Buah-Buahan Ini Ternyata Bisa Mengempukkan Daging, Dijamin Gak Bakal Alot

Reporter : Bagus Prakoso
Senin, 11 Juli 2022 19:55
Buah-Buahan Ini Ternyata Bisa Mengempukkan Daging, Dijamin Gak Bakal Alot
Agar daging tak alot, coba marinasi dengan beberapa buah-buahan ini.

Idul Adha erat kaitannya dengan daging Qurban. Momen Idul Adha ini menjadi momen yang tepat untuk memasak dan menyantap daging.

Agar momen santap daging jadi lebih nikmat, memasak daging Qurban juga harus dilakukan dengan cara yang tepat pula. Gak mau dong saat menyantap daging Qurban malah gak nyaman karena daging terlalu alot.

Nah, ternyata ada beberapa buah-buahan yang bisa membuat daging menjadi lebih empuk. Dilansir diadona.id dari berbagai sumber, berikut adalah buah-buahan yang bisa mengempukkan daging.

1 dari 9 halaman

1. Nanas

NanasNanas © freepik.com/jcomp

Buah Nanas ternyata juga bisa mengempukkan daging. Melansir dari berbagai sumber, Nanas memiliki enzim bromelin yang termasuk jenis enzim protease yang dapat memutuskan ikatan peptida pada protein.

Terputusnya ikatan peptida pada protein menyebabkan hidrolisis atau degredasi protein sehingga menjadi potongan-potongan peptida atau bentuk lebih sederhana dari protein. Enzim bromelin ini juga bekerja pada jaringan kolagen yang mana adalah protein pada jaringan ikat, protein miosin, protein miofibrilar, atau serabut daging. Karena hal inilah yang membuat buah nanas diyakini bisa mengempukkan daging.

Caranya cukup campurkan parutan buah nanas ke dalam potongan daging, lalu dimarinasi selama 10-20 menit saja. Untuk jenis nanasnya juga perlu diperhatikan agar tak mengubah rasa dagingnya.

2 dari 9 halaman

2. Pir

Buah PirBuah Pir © freepik.com/azerbaijan_stockers

Buah Pir juga dipercaya bisa mengempukkan daging. Buah pir sendiri biasanya dibuat marinasi untuk mengolah sajian Bulgogi khas Korea. Hasil maksimal bisa kamu dapat jika memarinasinya semalaman.

3 dari 9 halaman

3. Mangga

ManggaMangga © freepik.com/jcomp

Mangga punya kandungan enzim actinida yang dipercaya bisa membuat daging makin empuk. Caranya, hancurkan buah, rendam daging beberapa menit sebelum dimasak. Setelah dimasak, nantinya daging buah mangga dapat memberikan aroma dan meningkatkan cita rasa daging.

4 dari 9 halaman

4. Kiwi

KiwiKiwi © freepik.com/jcomp

Kiwi punya kandungan zat bernama actinidin. Zat inilah yang membuat daging jadi lebih empuk.

Caranya, balurkan parutan atau cacahan buah kiwi ke seluruh permukaan daging, kemudian marinasi selama kurang lebih 20-30 menit. Setelah itu bilas bersih. Daging siap untuk diolah.

5 dari 9 halaman

5. Lemon

LemonLemon © unsplash.com/Julia Peretiatko

Kandungan asam yang tinggi dari lemon ini ternyata dipercaya dapat mengempukkan daging. Caranya cukup kucuri daging dengan air lemon. Kemudian marinasi daging selama 30 menit.

Kamu juga bisa menambahkan air lemon bersama susu cair atau yogurt ke dalam marinasi daging agar daging lebih moist.

6 dari 9 halaman

6. Jeruk

JerukJeruk © unsplash.com/Jen Gunter

Jeruk kerap jadi buah-buahan yang dipercaya bisa membantu mengempukkan daging. Caranya adalah lumuri daging dengan air perasan jeruk lemok atau sunkist. Diamkan selama 20-30 menit. Untuk menghilangkan bau amis, tambahkan juga parutan kulit jeruk ke dalam marinasinya.

7 dari 9 halaman

7. Pepaya

PepayaPepaya © unsplash.com/Debora Cardenas

Meskipun Pepaya tak memiliki kandungan asam yang cukup banyak, namun buah ini dipercaya bisa mengempukkan daging ayam, sapi, ataupun kambing.

Pada daging ayam, marinasi bisa dilakukan selama 4 jam. Sedangkan daging sapi atau kambing, butuh waktu yang lebih lama yakni sekitar 8 jam untuk hasil yang maksimal.

8 dari 9 halaman

8. Air Kelapa

Air KelapaAir Kelapa © unsplash.com/Tijana Drndarski

Air Kelapa dipercaya mampu membuat tekstur daging menjadi empuk. Tak hanya itu, air kelapa ini bisa memberikan cita rasa masakkan lebih gurih.

9 dari 9 halaman

9. Apel

Ilustrasi ApelIlustrasi Apel © freepik.com/pereslavtseva

Siapa yang menyangka jika buah apel ternyata juga punya khasiat untuk mengempukkan daging. Melansir dari berbagai sumber, daging yang dimarinasi menggunakan jus apel atau cuka apel dipercaya bisa menambah rasa daging jadi makin lezat.

Tips mengolahnya cukup mudah. Lumuri cuka sari apel atau jus apel beberapa jam sebelum daging diolah.

Beri Komentar