5 Cara Menghilangkan Bekas Kunyit di Blender, Ternyata Gampang Banget!

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Kamis, 19 Januari 2023 19:31
5 Cara Menghilangkan Bekas Kunyit di Blender, Ternyata Gampang Banget!
ternyata menjemurnya di bawah sinar matahari bisa mengilangkan noda kunyit yang menempel dan susah pudar lho!

Apa yang paling menyebalkan dari proses pembuatan bumbu kuning atau jamu kunyit asam? Yep, cara menghilangkan bekas kunyit di blender yang susah susah gampang. Warna kuning kunyit tak jarang masih menempel di bagian kontainer yang tak hilang dengan pencucian biasa.

Bila dibiarkan, noda kuning ini akan menempel dan tentu saja merusak tampilan kontainer belnder yang berwarna bening. Yah, belnder jadi tak cantik lagi deh!

Warna kuning pada kunyit dihasilkan dari senyawa yang disebut kurkumin. Penelitian menunjukkan bahwa kurkumin punya banyak manfaat untuk tubuh, makanya kunyit kerap diolah sebagai jamu atau minuman kesehatan lainnya.

Namun meski punya manfaat beragam, memiliki rasa enak yang meningkatkan cita rasa dan tampilan masakan, warna kuningnya menempel dengan apapun yang kontak dengannya. Cara terbaik menghilangkan bekas kunyit di blender yakni dengan membersihkannya segera.

Namun bila tak kunjung lenyap, cara menghilangkan bekas kunyit di belnder bisa lakukan dengan beberapa langkah berikut :

1 dari 5 halaman

Memanfaatkan Cuka Dapur

Cara Membersihkan Bekas Kunyit di BlenderCara Menghilangkan Bekas Kunyit di Blender © shutterstock.com/Carey Jaman

Pertama, rebus sedikit air dan tambah dengan cuka dengan perbandingan 2 : 1, tuang di bagian kontainer belnder yang terkena noda kuning kunyit. Cuka menarik noda warna kuning dari permukaan blender semntara itu air panas bertugas untuk mempercepat proses penarikannya.

Diamkan selama semalaman dan cuci blender dengan sabun cuci piring serta air mengalir keesokan harinya.

2 dari 5 halaman

Menghilangkan Bekas Kunyit di Blender dengan Soda Kue

Dalam pembuatan roti, soda kue bertugas sebagai leavening agent atau membuat adonan mengembang. Namun dalam urusan perdapuran lainnya, fungsinya lebih luas lagi. Soda kue bisa ditambahkan saatt merebus daun singkong agar cepat empuk, membersihkan wajan yang berkerak hingga sebagai cara menghilangkan bekas kunyit di blender.

Caranya gampang banget. Bikin pasta soda kue dengan cara menyampurkan soda kue dengan air dnegan perbandingan yang sama lalu oleskan di bagian belnder yang berwarna kuning. Biarkan pasta ini mengering selama kurang lebih 15 menit lalu cuci dengan sabun dan air mengalir.

3 dari 5 halaman

Gunakan Hidrogen Peroksida

Cara Membersihkan Bekas Kunyit di BlenderCara Menghilangkan Bekas Kunyit di Blender © Prchi Palwe on Unsplash

Hidrogen peroksida dikenal dapat membersihkan nosa membandel di rumah, mulai dari bekas kerak air di stainless steel, sebagai pemutih, hingga disinfektan. Sebagai cara menghilangkan bekas kunyit di blender? Oh tentu saja bisa!

Kamu bisa membersihkan noda bandel ini dengan dua cara, yakni dengan menjadikan hidrogen peroksida sebagai pasta atau campur dengan air hangat.

pertama, campur bubuk hidrogen peroksida dengan air dalam jumlah sma hingga membentuk pasta lalu oleskan di bagian yang terkena noda kuning dan diamkan selama kurang lebih 15 menit. Bilas dengan air, cuci dengan sabun dan keringkan.

Cara kedua yakni dengan mencampurnya menggunakan air hangat lalu tuang cairannya ke dalam belnder. Diamkan selama beberapa saat dan cuci bersih dengan sabun. Penting untuk dingat kalau sebelum membersihkan noda kunyit dari blender dnegan menggunakan hidrogen peroksida, bagian pisau dan karet d dalamnya harus dilepas terlebih dahulu untuk mencegahnya dari kerusakan dan kemungkinan berkarat.

4 dari 5 halaman

Manfaatkan Asam di Dapur

Tak ada keempat bahan tersebut? Kamu bisa memanfatkan asam yang ada di dapur, seperti perasan jeruk lemon atau jeruk nipis. Caranya gampang banget yakni cukup tambakan dengan air dengan perbandingan 2 : 1 lalu diamkan selama beberapa saat.

Lanjutkan dengan mencucinya menggunakan sabun dan bilas dengan air mengalir.

5 dari 5 halaman

Jemur di Bawah Terik Matahari

Yup, kamu nggak salah baca. Kelihatanya emang aneh tapi sinar matahari juga bisa lho digunakan sebagai cara menghilangkan noda kunyit di blender?

Nggak ada salahnya mengombinasikannya yaitu dengan menggunakan salah satu teknik di atas terlebih dahulu trus menjemur belnder di bawah sinar matahari.

Cobain cara menghilankan bekas kunyit di blender di atas tru share hasilnya ya!

Beri Komentar