Resep Sayur Toge Tumis, Menu Makanan Super Praktis yang Gurih dan Lezatnya Selalu Nagihin Banget!

Reporter : Arifina
Senin, 29 April 2024 16:47
Resep Sayur Toge Tumis, Menu Makanan Super Praktis yang Gurih dan Lezatnya Selalu Nagihin Banget!
Bikinnya mudah, rasanya lezat abis!

Ingin memasak makanan super praktis? Resep sayur toge tumis ini bisa jadi pilihan yang tepat.

Meski terbilang sebagai menu makanan sederhana, sayur toge tumis ini menghasilkan cita rasa yang lezat, kaya akan vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh lho! Selain itu, toge juga rendah kalori dan lemak, cocok untuk dikonsumsi yang sedang diet nih!

Menyajikan hidangan sayur mungil satu ini juga dapat menjaga kesehatan tubuh keluarga. Sebab, sayur toge dapat meningkatkan kesehatan pencernaan dan sistem kekebalan tubuh.

 

1 dari 6 halaman

Resep Sayur Toge Tumis © Diadona

Memasak olahan sayur satu ini juga sangat mudah tanpa banyak bahan. Menu masakan praktis ini dibutuhkan bahan utama tauge atau toge yang merupakan sumber protein nabati baik.

Kemudian, diolah dengan berbagai bumbu-bumbu untuk menciptakan variasi rasa yang menarik dan lezat. Sayur toge tumis ini bisa kamu kreasikan dengan aneka bahan masakan lezat lainnya lho!

Misalnya, sayur toge tumis tahu, bakso, telur orak arik, sosis, brokoli, ikan teri, ebi, udang dan masih banyak variasi lainnya. Sayur toge tumis cocok dinikmati sebagai lauk nasi putih hangat atau sebagai pelengkap hidangan lainnya. Simak resepnya berikut!

 

2 dari 6 halaman

Resep Sayur Toge Tumis

Sayur kecambah atau toge tumis ini dibuatnya sangat mudah. Tapi, pastikan untuk selalu menyiapkan bahan-bahan berkualitas agar cita rasanya lezat.

Biasanya, dalam olahan tumisan ini yang digunakan adalah jenis toge atau kecambah kacang hijau. Namun, kamu bisa menggunakan jenis toge kedelai sesuai selara ya!

Bahan-Bahan:

  • 200 gram toge
  • 6 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 4 buah cabe merah
  • 4 buah cabe rawit (sesuai selera)
  • 1/2 buah tomat merah
  • 1 sdm saus tiram
  • 1/4 sdt garam
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 30 ml air
  • Minyak goreng

 

3 dari 6 halaman

Cara Membuat Sayur Toge Tumis

Resep Sayur Toge Tumis © Diadona

Langkah awal, siapkan semua bahannya terlebih dahulu. Cuci bersih toge, lalu sisihkan.

Kemudian kupas dan cuci bawang merah, bawang putih dan cabe. Iris-iris tipis bawang merah, bawang putih, dan cabai. Sisihkan.

Panaskan sedikit minyak di wajan, tumis irisan bawang merah dan bawang putih sampai harum. Lalu, tambahkan irisan tomat, cabe merah dan cabe rawit. Aduk-aduk hingga harum dan tercampur rata.

 

4 dari 6 halaman

Masukkan toge yang sudah dicuci bersih. Besarkan api saat memasaknya. Aduk-aduk, lalu bumbui dengan saus tiram, garam, dan gula. Aduk-aduk sampai tercampur rata dan bumbu meresap.

Tuangi air, lalu biarkan sebentar hingga sedikit layu. Tambahkan irisan daun bawang, aduk-aduk, angkat.

Sayur toge tumis siap disajikan dengan nasi hangat, kerupuk, dan varian lauk makan lainnya nih! Kamu bisa menambahkan sayuran lainnya untuk kreasi masakan satu ini, seperti wortel, kol, brokoli, ataupun jamur, hingga bahan lauk lainnya sesuai selera ya!

5 dari 6 halaman

Resep Sayur Toge Tumis © Diadona

Jika ingin rasa yang lebih pedas, kamu bisa membuat sambal sebagai pendamping. Bisa juga menambahkan cabe rawit yang agak banyak agar didapati rasa pedas secara langsung.

Sangat mudah dan praktis bukan cara buatnya? Itulah resep sayur toge tumis yang bisa kamu recook sebagai olahan masakan sederhana untuk keluarga di rumah. Selamat mencoba ya!

Beri Komentar