya, bagian daging yang tepat sesuai dengan jenis masakan, bahan yang masih segar dan lainnya. Ingat, bahan yang nggak bagus nggak akan bisa diolah jadi makanan enak.

Cicipi Masakan

Jangan pakai kira-kira doang karena yah namanya manusia pasti bisa salah. Cicipi rasa untuk mengoreksinya lalu tambahkan bahan lain yang terasa kurang.

Tips agar jago masak lainnya adalah cicipi di setiap prosesnya. Rasa masakan berubah seiring dengan proses memasak. Misalnya nih masakan jadi lebih asin ketika airnya menguap dan lainnya.

3 dari 11 halaman

Cara Menghilangkan Kerak di WajanCara Menghilangkan Kerak di Wajan © shutterstock.com/sulit.photos

Catat Kesalahan Memasak

Kadang nih kita bisa menemukan resep yang oke, cara memasak enak atau tips super canggih secara tak sengaja. Biar nggak lupa, catat semuanya agar tidak lupa dan bisa jadi bahan belajar serta tips jago memasak di kemudian hari.

Perhatikan Wajan Anti Lengket

Wajan anti lengket bisa saja kehilangan kemmapuan anti lengketnya bila sudah lama digunakan. Ini bisa bikin beberapa masakan jadi 'signature'nya karena lengket di wajan. Jangan ragu buat menyisihkan sedikit demi sedikit uang belanja untuk mengganti wajan anti lengket di dapus, Moms!

Bila wajan berkerak, bersihkan ya karena kerak pada wajan bisa mempengaruhi rasa masakan hingga membahayakan.

4 dari 11 halaman

Tumis Bumbu Jangan Sampai GosongTumis Bumbu Jangan Sampai Gosong © /shutterstock.com/onairda

Tumis Bumbu Sampai Matang tapi Jangan Sampai Gosong

Menumis adalah cara termudah untuk mengeluarkan rasa terbak dan bahan-bahan. Gunakan minyak yang sudah panas dan aduk cepat bumbu agar tidak gosong. Bumbu yang belum matang sempurna akan menghasilkan rasa langu pada masakan sementara bumbu yang gosong menyebabkan rasa pahit.

Tumis Bawang Merah Terlebih Dahulu

Beberapa masakan diawali dengan proses menumis bawang merah dan bawng putih terlebih dahulu hingga harum baru ditambahkan dengan bahanlainya. Bila sebelumnya kamu memasukkan kedua bahan tersebut ke minyak panas secara bersamaan, sekarang ganti cara tersebut. Dalam tips agar jago masak, ternyata kamu harus memasukkan bawang merah atau bawangbombay terlebih dahulu kok sebab bahan ini membutuhkan waktu yang lebih lama untuk matang sementara bawang putih cenderung lebih cepat gosong.

5 dari 11 halaman

Tips Agar Jago MasakTips Agar Jago Masak © Rani George on Unsplash

Taburkan Tepung di Minyak untuk Mengurangi Cipratan

Minyak panas yang menciprat saat menggoreng adalah momok. Biar dapur nggak jadi medan perang, tambahkan sedikit tepung dalam minyak panas saat menggoreng.

Saat Membuat Nasi Goreng, Masak Telur Terlebih Dahulu

Sebelum menggunakan wajan untuk menumis bumbu nasi goreng, gunakan untuk membuat telur dadar, ceplok atau telur orak-arik terlebih dahulu. Ternyata ini bukan hanya untuk efisienai memasak dan meminimalkan cucian nih, tapi ternyata juga bisa membuat bahan nasi goreng tidak menempel di wajan.

Gunakan Nasi Pera Ketika Membuat Nasi Goreng

Meskipun bumbu yang digunakan sudah pas, nasi nasi goreng akan terasa kurang bila nasi menggumpal. Tips agar jago masak nasi goreng yakni dengan menggunakan nasi dari beras pera. Tak memilikinya di rumah, kamu bisa menggunakan nasi kemairn yang sudah disimpan di kulkas.

