8 Tips Menyimpan Makanan Agar Tidak Mudah Rusak dan Malah Terbuang

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Rabu, 23 November 2022 12:45
8 Tips Menyimpan Makanan Agar Tidak Mudah Rusak dan Malah Terbuang
Cara menyimpan makanan agar tak rusak ternyata tak cukup hanya dengan ditempatkan di kulkas lho!

Memasak makanan sendiri di rumah merupakan salah satu cara hidup sehat sekaligus berhemat. Biar nggak bolak-balik ke pasar, sebagian besar orang memilih untuk membeli bahan makanan dalam jumlah banyak lalu menyimpannya di lemari pendingin. Namun bila tak tahu cara dan tips menyimpanan makanan agar tidak rusak, bahan makanan yang tak segera diolah tersebut hanya akan berakhir di tempat sampah. Yah, sayang banget kan?

Untuk menghindarinya, car tahu dulu nih gimana cara dan tips menyimpan makanan agar tidak rusak berikut ini.

1 dari 6 halaman

Gimana Cara Menyimpan Makanan yang Baik di Kulkas?

Cara Menyimpan Buah dan Sayuran di Kulkas © Diadona

Menyimpan makanan di kulkas tak boleh hanya sekedar meletaknnya di lemari pendingin, namun harus diseuaikan dengan jenis bahan makanannya. Contohnya, sayuran keras ditempatkan di rak kulkas paling atas sedangkan sayuran berdaun yang mudah busuk atau kering disimpan di bagia

Simpan Daun Aromatik di Freezer

Daun salam, daun jeruk dan daun bawang merupakan bumbu aromatik yang hanya dibutuhkan sedikit saja ketika memasak namun biasa beli dalam jumlah banyak. Maka kamu harus tau tips menyimpan bahan makanan ini agar tidak ruak dan awet tahan lama.

Tempatkan daun salam dan daun jeruk di wadah kedap udara secara terpisah dan tempatkan di freezer, begitu pula dengan daun bawng. Bedanya nih, kamu bisa motong daun bawang dalam ukuran kecil sesuai kebutuhan lalu simpan di freezer. Setiap kali akan digunakan, kocok wadah daun bawang maka sebagin potongannya akan saling terlepas dan bisa kamu gunakan.

Pisahkan Buah dan Sayuran

Tips menyimpan sayuran dan uah agar tidak cepat rusak yakni dengan tidak menyimpan keduanya di wadah yang sama. Alasannya, gas etilen yang dikeluarkan oleh buah matang bisa mengenai sayuran dan membuatya jadi cepat busuk.

Tempatnya buah dan sayur dan rak terpisah atau tutup sayur menggunakan wadah kedap udara.

Tidak Perlu Mencuci Buah dan Sayuran

Buah dan sayuran yang dibeli di pasar memang kemungkinan terkontaminasi kotoran seperti debu, serangga dan lainnya. Tapi dalam tips menyimpan bahan makanan ini agar tidak rusak, buah dan sayuran nggak perlu dicuci terlebih dahulu sebelum masuk ke kulkas. Hanya cuci ketika akan dikonsumsi atau dimasak.

Bia benar-benar kotor, kamu boleh mencucinya tapi pastikan air sisa mencuci harus benar-benar sudah hilang. Kamu bisa mengeringkan sayuran dengan menggunakan salad spinner atau diangin-anginkan lalu masukan ke dalam box dan tempatkan dalam kulkas. Bila tak benar-benar kering, sisa air akan menambah kandungan air pada bahan dan menyebabkan bahan makanan jadi cepat busuk.

Tempatkan Sayuran di Kulkas Sesuai Jenisnya

Biasanya sih kulkas punya 3-4 rak penyimpanan makanan dan gunakan rak ini sesuai dengan jenis makananmu. Contohnya nih rak bagian bawah yang memiliki suhu relatif rendah dan stabil sangat cocok untuk sayuran berdaun yang rentan busuk.

