35 Nama Makanan Khas Indonesia dari Pulau Sumatera Lengkap dengan Gambarnya, Kamu Sudah Coba yang Mana?

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Rabu, 29 Juni 2022 16:03
35 Nama Makanan Khas Indonesia dari Pulau Sumatera Lengkap dengan Gambarnya, Kamu Sudah Coba yang Mana?
Mengintip nama makanan khas Indonesia dengan gambarnya berikut ini tentu membuat kamu berandai-andai bagaimana kelezatannya

Nggak cuman nasi Padang aja nih tapi Sumatera punya banyak banget nama makanan khas dengan cita rasa yang menggoyang lidah. Dalam buku Kuliner Indonesia yang ditulis oleh Murdijati Gardjito, Rhaesfaty Galih Putri, Swastika Dewi , ada kemiripan pada makanan populer di tiap daerah di Sumatera. Hampir seluruh makana tersebut mengandung santan, meski terdapat variasi penggunaan bumbu.

Trus nih jumlah bumbu yang digunakan dalam beragam kuliner Sumatera setidaknya ada 128 macam. Semakin ke selatan, jumlah bumbu yang digunakan semakin sedikit. Ini nunjukin kalau semakin ke utara, makanan khasnya memiliki rempah yang lebih kaya. Kemungkikan ini karena adanya pengaruh dari makanan Timur Tengah dan India.

1 dari 9 halaman

Nama Makanan Khas Indonesia dari Aceh

Makanan khas daerah Aceh dikenal dengan cita rasanya yang sangat kental, hasil dari perpaduan budaya India dan Timur Tengah. Sajian khas Aceh lainnya secara lebih lengkap bisa kamu lihat di laman berikut ini ya!

Mie Aceh

Makanan Khas Indonesia - Mie AcehMakanan Khas Indonesia - Mie Aceh © cookpad.com/Devina Hermawan

Kelezatan makanan khas ini didapat dari perpaduan rempah kapulaga, jintan, kunyit, cuka, dan bahan lainnya. Mie Aceh akan lengkap bisa disajikan dengan acar mentimun dan emping.

Roti Canai

Makanan Khas Indonesia - Roti CanaiMakanan Khas Indonesia - Roti Canai © Taste.com.au

Adalah sejenis roti pipih dengan pengaruh India yang bisa ditemukan di beberapa negara di Asia Tenggara. Roti canai bisa ditemukan di rumah makan Aceh dan Suamtera Barat.

Gulai Kepala Ikan

Makanan Khas Indonesia - Gulai Kepala IkanMakanan Khas Indonesia - Gulai Kepala Ikan © via rasabunda.com

Salah satu menu favorit yang kerap dipesan di rumah makan Padang adalah gulai kepala ikan. Kuah gulai yang kental dan tekstur daging kepala ikan yang lembut membuat setiap orang ketagihan saat menyantapnya dengan nasi panas dan sambal hijau.

Ayam Tangkap

Makanan Khas Indonesia - Ayam TangkapMakanan Khas Indonesia - Ayam Tangkap © ResepKoki

Ayam Tangkap adalah sajian yang dibuat dari bahan daging ayam muda yang digoreng kering bersama cabai hijau dan daun teumura. Saat dihidangkan, ayam tangkap ini perlu ditutupi tumpukan daun kari.

Sie Itek

Makanan Khas Indonesia - Sie ItekMakanan Khas Indonesia - Sie Itek © Umayenr

Sie itek dibuat dari bahan dasar bebek atau itik yang diolah dengan bersama dengan rempah-rempah. Ada dua jenis sie itek yakni kuah sie itek merah yang ditambahkan cabai dan merica sedangkan sie itek putih yang ditambahkan kemiri.

Engkot Keumamah (Ikan Kayu)

Makanan Khas Indonesia - Engkot KeumamahMakanan Khas Indonesia - Engkot Keumamah © tripzilia.id

Dinamai demikian sebab olahan ikan ini memiliki tektur yang keras seperti kayu yang telah melalui proses penjemuran dan pengasapan, hingga berwarna coklat tua dan kehitaman. Makanan khas Indonesia dari Aceh ini bisa bertahan lama lho.

2 dari 9 halaman

Nama Makanan Khas Indonesia dari Sumatera Utara

Mie Gomak

Makanan Khas Indonesia - Mie GomakMakanan Khas Indonesia - Mie Gomak © shutterstok.com

Sajian dari khas dari tanah Batak Toba ini sering disebut dengan spageti Batak karena bentuknya yang mirip dengan spageti Itali. Mie ini terbuat dari mi lidi berkuah santan bumbu andaliman.

