28 Nama Makanan Khas Indonesia, Asal Daerah dan Gambarnya

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Kamis, 14 Juli 2022 15:15
28 Nama Makanan Khas Indonesia, Asal Daerah dan Gambarnya
Diantara nama makanan khas Indonesia ini, mana yang belum pernah dan pengen kamu coba?

Makanan khas Indonesia sangat beragam dan bagian dari nilai budaya. Kombinasi budaya, karakter masyarakat dan bahan alam setempat berpengaruh pada makanan khas dan asal daerahnya. Makanan ini biasanya diolah berdasarkan resep turun temurun, bahan yang digunakan berasal dari daerah setempat dan makanan yang dihasilkan juga sesuai dengan masyarakat setempat.

Sebenarnya ada banyak makanan khas dari masing-masing daerah. DAri pulau Sumatera saja ada lebih dari 40 makanan khas dan tradisional lho! Namun biasanya hanya satu makanan yang bila mendengar nama makanan khas tersebut kita akan langsung teringat dengan asal daerahnya. Misalnya, mie Aceh berasal dari Aceh, pempek dari Palembang dan makanan-makanan itulah yang akan kita bahas di artikel ini.

Sambil membayangkan bagaimana rasa dari makanan tersebut, yuk intip ulasan nama makanan khas dan asal daerahnya berikut ini

1 dari 6 halaman

Nama Makanan Khas dan Asal Daerah di Pulau Sumatera

Mie Aceh -Aceh

Makanan Khas Indonesia - Mie AcehMakanan Khas Indonesia - Mie Aceh © cookpad.com/Devina Hermawan

Meski terlihat sama dengan mie pada umumnya, mie Aceh identik penggunaan bahan rempah yang melimpah. Dalam resep tradisionalnya nih, makan khas Aceh ini menggunakan lebih dari 20 bahan rempah yang menjadikan cita rasanya sangat berbeda dibandingkan dengan mie lainnya.

Bika Ambon - Sumatera Utara

Ilustrasi Kue Bika AmbonIlustrasi Kue Bika Ambon © Asianinspirations.com.au

Meskipun nama makanan khas ini adalah bika ambon tapi asal daerahnya bukan berasal dari Ambon ya melainkan dari Sumatera Barat

Ternyata bukan tanpa sebab lho ada beda antara nama makanan khas dan asal daerahnya dari bika ambon ini. Bika Ambon yang berasal dari Medan dinamai demikian sebab menurut seorang budayawan dan sejarahwan, M Muhar Omtatok, kue ini pertama kali dijual dan populer di samping Jalan Ambon, Sei Kera Medan.

Rendang - Sumatera Barat

Ilustrasi rendangIlustrasi rendang © https://moondoggiesmusic.com/

Disebut sebagai salah satu makanan terenak di dunia, nama rendang berasal dari berasal dari bahasa Minang, yaitu randang. Yang dimaksud dengan randang yakti teknik memasak dengan merandang yang artinya mengaduk masakan dalam waktu yang lama sampa masakan jadi kering.

Gulai Ikan Patin - Jambi

Makanan Khas Indonesia - Gulai Ikan PatinMakanan Khas Indonesia - Gulai Ikan Patin © nadleny kitchen

Sebagai salah satu makanan khas Indonesia, gulai di setap daerah memiliki kekhasan sendiri-sendiri. Termasuk gulai ikan patin sebagai nama makanan khas yang berasal dari daerah Jambi. Bila pada umumnya gulai berbahan daging sapi atau ayam, Jambi punya gulai ikan patin.

2 dari 6 halaman

Nama Makanan Khas dan Asal Daerah di Pulau Sumatera

Pendap - Bengkulu

Ilustrasi Pendap BengkuluIlustrasi Pendap Bengkulu © https://www.pesona.trave.coml/

Sekilas, pendap nampak seperti pepes karena dibuat dengan cara yang sama. Cuma bedanya nih kalau pepes biasanya dibungkus dengan daun pisang, pendap sebagai nama makanan khas asal daerah Bengkulu ini menggunakan daun talas sebagai penyelimut. Tapi nggak satu lembar aja melainkan 10-15 lembar daun talas untuk membungkus pendap sebelum kemudian dibalut daun pisang.