Rak bagian tengah cocok banget untuk menyimpan wortel, kacang panjang, kol, buncis dan lainnya. Trus bagian paling atas bisa kamu gunakan untuk menyimpan sayuran dengan kadar air tinggi, contohnya mentimun.

Dikutip dari berbagai umber, berikut ini cara menyimpan makanan agar tidak rusak:

2 dari 6 halaman

Sortir Sayuran

Cara Menyimpan Makanan Agar Tidak Rusak © Diadona

Sebelum memasukkannya sayuran ke kulkas, sortir dulu bagian sayuran yang bagus dan buang bagian yang telah jelek. Misalnya, sayuran yang menguning, busuk, atau terkena hama tanaman. Ini juga berlaku pada sayuran yang kamu beli di supermarket juga lho!

Potong bagian sayuran yang sudah busuk dan tidak bisa digunakan biar nggak merembet ke bagian yang segar.

Ulasan lebih detail tentang gimana caramenyimpan masing-masing bahan makanan ada di artikel food preparation berikut ini.

 

3 dari 6 halaman

Alasi Wadah Sayuran dengan Tissue

Tissue untuk Menyerap kelembaban Sayuran agar Tidak Mudah Rusak © Diadona

Agar penyimpanan lebih efektif, efisien dan sebagai cara penyimpanan makanan yang tidak mudah rusak, sayuran biasanya disiangi dari gagagngnya lalu ditempatkan dalam sebuah wadah kedap udara. Tempatkan tissue atau kain bersih di bagian dasar wadah untuk menyerap kelembaban dari sayuran yang membuatnya jadi lebih mudah busuk.

Ganti tissue tersbut beberapa hari sekali setiap kali tissue nampak basah. Atau kalau tak ingin rempongnih, kamu bisa menggunakan wadah dengan sekat saringan di bagian bawa sehingga air sisa penguapan sayurakan turun di bagian bawah box tanpa mengenai sayurannya.

4 dari 6 halaman

Simpan Produk Susu di Rak Paling Belakang

Cara Menyimpan Susu Agar Tidak Mudah Rusak © Diadona

Bila biasanya kamu meletkkan susu di pintu kulkas, maka mulai sekarang, stop kebasaan tersebut. Susu merupakan produk yang mudah rusak sementara itu pintu kulkas terutama di bagian bawah memiliki suhu yang tak begitu rendah.

Sebagai gantinya, simpan produk susu di rak kulkas paling belakang sebab tempat tersebut merupakan titik dengan suhu rendah.

5 dari 6 halaman

Bagi Bahan Per Porsi Masakan Sebelum Dibekukan

Agar Makanan Tidak Rusak, Simpan di Wadah Sesui dengan Porsi Masakan © Diadona

Bahan dging biasanya disimpan beku ebagai tips menyipan makanan agar tidak rusak. Alih-alih membekukannya dalam ukuran besarm sebaiknya bagi bahan per porsi masakan dan tempatkan di wadah yang berbeda. Mengapa demikian? Agar ketika memasaknya, kamu tak kerepotan ketika harus mencairkannya terlebih dahulu dan membekukan kembali bahan sisanya.

Fyi nih, mencairkan daging beku secara berulang bisa membuat daging lebih gampang rusak.

6 dari 6 halaman

Periksa Suhu Kulkas

Terakhir nih setelah menyimpan bahan makanan sesuai dengan jenisnya, pastikan kulkas dalam suhu yang tepat. Bila di dalam kulkas ternyata banyak bahan makanan, set kulkas dalam suhu agak tinggi. Sebaliknya bila kulkas sedan penuh dengan bahan makanan maka pastikan kulkas disetel dalam suhu minimal 5 derajat celcius atau lebih.

Pastikan makanan tersimpan dengan baik dan bnar untuk menghindari membuang makanan.

 

Beri Komentar