Soto Medan

Makanan Khas Indonesia - Soto MedanMakanan Khas Indonesia - Soto Medan © instagram.com/lina_wijayaa

Persamaannya dengan soto Jawa adalah sama-sama menggunakan daging ayam dan kunyit untuk menghasilkan kuah kuning. Yang membuatnya berbeda adalah soto Medan menggunakan santan sehingga tekstur kuahnya lebih kental dan berwarna kuning pekat.

Arsik Ikan Mas

Makanan Khas Indoensia - Arsik Ikan MasMakanan Khas Indoensia - Arsik Ikan Mas © instagram.com/qiutin.kitchen/?

Aneka rempah dan bahan unik seperti andaliman, asam patikala, bunga kecombrang, serta lokio membuat ikan mas berbumbu kuning khas Batak ini terasa tak ada duanya.

3 dari 9 halaman

Nama Makanan Khas Indonesia dari Provinsi Riau

Posisinya yang berdekatan dengan Malaysia dan Singapura membuat Riau secara kultural juga banyak dipengaruhi dengan kebudayaan Melayu. Makanan khas Indonesia dari Riau lainnya bisa kamu lihat di laman berikut ini yah!

Gulai Ikan Patin

Makanan Khas Indonesia - Gulai Ikan PatinMakanan Khas Indonesia - Gulai Ikan Patin © nadleny kitchen

Sajian ini berkuah kental kemerahan dengan potongan daging patin yang cukup besar. Rasanya pedas dan gurih dan saking populernya, kamu bsia dnegan mudah menemukannya di berbagai rumah makan.

Gulai Belacan

Makanan Khas Indonesia - Gulai BelacanMakanan Khas Indonesia - Gulai Belacan © asianfoodnetwork.com

Adalah makanan khas Riau berbahan dasar udang yang dimasak sebagai gulai dengan berbagai bumbu halus rempah dan juga terasi. Selain udang, gulai ini juga biasa dibuat dari daging ayam dan ikan.

Mie Sagu

Makanan Khas Indonesia - Mie SaguMakanan Khas Indonesia - Mie Sagu © SHUTTERSTOCK/Riddick Evander

Seperti namanya, mie sagu adalah mie yang dibuat dari tepung sagu dari pohon sagu. Secara karakteristik sih tentu berbeda dengan mie yang terbuat dari terigu ya, yakni berukuran lebih besar dan lebih transparan. Teksturnya pun juga lebih kenyal. Ada dua jenis mie sagu sebagai makanan khas Indonesia, yakni mie sagu Pontianak dan mie sagu Riau.

Ciri khas Mie Sagu dari Riau adalah ditambahkan ikan bilis alias ikan teri untuk menambah tekstur dan rasa dan disajikan dengan potongan kucai dan tauge.

4 dari 9 halaman

Nama Makanan Khas Indonesia dari Provinsi Lampung

Provinsi ini dialiri oleh enam suangia besar dan puluhananak suangi, memberika hasil panen perikanan yang melimpah. Maka tak heran bila olahan mendominasi makanan khas Indonesia dari Lampung.

Seruit

Makanan Khas Indonesia - SeruitMakanan Khas Indonesia - Seruit © Pesona Indonesia

Seruit, makanan khas Indonesia dari Lampung ini dibuat dari ikan bakar yang dicampur dengan berbagai sambal terasi khas kota Bandar Lampung, seperti tempoyak ataupun mangga. Seruit sering dihidangkan saat ada acara keluarga, pernikahan, acara adat serta acara keagamaan.

Umbu

Makanan Khas Indonesia - UmbuMakanan Khas Indonesia - Umbu © https://blog.reservasi.com/

Sekali mencobanya mungkin kamu tak kana pernah lupa. Umbu dibuat dari rotan yang masih muda. Umbu bisa menjadi lalapan dan juga bisa menjadi bahan dasar sayur atau bahan campuran masakan lainnya seperti oseng, sayur santan, dan masih banyak lagi.

Gulai Taboh

Makanan Khas Indonesia - Gulai TabohMakanan Khas Indonesia - Gulai Taboh © shutterstock.com/ynameisfikaabbas

Adalah makanan khas Lampung serupa dengan gulai ikan yang biasa kita kenal. Hanya saja gulai taboh ini ditambahkan dengan belimbing sehingga rasanya lebih segar.