Pempek - Sumatera Selatan

Ilustrasi Pempek PalembangIlustrasi Pempek Palembang © bukalapak.com

Mendengar nama pempek pasti kamu sudah tau tentang nama makanan khas dan asal daerahnya, bukan? Saking populernya, makanan ini bisa dengan mudah kamu temui di berbagai daerah.

Mie Bangka - Bangka Belitung

Ilustrasi Mie BangkaIlustrasi Mie Bangka © travelingyuk.com

Kamu pastisudah bisa menebak asal daerah dari mie Bangka hanya dari mendengar nama makanan khas ini, bukan? Yuk, mie bangka berasal dari Bangka Belitung. Perbedaan mie Bangka dengan mie lainnya terletak pada menu pendamping mie seperti tahu kok yakni sajian asli Bangka berupa tahu yang diisi adonan tenggiri, ada fukian, bakso ikan dan masih banyak lagi.

Seruit - Lampung

Ilustrasi seruit lampungIlustrasi seruit lampung © https://pesona.travel/

Seruit adalah nama makanan khas berasal dari daerah Lampung. Berbahan dasar ikan yang dibakar, seruit kemudian dicampur dengan olahan sambal terasi khas Lampung yang berisi tempoyak dan mangga. Seruit biasanya disajikan saat ada acara keluarga, pernikahan, acara adat, acara keagamaan, dan acara besar lainnya.

3 dari 6 halaman

Nama Makanan Khas dan Asal Daerah di Pulau Jawa

Sate Bandeng - Banten

Nama Makanan Khas - Sate BandengNama Makanan Khas - Sate Bandeng © shutterstock.com

Banten punya makanan khas yang berupa sate yang unik, yakni sate bandeng. Cara membuatnya beda dengan sate lainnya. Sate Bandeng dibuat dari ikan bandeng yang dihilangkan durinya, lalu dagingnya yang dihaluskan diberi bumbu, dan dimasukkan kembali ke dalam kulit ikan bandeng tadi. Nah makanan ini disebut dengan sate karena setelah daging dimasukkn ke kulitnya, ikan ditusuk atau dijepit tangkai bambu, kemudian dibakar di atas bara api.

Kerak Telor - DKI Jakarta

Nama Makanan Khas - Kerak TelorNama Makanan Khas - Kerak Telor © shutterstock/Ariyani Tedjo

Ngomongin kerak telor, kita langsung tahu dari mana asal daerah dari nama makanan khas ini. Kerak telor dibuat dari telur ayam atau bebek yang dimasak dengan ketan putih dan ebi sangrai. Yang menarik adalah cara memasaknya yakni telur yang dibalik ke arah arang saat adonan kerak telor sudah setengah matang.

Serabi - Jawa Barat

Ilustrasi Kue SerabiIlustrasi Kue Serabi © Indonesianculinary.tumblr.com

Beda dengan serabi lainnya, serabi sebagai nama makanan khas berasal dari daerah Sunda ini dimasak menggunakan tempat masak tradisional berbahan dasar tanah liat dan dimasak di atas bara dari kayu bakar.

Lumpia - Jawa Tengah

Nama Makanan khas indoneisaNama Makanan khas indoneisa © ganesh2013

Makanan khas dari Semarang, Jawa Tengah ini adalah perpaduan antara budaya Jawa dengan Tionghoa dan sudah ada selama ratusan tahun lamanya.

Gudeg - Yogyakarta

Nama Makanan Khas Indonesia - GudegNama Makanan Khas Indonesia - Gudeg © instagram.com/susan_gracia/

Saking populernya makanan khas dari Provinsi Yogyakarta dan Jawa Tengah ini, gudeg juga diproduksi secara industri untuk memenuhi kebutuhan konsumen dari berbagai daerah.

