Resep Kuah Bakso Sapi Rumahan, Gurih, Segar, dan Super Praktis Dibuat di Rumah

Reporter : Arifina
Senin, 4 Maret 2024 10:17
Resep Kuah Bakso Sapi Rumahan, Gurih, Segar, dan Super Praktis Dibuat di Rumah
Buat kuah bakso segar dan gurih ternyata praktis lho!

Resep kuah bakso sapi rumahan menjadi salah satu olahan utama untuk menikmati sajian bakso dengan nikmat. Bakso sapi merupakan salah satu kuliner khas Indonesia yang banyak difavoritkan.

Bentuknya yang bulat dengan tekstur kenyalnya daging membuat bakso sapi memiliki kelezatan yang sulit ditolak penikmatnya. Rasanya semakin nikmat dengan kuah bakso yang gurih dan menyegarkan.

Kuah bakso sapi bisa dibilang menjadi kunci utama dari hidangan satu ini. Rasa gurih dan dinikmati saat hangat membuat bakso sapi terasa pas dipadukan bersama.

 

1 dari 7 halaman

Resep Kuah Bakso Sapi Rumahan © Diadona

Jika kamu memiliki bakso frozen di rumah, tak perlu bingung membuat sajian kuahnya. Ternyata, kuah bakso sapi cukup praktis cara buatnya lho!

Dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah di temui di pasaran, kamu bisa banget menciptakan cita rasa kuah bakso sapi rumahan yang lezat dan menyegarkan.

Salah satu bahan utama untuk menciptakan cita rasa gurih dari kuah bakso sapi adalah penggunaan tulang kaki sapi. Bagian inilah yang bisa menciptakan rasa kaldu super nikmat, dengan tambahan bahan-bahan lain yang kaya rasa.

Langsung saja, simak resepnya berikut!

2 dari 7 halaman

Resep Kuah Bakso Sapi Sederhana

Kuah bakso yang gurih dan menyegarkan tentunya harus menggunakan bahan-bahan yang berkualitas ya. Semua pembuatan kuah ini dengan mudah bisa kamu dapatkan di pasaran lho!

Bahan-Bahan:

  • 5 siung bawang putih
  • 2 siung bawang merah
  • 2000 ml air
  • 1 buah tulang kaki sapi
  • 50 buah bakso sapi
  • 1,5 sdt garam
  • ½ sdt penyedap
  • ¼ sdt lada bubuk
  • Gula pasir
  • Minyak goreng

Bahan Pelengkap:

  • Daun bawang
  • Saos sambal
  • Sambal bakso
  • Bawang merah goreng
  • Lontong

 

3 dari 7 halaman

Cara Membuat Kuah Bakso Sapi Sederhana

Resep Kuah Bakso Sapi Rumahan © Diadona

Siapkan semua bahan-bahan terlebih dahulu. Lalu, mulailah dengan merebus air hingga mendidih.

Selanjutnya, masukkan tulang kaki sapi ke dalam rebusan air. Selama proses perebusan ini, pastikan untuk selalu membuang bagian busa-busa yang mengambang.

Busa-busa tersebut dihilangkan guna membuat tampilan kuah bakso sapi lebih bening dan bersih. Kemudian, masak tulang kaki sapi dan rebusan air dengan api kecil hingga berbentuk kaldu yang gurih.

 

4 dari 7 halaman

Sembari menunggu kuah kaldu matang, tumis bawang merah dan bawang putih utug. Lalu, haluskan dengan cara diuleg saja.

Masukkan bawang merah dan bawang putih yang sudah dihaluskan tersebut ke dalam air kaldu yang direbus. Aduk-aduk sampai kedua bahan tercampur rata dengan kaldu.

Bumbui lagi dengan lada, garam, penyedap rasa dan gula. Aduk-aduk sampai semuanya tercampur rata dengan sempurna.

Berikutnya, kamu bisa memasukkan bakso frozen yang kamu miliki ke dalam kuah kaldu. Masak hingga dirasa matang, lalu matikan api.

5 dari 7 halaman

Resep Kuah Bakso Sapi Rumahan © Diadona

Taburi kuah bakso sapi dengan bawang merah goreng dan irisan daun bawang. Kini, kamu sudah bisa menyajikan kuah bakso sapi lengkap untuk keluarga nih!

Siapkan mangkuk, masukkan potongan lontong dan bakso ke dalamnya. Beri taburan bawang goreng lagi dan daun bawang di atasnya dan siap disajikan.

Beri pelengkap seperti saus, sambal dan kecap untuk memperkaya rasa bakso sapi yang sudah kamu buat ya!

6 dari 7 halaman

Jika menginginkan cita rasa yang lebih manis, kamu bisa menambahkan sayuran dalam kuah bakso sapi lho! Tambahkan saja beberapa potongan wortel dan kentang untuk menambah variasi rasa lebih menarik.

Itulah resep kuah bakso sapi sederhana yang bisa kamu recook di rumah. Kini, menikmati bakso sapi juga bisa dengan mudah dilakukan bukan? Selamat mencoba ya!

Beri Komentar