6 dari 11 halaman

Tips Agar Jago MasakTips Agar Jago Masak © shutterstock.com/ColorMaker

Bumbu Makanan dari Jarak Jauh untuk Memastikan Semua Komponen Merata

Aksi Salt Bae yang menaburkan garam dengan gaya nya yang khas ternyata bukan tanpa alasan lho! Tips jago memasak yang mungkin baru kamu ketahui adalah bahwa bumbu-bumbu memang sebaiknya ditaburkan dari jarak yang agak jauh dari masakan untuk memastikan semua komponennya merata. Nggak, nggak sejauh jarak antara kamu dengan dirinya kok.

Bila bumbu ditaburkan secara 'lokal', ada kemungkinan bahan tersebut tidak tercamur dengan rata.

Jangan Terlalu Sering Membalikkan Makanan di Wajan

Kecuali tercantum dalam resep, membolak-balikkan bahan saat digoreng sebenarnya tidak disarankan. Biarkan mereka matang dengan tenang ya!

7 dari 11 halaman

Tips Jago Masak Daun Singkong agar Tetap HijauTips Jago Masak Daun Singkong agar Tetap Hijau © shutterstock.com/Ryan Wijaya Tan

Agar Sayur Tetap Hijau, Tumis di Api Besar

Kadang untuk mendapatkan hasil tumisan sayur yang empuk, harus dibayar dengan warna sayur yang tidak lagi hijau segar. Ada tips dari Ihdanas nih agar sayuran tetap hijau segar yakni oseng menggunakan api besar. Selama menumis, fokus untuk mengaduk tumisan dan jangan sampai meleng ya! Trus dalam menumis kangkung misalnya, tak perlu menambahkan air pada masakan karena bahan akan mengeluarkan kandungan airnya.

Masak Daun Singkong dengan Baking Soda atau Garam

Penasaran nggak sih dengan masakan daun singkong di warung yang nampak hijau tapi empuk? Ternyata tips agar jago masak daun singkong terletak pada penambahan baking soda dan garam saat merebusnya.

Cukup dengan menambahkan 1 sendok teh baking powder ke dalam 1000 ml air rebusan, daun singkong akan tetap hijau meskipun telah matang. Penambahan garam juga erguna menetralisir bau tak sedap, membuat tekstur menjadi empuk, dan rasa daun singkong menjadi lebih gurih. Garam ditambahkan beberap saat sebelum daun singkong matang.

Yang terpenting adalah pilih daun singkong yang masih muda ditandai dengan warnanya yang masih hujai terang dan bukan gelap.

8 dari 11 halaman

Cara Memasak Daging Biar EmpukCara Memasak Daging Biar Empuk © 2022 Shutterstock/Seagull

Metode 5-30-7 untuk Mengempukkan Daging Tanpa Bahan Tambahan

Parutan nanas dan daun singkong kerap dijadikan bahan pengempuk daging, namun ternyata ada metode lain bila saat sedang tak ada kedua bahan tersebut lho! Caranya yakni dengan merebus daging di air mendidih selama 5 menit dalam keadaan panci tertutup.

Selanjutnya matikan api, diamkan daging selama 30 menit di panci tertutup. Lalu hidupkan kembali kompor selama 7 menit. 

Cara ini selain praktis juga hemat gas, cocok untuk olahan daging rebus.

Rendam Ikan Asin dengan Garam

Takut masak ikan asin karena takut terlalu asin? Caranya yakni rendam dengan air yang sudah diberi garam selama beberapa saat. Lho kok begitu? Ini terjadi dengan memanfaatkan fenomena difusi cairan di mana cairan dengan konsentrasi tinggi akan menuju cairan berkonsentrasi rendah,

Kadar garam yang tinggi dalam tubuh ikan asin akan berdifusi keluar menuju cairan garam. Perlu dicatat untuk tidak menggunakan garam dalam julah besar ya! Atau kalau kamu ragu dnegan cara berikut, ganti air garam dengan air panas.

9 dari 11 halaman

Tips Agar Jago MasakTips Agar Jago Masak © shutterstock.com/BAZA Production

Gunakan Lebih Banyak Bawang Putih

Seorang pengguna Quora menyebut kalau menggunakan lebih banyak bawang putih dibanding bawang merah saat membuat tumisan bisa bikin rasa masakan jadi lebih sedap. Tambhakan juga daun salam serta lengkuas.