Rujak Cingur - Jawa Timur

Rujak CingurRujak Cingur © tastemade.com

Rujak cingur, makanan khas Jawa Timur dibuat dari irisan mulut atau moncong sapi yang direbus dan dicampurkan ke dalam hidangan rujak. Dalam penyajiannya, rujak cingur dibedakan dalam dua sajian yakni dengan menggunakan bahan matang seperti lontong, tahu, tempe, dan sayuran seperti kacang panjanga, kangkung dan kecambah atau penyajian biasa dengan bahan matang ditambah dengan beberapa jenis buah.

4 dari 6 halaman

Nama Makanan Khas dan Asal Daerah di Bali dan Nusa Tenggara

Ayam Betutu - Bali

Nama Makanan Khas Bali - Ayam BetutuNama Makanan Khas Bali - Ayam Betutu © shutterstock.com/Oen Michael

Sebelum dimasak dengan bumbu lengkap, daging ayam atau bebek dibungkus dulu dengan pelepah pinang atau daun pisang untuk menghasilkan aroma masakan yang lebih wangi. Trus bungkusan ayam ditanam masuk menuju lubang di dalam tanah dan ditutup menggunakan bara api tersebut lalu dibakar pada api sekam.

Ayam Taliwang - NTB

Ilustrasi Ayam TaliwangIlustrasi Ayam Taliwang © bppd-ntb.com

Nama makanan khas dari daerah Nusa Tenggara Barat adalah ayam taliwang yang dibuat dari ayam kampung muda yang dibakar kemudian dibumbui dengan semacam saus.

Kolo - NTT

Nama Makanan Khas - KoloNama Makanan Khas - Kolo © Twitter myXLCare

Kolo adalah hidangan nasi bakar yang merupakan makanan khas dari Nusa Tenggara Timur. Cara pembuatannya unik banget yakni dengan memasukkan beras, air dan bumbu ke dalam batang bambu muda lalu diletakkan berdiri di atas bara api.

5 dari 6 halaman

Nama Makanan Khas dan Asal Daerah di Pulau Kalimantan

Bubur Pedas - Kalimantan Barat

Bubur Pedas Melayu DeliBubur Pedas Melayu Deli © indonesian-medan-food.blogspot.com

Meskipun nama makanan khas yang berasal daer daerah Kalimantan Barat ini adalah bubur pedas, tapi rasanya cenderung gurih. Berbeda dengan bubur kebanyakan, cara membuatnya adalah dengan menyanggrai beras trsu ditumbuk dan ditumis bersamaan dengan bumbu dan sayuran.

Juhu Umbut Sawit - Kalimantan Tengah

Juhu Umbut SawitJuhu Umbut Sawit © myfavoritemyfood.blogspot.com

Juhu umut sawit adalah nama makanan khas favorit suku dayak yang ada di daerah Kalimantan Tengah. Nah aklau orang Jawa mengenal sayur rebung yang dibuat dari bongkol pohon bambu, sayuran ini dibuat dari bongkol pohon kelapa. Rasanya jauh lebih manis dari rebung sehingga masyarakat Dayak juga menyukainya walau tanpa dimasak.

Soto Banjar - Kalimantan Selatan

Wisata Kuliner Banjarmasin - Soto Banjar H Anang BapukahWisata Kuliner Banjarmasin - Soto Banjar H Anang Bapukah © 2021 lokadata.id

Indonesia punya beragam jenis soto dan salah satunya adalah soto Banjar yang lahir dari masyarakat Banjar di Kalimantan Selatan. Soto Banjar punya aroma dan rasa khas dari penggunaan rempah-rempah seperti kayu manis, biji pala, dan cengkih. Kadang ditambahkan juga sedikit susu untuk membuat kuahnya jadi sedikit keruh.

