5 Ciri Ikan Sudah Tidak Segar, Gampang Diamati

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Rabu, 2 November 2022 15:40
5 Ciri Ikan Sudah Tidak Segar, Gampang Diamati
Ciri ikan segar bisa dilihat dari insang, mata, tekstur daging dan juga sisiknya. Kalau sudah menemukan cirinya, langsung dibuang dan jangan diolah

Resep olahan ikan yang endeus banget udah di tangan, tapi semuanya akan percuma kalau ikan yang diolah sudah tidak segar. Terlebih bila kamu membelinya di pasar, hampir semua pedagang akan mengaku kalau ikan yang mereka jajakan baru saja ditangkap. Nah, kalua udah begini nih kamu harus tahu sendiri seperti apa ciri ikan yang sudah tidak segar.

Karena merupakan bahan protein tinggi dan mentah, ikan rawan terserang bakteri pembusuk. Proses penyimpanna ikan yang tidak tepat setelah ditangkap, cara kematian dan cara handling ikan yang tidak sesuai, berpotensi bikin ikan lebih cepat rusak.

Ikan yang udah nggak segar bukan cuman nggak enak disantap, tapijuga nggak baik buat kesehatan karena udah mengandung bakteri pembusuk. Buat kamu yang masih newbie urusan dapur dan memilih bahan di pasar, Diadona kasih petunjuk simple cara mengecek ciri ikan yang sudah tidak segar. Gampang banget deh!

1 dari 5 halaman

Berbau Busuk

Ciri Ikan Sudah Tidak Segar © Diadona

Ciri ikan sudah tidak segar ini bisa dengan mudah kamu notice bahkan tanpa menyentuhnya. Ikan memang umumnya berbau amis khas ikan. Namun bila sudah tidak segar, daging ikan akan megeluarkan aroma busuk menyengat.

Aroma ini tidak akan hilang walaupun sudah kamu bersihkan ikan dan balurkan garam atau jeruk nipis pada tubuh ikan. Kalau sudah begini nih sebaiknya ikan nggak kamu olah lebih lanjut karena selain mengganggu aroma dan rasa masakan, ikan sudah mengandung bakteri pembusuk yang tak baik buat kesehatan.

2 dari 5 halaman

Insang Berwarna Gelap

Coba buka titip insang dan lihat bagian dalam insangnya. Insang ini merupakan pusat darah mengambil oksigen dari dalam air. Saat ikan mati, peredaran darah atau hemoglobin ikan akan berhenti sehingga menyebabkan darah teroksidasi. Kemudian darah yang ada di insang ini akan mengalami perubahan warna dari merah segar ke merah gelap.

Makanya pada ikan yang masih segar, insang akan berwarna merah cerah sedangkan ciri ikan yang sudah tidak segar yaitu insang berubah jadi warna gelap. Semakin buruk kesegaran ikan, akan lapak lembaran insang mulai menyatu, kleuarnya bau busuk serta tertutup lendir di bagian permukaannya.

3 dari 5 halaman

Kelenturan Daging Ikan

Ciri Ikan Sudah Tidak Segar © Diadona

Coba deh bengkokkan tubuh ikan. Ikan yang masih segar akan lentur sehingga kembali ke bentuk semula setelah dibengkokkan. Kelenturan ini disebabkan karena belum terputusnya benangbenang daging.

Lain halnya pada ikan yang sudah busuk di mana benang-benang daging sudah putus dan dinding-dinding selnya banyak yang rusak. Ciri ikan yang sudah tidak segar adalah ketika tubuh ikan dibengkokkan maka akan mengikuti arah bengkokkan.

4 dari 5 halaman

Mata Ikan

Ciri ikan tidak segar juga bisa dilihat pada bagian matanya, Mata ikan yang sudah busuk akan tampak pudar, berkerut, cekung, korbena berwarna keruh. Pupil ikan yang sudah tidak segar cenderung berwarna putih susu. Bahkan pada ikan yang sudah lama, bagian hitam pada mata beserta bola matanya nampak tenggelam dan terlihat lendir kuning yang tebal.

Lain halnya dengan ikan segar yang menunjukkan kornea bening, pupil hitam, dan mata cembung menonjol.

5 dari 5 halaman

Tekstur Daging

Pernahkan kamu melihat orangorang memecet daging ikan sebelum meeblinya? Bukan tanpa alasaan sebab ciri ikan sudah tidak segar bisa kita lihat dari tekstur dagingnya.

Ikan yang masih segar akan terasa padat, kenyal dan ketika ditekan tak meninggalkan bekas. Sisik ikan segar aka menempel kuatpaada tubuh ikan. Lain halnya pada ikan yang sudah tidak segar. Saat ditekan, bekas jari pada ikan yang sudah busuk tidak akan hilang. Selain itu sisik ikan juga mudah terlepas.

Gampang banget kan mengenali ciri ikan tidak segar bahkan buat kamu yang masih pemula?

Beri Komentar