Menggoreng Bumbu untuk Sambal? Masukkan Terasi di Bagian Akhir

Untuk membuat sambal matang, biasanya bahan yang digunakan digoreng terlebih dahulu terutama terasi. Tipsnya, jangan masukkan terasi bersamaan dnegan bahan lain karena terasi cenderung cepat matang dan gosong. Tambahkan terasi di bagian akhir ketika mengoreng bahan atau ketika kompor sudah mati. Minyak yang masih panas secara tidak langsung akan mematangkan terasi. Cabe rawit meletus ketika digoreng? Belah jadi dua dulu ya.

Geprek Bawang Putih saat Membuat Tumisan

Alih-alih diiris doang atau diulek, geprek bawang putih saat membuat tumisan. Dengan menggepreknya, kuah tumisan akan memasuki relung bawang putih, menjadikannya sangat lezat ketika kamu mengunyahnya.

10 dari 11 halaman

Tips Agar Jago MasakTips Agar Jago Masak © shutterstock.com/Anton Chernov

Gunakan Lada dalam Bentuk Asal

Lada bubuk memang lebih simple namun ternyata dalam tips agar jago masak, gunakan lada dalam bentuk asalnya lalu masukkan ke grinder. Saat memasak, giling lada tepat di atas masakan. Lada ini disebut lebih murni dan lebih menghasilkan cita rasa masakan yang sedap.

Tambahkan Sedikit Gula pada Sambal

Saat memasak sambal, masukkan sedikit saja gula pasir dalam bahan. Rasa manis dalam gula ini akan menyeimbangkan rasa pedas pada sambal dan membuatnya lebih gurih.

11 dari 11 halaman

Cara Membuat Ayam KrispiCara Membuat Ayam Krispi © 2020 recipe30.com/

Baking Soda atau Baking Powder untuk Membuat Ayam Tepung Lebih Krispi

Kunci dari bagian luar yang krispi sebenarnya pada ayam goreng tepung sebenarnya bukan hanya terletak pada tepungnya namun juga penggunaan kedua bahan tersebut. Keduanya merupakan

Saat baking powder dicampurkan dengan cairan seperti air, ia akan melepaskan gelembung karbon dioksida yang menyebabkan makanan yang dipanggang dan lainnya naik.

Saat soda kue dicampur dengan bahan asam, ia melepaskan gas karbon dioksida. Gelembung yang dihasilkan akan menyebabkan makanan mengembang. Soda kue akan membuat kue mengembang dan kue menjadi renyah.

Apa perbedaan keduanya? Baking powder digunakan untuk resep yang tidak mengandung bahan asam seperti lemon, buttermilk, atau yogurt, berbeda dengan baking soda. Baking soda memiliki kekuatan tiga hingga empat kali lipat dibandingkan dengan baking powder jadi hati-hati ya ketika menggunakannya.

Mana yang terbaik untuk membuat ayam krispi?

Soda kue atau baking powder bisa digunakan dalam adonan saat memasak ayam goreng. Namun, kalau kamu menggunakan soda kue, pastikan adonan mengandung beberapa bentuk asam seperti buttermilk, yogurt, cuka, atau jus lemon untuk memulai reaksi kimia yang menghasilkan gelembung dan membuat ayam jadi krispi.

Perhatikan Suhu Memasak

Jenis resep yang berbeda membutuhkan teknik yang berbeda pula. Kalau kamu menggoreng sesuatu, tunggu sampai minyak benar-benar panas. Minyak yang masih hangat cenderung lebih mudah teserap ke dalam bahan makanan dan membuat makanan jadi cenderung berminyak. Tapi bila ingin menumis menggunakan mentega atau butter, gunakan suhu sedang sebab mentega memiliki titik panas yang rendah. Bumbu yang ditumis dengan mentega yang sangat panas bisa berakhir dengan gosong.

Nah kalau kamu sendiri punya tips agar jago masak ala kamu ngga?

Beri Komentar