Ayam Cincane - Kalimantan Timur

Nama Makanan Khas - Ayam CincaneNama Makanan Khas - Ayam Cincane © instagram.com/ichasavitry/

Ayam Cincane khas Kalimantan Timur ini terbuat dari ayam kampung yang dibakar dan dibumbuhi dengan rempah-rempah khas Kalimantan Timur. Diantaranya bawang merah dan bawang putih, cabai, kemiri, terasi, jahe, lengkuas, santan dan gula merah yang membuat sajian ini berwarna kemerahan.

Kepiting Soka - Kalimantan Utara

Ilustrasi Kepiting SokaIlustrasi Kepiting Soka © https://www.merdeka.com/

Nama makanan khas yang berasal dari Kalimantan Utara adalah kepiting soka. Kepiting soka adalah jenis kepiting bakau yang memiliki cangkang lunak. Lunaknya ini bukan karena jenis cangkang yang berbeda dengan kepiting lainnya melainkan karena kepiting tersebut baru melewati tahap ganti kulit.

6 dari 6 halaman

Nama Makanan Khas dan Asal Daerah di Pulau Sulawesi dan Papua

Sop Konro - Sulawesi Selatan

Nama Makanan Khas - Sop KonroNama Makanan Khas - Sop Konro © instagram.com/cotomakassar.dgtimang/

Sop Konro khas Sulawesi Selatan adalah makanan berkuah pekat berbahan iga sapi atau kerbau. Sop ini punya rasa yang khas dari bumbu rempah yang meruah.

Sup Ikan Jantung Pisang - Sulawesi Tengah

Seperti namanya, sup ikan jantung pisang menggunakan ikan dan jantung pisang sebagai bahan utamanya. Makanan khas dari Sulawesi Tengah ini memiliki cita rasa asam yang pedas dan segar.

Lapa-Lapa - Sulawesi Tenggara

Nama Makanan Khas - Lapa-LapaNama Makanan Khas - Lapa-Lapa © zamrispedia.blogspot.com

Makanan khas Sulawesi Tenggara yang bernama Lapa-Lapa ini memiliki cita rasa khas gurih karena terbuat dari santan. Beras dimasak setengah matang dengan santan kelapa lalu setelah matang didinginkan dan dibungkus dengan janur kelapa, kemudian diikat dengan tali.

Binte Biluhuta - Gorontalo

Nama Makanan Khas - Binte BiluhutaNama Makanan Khas - Binte Biluhuta © via Reddoorz

Binte Biluhuta atau yang juga dikenal dengan sebutan Milu Siram adalah makanan khas provinsi Gorontalo. Sajian ini adalah kombinasi jagung, kemangi, dipadukan dengan ikan cakalang asap dan udang.

Tinutian - Sulawesi Utara

Nama Makanan Khas - TinutianNama Makanan Khas - Tinutian © shutterstock.com

Tinutuan juga dikenal dengan nama Bubur Manado, merupakan makanan khas Sulawesi Utara. Menu bubur ini menyehatkan karena memakai banyak campuran sayuran dan labu yang kaya nutrisi.

Papeda - Maluku dan Papua

Nama Makanan Khas - PapedaNama Makanan Khas - Papeda © Instagram/@maya.trianaa

Papeda merupakan bubur sagu makanan khas khas Indonesia yang berasal dari Maluku dan Papua. Makanan ini memiliki tekstur lengket menyerupai lem dan rasanya tawar. Namun seiring dengan perkembangan, makanan dikreasikan menjadi berbagai menu lezat.

Ada beragam makanan khas dari Papua Barat mulai dari kue lontar, papeda, sate ulat sagu, ikan bakar manokwari, dan masih banyak lagi. Yang berada di gambar ini adalah Ikan bakar Manokwari, ikan bakar yang kekhasannya didapat dari bumbu siram dari sambal mentah. Ikan yang biasa dipilih untuk dibakar adalah ikan tongkol, meskipun bisa juga menggunakan ikan jenis lainnya.

Makanan khas adalah bagian dari kebudayaan suatu daerah. Kamu sudah pernah coba yang mana?

Beri Komentar