 

5 dari 9 halaman

Nama Makanan Khas Indonesia dari Provinsi Sumatera Barat

Soto Padang

Makanan Khas Indonesia - Soto PadangMakanan Khas Indonesia - Soto Padang © instagram.com/cheche_kitchen/

Merupakan salah satu jenis soto nusantara dengan kuah bening dan tampilan sederhana yang kaya rasa. Sajian ini beda dengan makanan khas Sumatera lainnya yang kebanyakan dibuat dari santan ataupun gulai. Beda dengan soto daerah lain, soto Padang menggunakan potongan daging sapi yang digoreng.

Gulai Itiak Lodo Mudo

Makanan Khas Indonesia - Gulai Itiak Lodo MudoMakanan Khas Indonesia - Gulai Itiak Lodo Mudo © cookpad.com/Santi Agnesi

Itiak Lado Mudo atau bebek cabai hijau menghadirkan sensasi pedas gurih olahan bebek atau itik yang mantap banget. Ini adalah makanan khas dari Ngarai, Bukittingi.

Udang Kipas Balado

Makanan Khas Indonesia - Udang Kipas BaladoMakanan Khas Indonesia - Udang Kipas Balado © instagram.com/nr_ranee/

Udang kipas adalah sejenis udang yng berukuran besar seperti lobster dengan rasa yang enak banget. Apa jadinya bila dimasak dengan bumbu balado? Makanan khas Padang ini nampak menggiurkan sekali ya!

Sate Padang

Makanan Khas Indonesia - Sate PadangMakanan Khas Indonesia - Sate Padang © shutterstok.com

Apa bedanya dengan sate Madura? Sate Padang menggunakan daging sapi, lidah, atau jerohan dengan bumbu kuah kacang kental. Nama makanan khas Indonesia ini juga dibedakan lagi menjadi sate Padang Pariman dengan sate Padang Panjang dengan tampilan dan rasa yang berbeda.

Ayam Pop

Makanan Khas Indonesia - Ayam PopMakanan Khas Indonesia - Ayam Pop © shutterstock.com/AS Food studio

Cara membuatnya memang dengan digoreng, terlihat berwarna pucat seperti belum dimasak. Ini karena sebelum digoreng, ayam pop direbus dengan air kelapa dan dibumbi dengan bawang putih cincang.

Rendang

Makanan Khas Indonesia - RendangMakanan Khas Indonesia - Rendang © shutterstok.com/Ika Rahma H

Sebenernya sih nama makanan khas Indonesia ini nggak merujuk pada sajiannya, melainkan pada teknik memasak yakni mengolah dan mengaduk masakan dalam waktu yang lama sehingga hasil masakan menjadi kering.

Dendeng Balado

Makanan Khas Indonesia - Dendeng BaladoMakanan Khas Indonesia - Dendeng Balado © shutterstok.com

Makanan khas Sumatera Barat ini terbuat dari daging sapi yang diiris tipis, digoreng, dan dilumuri dengan bumbu balado yang kaya akan rempah dan cita rasa pedas yang kuat.

Lontong Sayur

Makanan Khas Indonesia - Lontong Sayur khas PadangMakanan Khas Indonesia - Lontong Sayur khas Padang © instagram.com/lonsay.simpangtiga

Penampilannya memang hampir sama dengan lontongs ayur Betawi dan lainnya namun yang membedakannya yakni sambal lado merah serta taburan renyahnya kerupuk berwarna merah muda

6 dari 9 halaman

Nama Makanan Khas Indonesia dari Provinsi Sumatera Selatan

Pempek

Makanan Khas Indonesia - PempekMakanan Khas Indonesia - Pempek © Pinterest

Pempek adalah makanan khas Indonesia dari Sumatera Selatan yang kehadirannya kini bisa dengan mudah kita temukan di berbagai daerah di selkuruh Indonesia.

Pindang Patin

Makanan Khas Indonesia - Pindang PatinMakanan Khas Indonesia - Pindang Patin © instagram.com/wiwiek_salam/

Masakan ini merupakan khas Sumatera Selatan, tetapi masyarakat di berbagai daerah cukup familiar dengannya. Tekstur daging ikan patin yang lembut dipadukan dengan kuah bumbu kuning yang sedap.

Mie Celor

Makanan Khas Indonesia - Mie CelorMakanan Khas Indonesia - Mie Celor © instagram.com/matthewmaureen/

Penampilan mie celor, makanan khas Sumatera Selatan ini mirip dengan lo mie dari Tiongkok. Kuah mie terbuat dari kaldu yang berasal dari udang atau ebi, lalu dicampur dengan santan, susu, tepung terigu, dan bumbu lainnya sehingga teksturnya kental berwarna kekuningan.

