Resep Tumis Oyong Bihun, Menu Masakan Rumahan yang Simple dan Rasanya Lezat Abis!

Reporter : Arifina
Selasa, 27 Februari 2024 19:07
Resep Tumis Oyong Bihun, Menu Masakan Rumahan yang Simple dan Rasanya Lezat Abis!
Buatnya cepat, bahannya pun mudah didapat! Yuk, cobain langsung resepnya!

Resep tumis oyong bihun bisa dijadikan kreasi masakan simpel di rumah yang menggugah selera. Oyong atau dikenal juga dengan sebutan gambas adalah salah satu jenis sayurang yang kerap diolag menjadi sayur bening.

Namun, dengan kreasi masakan, Oyong juga cocok untuk dijadikan olahan tumisan seperti tumis oyong bihun satu ini. Hidangan sederhana satu ini tidak hanya lezat, tapi juga kaya akan serat dan vitamin.

Mengkonsumi oyong sebagai menu makanan sehari-hari sangat baik untuk sistem pencernaan tubuh. Ditambah pula dengan bihun yang mengandung karbohidrat juga akan memberikan energi bagi tubuh lebih banyak lho!

1 dari 6 halaman

Resep Tumis Oyong Bihun © Diadona

Perpaduan oyong yang renyah dan bihun yang kenyal menghasilkan tekstur unik dengan cita rasa yang memuaskan dan bergizi. Kamu juga bisa menambahkan berbagai variasi topping, seperti bakso, telur, udang, sosis dan masih banyak lainnya untuk menambah cita rasa semakin menarik.

Tumis oyong bihun ini sangat mudah dan simpel dibuatnya. Selain bahan-bahannya yang mudah didapatkan di pasaran, memasak olahan sayur satu ini tak membutuhkan banyak waktu.

Tertarik mencobanya di rumah? Simak resepnya berikut yuk!

2 dari 6 halaman

Resep Tumis Oyong Bihun

Pastikan kamu memilih jenis oyong yang masih segar dan berkualitas sebelum diolah ya. Dijamin cita rasa masakan akan lebih nikmat!

Bahan-Bahan:

  • 2 buah Oyong
  • 1/2 bungkus bihun
  • 200 cc air matang
  • 2 siung bawang putih
  • 2 siung bawang merah
  • 1 sdm Palmia Margarin Serbaguna untuk menumis
  • Penyedap rasa secukupnya

3 dari 6 halaman

Cara Membuat Tumis Oyong Bihun

Resep Tumis Oyong Bihun © Diadona

Siapkan bahan-bahan untuk mengolah tumis oyong bihun. Iris-iris bawang putih dan bawang merah, lalu sisihkan terlebih dahulu.

Cuci bersih oyong, lalu potong-potong sesuai selera. Sisihkan dalam wadah lain.

Selanjutnya, siapkan teflon atau wajan, lalu panaskan di dalamnya margarin Palmia terlebih dahulu. Kemudian, masukkan irisan bawang putih dan bawang merah dan tumis sampai berbau harum.

Masukkan oyong dan air, lalu masak sampai dirasa matang dan terasa lembut. Tambahkan garam, lada dan penyedap rasa secukupnya, aduk-aduk sampai bumbu meresap.

4 dari 6 halaman

Sembari menunggu oyong dimasak, rendam bihun di air panas sejenak. lalu, tiriskan.

Setelahnya, coba koresksi rasa. Jika dirasa sudah pas tambahkan bihun ke dalamnya. Aduk-aduk perlahan sampai oyong dan bihun tercampur sempurna.

Jangan terlalu lama memasaknya, hanya sampai bihun sudah mulai matang lalu matikan kompor. Lalu, sajikan dalam piring saji.

Tumis oyong bihun siap dinikmati sebagai hidangan utama dengan keluarga nih!

5 dari 6 halaman

Tips Memasak Tumis Oyong Bihun Nikmat dan Kaya Rasa

Resep Tumis Oyong Bihun © Diadona

Untuk memperkaya rasa, kamu bisa menambahkan aneka toping pada olahan tumis oyong bihun lho! Sehingga masakan terasa lebih kaya rasa.

  • Gunakan api sedang saat menumis masakan, hal ini agar oyong tidak cepat matang dan gosong.
  • Tambahkan saus tiram atau saus sambal untuk menambah cita rasa yang nikmat.
  • Beri aneka topping, seperti sayuran hijau, wortel, sosis, bakso, ayam, udang dan bahan lainnya ke dalam tumisan agar lebih bervariasi.
  • Sajikan dengan nasi putih hangat dan sambal.

Itulah resep tumis oyong bihun yang bisa kamu recook di rumah. Menu masakan sederhana satu ini tak hanya lezat tapi juga bergizi yang praktis banget dibuat. Selamat mencoba!

Beri Komentar