Gak Semistis Itu kok, 10 Jenis Bunga Ini Enak Dimakan dan Punya Banyak Khasiat!

Reporter : Nasa
Senin, 8 Juni 2020 11:35
Gak Semistis Itu kok, 10 Jenis Bunga Ini Enak Dimakan dan Punya Banyak Khasiat!
Serius nih, makan kembang atau bunga itu gak selalu berhubungan dengan hal mistis kok. Ya meskipun bikin kamu keinget terus sama adegan Suzanna pas makan kembang di film horor sih.

Gak cuma sedap dipandang dan cocok untu berbagai jenis hiasan. Bunga atau kembang ternyata juga bisa dimakan loh. Bahkan bunga disebut juga memiliki cita rasa khas yang menggoda dengan kandungan khasiat yang sangat baik bila dikonsumsi oleh manusia.

Mengacu dari berbagai sumber. Ternyata di Indonesia pun banyak banget jenis bunga yang bisa dimakan. Dan sepertinya sangat cocok dengan lidah orang Indonesia yang gemar memakan berbagai jenis sayuran dalam menu makanan sehari-hari.

Berikut ini merupakan 10 Jenis bunga yang enak dimakan dan punya banyak khasiat :

1 dari 10 halaman

1. Bunga Matahari

Ilustrasi Bunga Matahari © Diadona


Bunga yang satu ini sebenarnya lazim dikenal tak hanya sebagai bunga hias yang cantik. Namun juga bijinya yang bisa dikonsumsi oleh manusia. Tapi ternyata nih ya, bunga matahari juga disebut enak dimakan loh.

Bahkan ada sejumlah negara yang sudah sejak lama memanfaatkan kelopak bunga matahari sebagai campuran sup. Atau juga bisa sebagai bahan pengobatan. Kabarnya, bunga matahari bisa mengatasi penyakit tekanan darah tinggi, sakit kepala, sakit gigi, nyeri lambung, sampai dengan nyeri akibat menstruasi.

2 dari 10 halaman

2. Bunga Telang

Bunga Telang © Diadona
Bunga Telang ini buat sebagian orang sangat familiar dengan masa kecil. Lantaran bunga ini biasanya digunakan anak kecil sebagai pewarna ketika bermain masak-masak bersama teman-teman. Namun tahukah kamu kalau bunga telang sendiri juga bisa digunakan sebagai pewarna makanan sungguhan.

Penggunaan bunga Telang sebagai pewarna ini lazim ditemui di negeri Jiran Malaysia. Bunga telang yang disebut mengandung banyak anti oksidan ini biasanya digunakan untuk membuat nasi kerabu atau nasi biru. Yang memiliki cita rasa gurih dan cocok disandingkan dengan lauk pauk lengkap.

3 dari 10 halaman

3. Bunga Hibiscus (Bunga Sepatu)

Bunga Hibiscus (Sepatu) © Diadona
Kalau bunga yang satu ini gak beda jauh nih sama bunga telang yang sering dibuat mainan anak-anak. Namun, bunga Hibiscus atau bunga sepatu ini biasanya juga bisa diolah menjadi minuman teh yang menyegarkan dan menyehatkan loh.

4 dari 10 halaman

4. Bunga Rosella

Bunga Rosella © Diadona
Bunga Rosella beberapa tahun belakangan memang populer menjadi bahan pembuatan teh yang berkhasiat untuk kesehatan ya. Kabatnya nih, bunga Rosella mengandung berbagai jenis zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Mulai dari Vitamin C, vitamin A, protein esensial, kalsium dan 18 jenis asam amino. Bunga Rosella dipercaya bisa menyembuhkan berbagai jenis penyakit mulai dari penyakit jantung dan mengurangi kadar kolesterol dalam darah.

5 dari 10 halaman

5. Bunga Turi

Bunga Turi © Diadona
Nah kalau bunga turi ini familiar banget pasti di kalangan masyarakat Jawa. Soalnya nih ya, bunga turi ini memang sering digunakan sebagai pelengkap lalapan hingga pelengkap sayuran pada pecel sambal kacang di sejumlah daerah di Jawa.

Manfaat bunga turi ini disebut bisa mengobati sariawan, mengobati rabun senja, mengatasi disentri, melancarkan ASI, hinngga mengatasi demam, sakit kepala dan juga batuk pilek.

6 dari 10 halaman

6. Bunga Kecombrang

Liputan6.com © Diadona
Bunga Kecombrang, ini memiliki berbagai jenis sebutan. Mulai dari bunga kincung, honje, kantan, hingga sambuang ini disebut mengandung banyak sekali zat-zat bermanfaat. Yakni vitamin, anti oksidan, alkaloid, tanin, hingga flvonida.

Bunga yang satu ini biasanya digunakan sebagai bahan campuran seperti halnya masakan laksa khas Medan dan juga Gulai. Bunga kecombrang ini dipercaya bisa menyembuhkan penyakit kulit, melancarkan ASI, hingga menghilangkan bau tidak sedap.

7 dari 10 halaman

7. Bunga Anggrek

Bunga Anggrek © Diadona
Meskipun sangat cantik untuk dijadikan sebagai hiasan ruangan, bunga anggrek ternyata sangat cocok loh digunakan sebagai campuran makanan. Kabarnya, bunga anggrek memiliki cita rasa pedas dan teksturnya seperti mentimun.

Bunga anggrek bisa dijadikan sebagai acar hingga masakan tumisan. Karena kandungan khasiatnya, bunga anggrek disebut bisa digunakan sebagai penghilang stres, hingga untuk mengatasi gangguan saraf dan fungsi otak.

8 dari 10 halaman

8. Bunga Lavender

Bunga Lavender © Diadona
Bunga lavender gak hanya cocok digunakan untuk pewangi obat pembasmi serangga aja loh ya. Bunga berwarna violet ini bisa digunakan sebagai tambahan atau campuran es krim dan juga yogurt. Bunga yang satu ini disebut mengandung anti septik hingga anti bakteri.

9 dari 10 halaman

9. Bunga Melati

Bunga Melati © Diadona
Bunga yang menjadi lambang kesucian ini ternyata tak hanya sedap harum dan penampakannya saja. Bunga melati disebut mengandung berbagai jenis zat yang indole, linalcohol, asetat benzilic, alcohol benzilic, hingga jasmon.

Dengan mengonsumsi bunga melati secara rutin bisa membuat jerawat berkurang, menyeimbangkan kandungan gula darah., detoksifikasi, dan juga untuk menurunkan berat badan.

Bunga yang satu ini lazimnya dikonsumsi sebagai teh. Namun ada juga yang mengonsumsinya secara langsung seperti memakan lalapan sayur.

 

10 dari 10 halaman

10. Bunga Mawar

Bastani Sonnati Iran © Diadona
Nah kemudian yang terakhir adalah bunga mawar. Kalau bunga yang satu ini udah lazim banget ya dijadikan campuran makanan. Biasanya bunga mawar dijadikan sebagai campuran perasa sehingga bisa menghasilkan cita rasa manis yang harum nan khas.

Bunga mawar juga disebut mampu mengurangi risiko penyakit diabetes, jantung, hingga kanker loh. Di Iran, bunga mawar sendiri sudah sejak lama digunakan sebagai campuran es krim loh.

Nah itu di 10 jenis bunga yang enak dimakan dan punya banyak khasiat. Jadi kamu sepakat gak nih kalau makan bunga tak selalu berhubungan dengan hal mistis? Jangan segan sampaikan pendapatmu di kolom komentar ya.

Beri Komentar