6 Cara Merebus Gula Merah Biar Kental, Manisnya Pas dan Dijamin Anti Gagal!

Reporter : Arifina
Senin, 15 Januari 2024 18:07
6 Cara Merebus Gula Merah Biar Kental, Manisnya Pas dan Dijamin Anti Gagal!
Begini triknya biar gula merah cair untuk campuran hidanganmu lebih kental dan manisnya pas!

Cara merebus gula merah biar kental tak bisa asal begitu saja. Gula merah atau disebut juga gula kelapa menjadi bahan makanan yang umum digunakan dalam berbagai resep tradisional.

Biasanya gula merah akan dicairkan untuk tambahan hidangan. Seperti kolak, bubur, es dawet, bahan pembuatan aneka kue, dan masih banyak lainnya. Salah satu teknik yang bisa dilakukan untuk menjadikan gula merah cair adalah dengan merebusnya.

1 dari 8 halaman

Cara Merebus Gula Merah Biar Kental © Diadona

Proses merebus gila merah ini dilakukan untuk mendapatkan konsistensi yang kental dan rasa yang pekat. Namun, dalam proses memasaknya bukan hanya sekadar mencampurkannya dengan air dan memanaskannya.

Diperlukan beberapa cara yang tepat agar hasil dari gula merah cair menjadi kental dan rasaanya pas. Berikut ini diadona.id rangkumkan cara merebus gula merah yang bisa kamu jadikan referensi nih!

2 dari 8 halaman

Siapkan Bahan yang Diperlukan

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk memulai pembuatan gula merah cair adalah menyiapkan semua bahan-bahan. Mulai dari pemilihan gula merah yang berkualitas baik.

Kemudian, diperlukan juga gula pasir untuk penambahan rasa manis. Ada juga daun pandan, untuk menambah aroma dan rasa yang lebih nikmat.

Siapkan juga garam dan air untuk proses perebusan gula merah. Garam dalam hal ini untuk memberikan rasa gurih pada gula merah cair. Lalu, siapkan panci, spatula, saringan halus dan wadah untuk penyimpanan.

3 dari 8 halaman

Hancurkan Gula Merah

Sebelum memulai perebusan, untuk mempermudah memasak sebaiknya hancurkan terlebih dahulu gula merah yang sudah kamu siapkan. Kamu bisa melakukannya dengan menyerut gula merah atau dipotong kecil-kecil.

Cara ini bisa membantu gula merah larut dengan lebih baik saat proses perebusan. Proses memasak gula merah cair juga akan lebih cepat dengan penghancuran bahan terlebih dulu.

Setelah proses penyerutan atau penghancuran gula merah ini dilakukan, kamu bisa memulai proses perebusan ya!

4 dari 8 halaman

Rebus Gula Merah dengan Api Kecil

Cara Merebus Gula Merah Biar Kental © Diadona

Proses perebusan gula merah harus dilakukan dengan api kecil. Cara ini untuk menghindari gula merah menjadi gosong.

Langkahnya, mulailah dengan memasukkan gula merah yang sudah diserut , gula pasir, daun pandan, dan sedikit garam ke dalam panci yang telah dipanaskan lebih dulu. Lalu, tambahkan air secukupnya untuk memulai perebusan.

Ditahap awal, gunakan api kecil dalam perebusan hingga gula merah dirasa mulai meleleh. Aduk perlahan untuk memastikan gula telah tercampur dengan air.

Terus aduk-aduk hingga mendidih dan memunculkan gelembung-gelembung di permukaan dalam proses perebusan gula merah ini ya!

5 dari 8 halaman

Atur Konsistensi Perebusan Gula Merah

Saat gula merah sudah mulai meleleh, maka kamu bisa mengatur intensitas panas api. Dalam kondisi ini, kamu bisa meningkatkan intensitas api sedikit demi sedikit.

Lakukan cara ini sambil mengaduk gula merah dan perhatikan konsistensi cairan. Jika ingin mendapatkan hasil gula merah cair yang kental, maka masaklah dengan waktu yang lebih lama.

Semakin lama proses perebusan, maka air akan menyusut dan menjadikan kristalisasi gula merah terbentuk lebih kental seperti karamel.

6 dari 8 halaman

Aduk-Aduk Gula Merah secara Konsisten

Proses pengadukan dalam perebusan gula merah ini penting untuk diperhatikan. Jangan membiarkan gula merah begitu saja saat proses perebusan sedang berlangsung.

Namun, selalu pastikan untuk terus melakukan pengadukan gula merah hingga proses memasak tuntas. Aduk terus gula merah hingga mendidih dan memunculkan gelembung di permukaannya.

Cara ini bertujuan untuk membuat gula merah tidak menggumpal. Proses mengaduk ini juga membantu memantau tingkat kekentalan dari gula merah yang dibuat.

7 dari 8 halaman

Lakukan Penyaringan

Cara Merebus Gula Merah Biar Kental © Diadona

Langkah penyaringan ini sejatinya opsional saja untuk dilakukan, Namun, melakukan penyaringan sesaat setelah gula merah dirasa matang dengan kekentalan yang pas bisa membuat tampilan lebih menarik.

Menyaring gula merah cair akan menjadikan tampilannya lebih bersih dan tidak keruh. Gunakan saringan cairan halus agar memudahkan memisahkan ampas pada gula merah yang direbus.

Namun, jika kamu tidak ingin menyaringnya cukup langsung didinginkan saja sebelum dimasukkan ke dalam wadah khusus ya! Gula merah cair siap digunakan.

Itulah beberapa cara merebus gula merah biar kental. Kamu bisa menggunakan gula merah cair ini untuk minuman es cendol, kolak, es dawet, tambahan es krim, kue, dan pembuatan hidangan lainnya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya!

Beri Komentar