Tekwan

Makanan Khas Indonesia - TekwanMakanan Khas Indonesia - Tekwan © instagram.com/pancikecilku/

Makanan ini merupakan singkatan dari kepanjangan “ Berkotek Samo Kawan” yang dalam bahasa Indonesia dapat diartikan menjadi “ mengobrol dengan teman”. Bentuknya bulat kecil yang dibuat dar campuran daging ikan dan tepung sagu, dimakan dengan kuah dari udang sehingga memiliki rasa yang gurih banget.

7 dari 9 halaman

Nama Makanan Khas Indonesia dari Provinsi Bangka Belitung

Kembung betelok

Makanan Khas Indonesia - Kembung betelokMakanan Khas Indonesia - Kembung betelok © yulichia88

Kembung betelok sebenarnya adalah ikan kembung utuh yang dikeluarkan duri, tulang, dan dagingnya secara berhati-hati. Daging ikannya kemudian dihaluskan dan dicampur dengan bumbu, santan, kocokan telur trus adonan tersebut dimasukkan ke ke dalam kulit ikannya kembali. Ikan yang udah 'dioperasi' ini kemudaian digoreng trus disajikan dengan sambal balacan. Dan asal kamu tahu nih kalau makanan khas Indonesia dari Bangka Belitung ini sudah mulai langka dan sulit ditemukan.

Lempah Kuning

Makanan Khas Indonesia - Lempah KuningMakanan Khas Indonesia - Lempah Kuning © instagram.com/bangreiichannel

Sajian ikan khas Bangka ini memadukan citarasa gurih, pedas, dan asam yang sangat lezat. Agar makin segar biasanya ditambahkan potongan nanas.

8 dari 9 halaman

Nama Makanan Khas Indonesia dari Provinsi Bengkulu

Lontong Tunjang

Ilustrasi Lontong TunjangIlustrasi Lontong Tunjang © http://drmoechiel.blogspot.com/

Lontong tunjang memadukan lontong dengan sayur khas Bengkulu yang dibuat dari bahan dasar nangka muda, buncis. Oh jangan lupa juga ada irisan tunjang dan kikil.

Gulai Pisang

Makanan Khas Indonesia - Gulai PisangMakanan Khas Indonesia - Gulai Pisang © shutterstok.com/Jirakan

Kalau gulai biasanya dibuat dari bahan protein hewani, gulai dari Bengkulu ini berbeda karena dibuat dari buah pisang.

Bagar Hiu

Ilustrasi Bagar HiuIlustrasi Bagar Hiu © travelingyuk.com

Katanya nih ini adalah sajian kesukaan Soekarno saat beliau diasingkan ke Bengkulu. Seperti nama makanan khas Indoensia ini, bagar hiu terbuat dari daging ikan hiu yang dicampur dengan bumbu khas dan direbus hingga matang.

9 dari 9 halaman

Nama Makanan Khas Indonesia dari Provinsi Jambi

Tak jauh beda dengan beberapa daerah lainnya di Sumatera, makanan khas Jambi mendapat pengaruh dari kuliner Melayu.

Tempoyak Ikan Patin

Makanan Khas Indonesia - Tempoyak Ikan PatinMakanan Khas Indonesia - Tempoyak Ikan Patin © instagram.com/leatutty_dapoq/

Tempoyak adalah hasil fermentasi dari buah durian, buah yang banyak dihasilkan di daerah tersebut. Tempoyak kemudian dicampur dengan rempah-rempah seperti kunyit, cabai merah, bawang putih dan bawang merah dan dimasak dengan ikan patin.

Nasi Gemuk

Makanan Khas Indonesia - Nasi GemukMakanan Khas Indonesia - Nasi Gemuk © shutterstok.com/dolphfyn

Bila melihat dari resep makanan khas Indonesia provinsi Jambi ini, nasi gemuk nampaknya seperti nasi uduk di Jawa. Nasi gemuk dibuat dari beras dicampur santan, daun salam, daun jeruk dan daun pandan. Sepiring nasi gemuk biasanya disajikan dengan teri goreng, kacang tanah goreng dan orek tempe.

Nasi Minyak

Makanan Khas Indonesia - Nasi MinyakMakanan Khas Indonesia - Nasi Minyak © Wikipedia

Kalau nasi uduk biasanya dibuat menggunakan santan kelapa, daun salam, serai, cengkih, dan tambahan daun pandan, nasi lemak cuman menggunakan santan kelapa, daun pandan, dan serai sebagai bahan utama di samping nasi.

Makanan khas Indoensia dari Sumatera umumnya memiliki bumbu yang kuat dari rempah melimpah. Bahan olahnnay juga beragam, meski bahan ikan masih menjadi yang paling banyak digunakan. Kamu sudah coba yang mana aja?

Beri Komentar