Tips Memilih Avokad Matang dan Pas untuk Dikonsumsi Kemudian Hari

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Kamis, 1 Desember 2022 19:55
Tips Memilih Avokad Matang dan Pas untuk Dikonsumsi Kemudian Hari
Proses pematangan buah avokad hanya tujuh hari setelah dipanen. Lebih dari itu, avocad akan busuk.

Coba hitung berapa kali kamu pulang dari pasar lalu ketika ingin menyantap avokad yang baru saja dibeli, ternyata buah ini belum matang dan belum bisa dikonsumsi? Tenang aja, kamu nggak sendiri kok karena tips memilih avokad matang tak semudah yang dibayangkan.

Avokad berbeda dengan buah lain yang bisa kita simpan di kulkas begitu didapatdari pasar atau dimatangkna di suhu luar lalu disimpan di suhu dingin. Proses pematangannya tergolong cepat yakni tujuh hari setelah avokad dipanen. Lebih dari waktu tersebut, avocad akan mengalami kerusakan, buah jadi lunak, hitam dan nggak bisa lagi dikonsumsi. Itulah mengapa harga avokad cenderung mahal, bukan?

Walau demikian tips memilih avokad pada tingkat kematangan tertentu masih bisa kita lakukan kok. Ciri-ciri yang paling penting untuk diperhatikan adalah warna, tekstur, dan keras daging buah. Tapi jangan hanya mengandalkan salah satu dari sifat-sifat ini. Untuk mendapatkan avokad yang sempurna, kamu membutuhkan ketiganya!

Bila kamu memilih avod yang belum matang dari pasar, pastikan untuk mengeceknay secara berkala ya!

1 dari 2 halaman

Tips Memilih Avokad © Diadona

Tips Memilih Avokad Matang

  • Amati warna kulit avokad. Apakah hijau, hijau tua atau hitam? Avokad yang matang akan memiliki warna kulit yang hijau tua hingga hampir hitam.
  • Rasakan avokad. Apakah kulitnya mulus? Ataukah bergelombang? Selain kulitnya yang berwarna hijau tua, avokad yang sudah matang juga akan memiliki kulit dengan tekstur bergelombang.
    Pencet avokad dengan lembut. Apakah keras? Apakah menghasilkan tekanan yang kuat dan lembut atau justru lembek? Tips memilih avokad yang matang yakni ketika ditekan akan terasda lembut tanpa meninggalkan lekukan atau rasa lembek.

Nah udah tahu dong gimana tips memilih avokad matang dan siap dikonsumi. Sekarang gimana dengan avokad yang baru bisa dimakan beberapa hari mendatang dan kamu ingin membelinya sekarang sebagai stok buah di rumah? Pantengi tips berikutnya.

2 dari 2 halaman

Tips Memilih Avokad Matang dalam 1-2 Hari

  • Pilih avokad yang berwarna hijau tua dan belang hitam.
  • Tekstur kulit harus sedikit bergelombang.
  • Saat ditekan, daging buah terasa agak keras.
  • Setelah satu atau dua hari di suhu ruangan, avokad ini akan matang dan siap dinikmati.

Memilih avokad siap makan dalam 3-4 hari:

  • Pilih avokad hijau. Kulit harus halus dan avokad kencang saat ditekan. Setelah beberapa hari, avokad ini akan matang dengan sempurna . Jangan lupa untuk melakukan pengecekan secara berkala ya!

Dengan tahu tips memilih avokad ini jdi nggak ragu buat membeli dan menyetoknya di rumah nih!

Beri Komentar