7 Cara Masak Ontong Pisang yang Enak, Nikmat dan Dijamin Tidak Pahit

Reporter : Arifina
Jumat, 12 Januari 2024 16:00
7 Cara Masak Ontong Pisang yang Enak, Nikmat dan Dijamin Tidak Pahit
Memasak ontong pisang yang tepat perlu diperhatikan agar cita rasanya lezat dan tidak pahit.

Cara memasak ontong pisang yang enak perlu dilakukan dengan beberapa cara. Ontong pisang atau disebut juga jantung pisang menjadi salah satu bahan masakan yang dapat diolah menjadi berbagai variasi menu.

Namun, untuk menghasilkan hidangan makanan yang lezat dari olahan ontong pisang memang tidak mudah. Ontong pisang ini akan menjadi hidangan yang lezat jika cara memasaknya benar dan tepat.

Tapi, tak jarang makanan olahan jantung pisang ini menjadi kurang nikmat dan terasa pahit. Bahkan, masakan ontong pisang terkadang juga menjadi menghitam. Hal itu terjadi karena proses memasaknya yang kurang benar lho!

1 dari 9 halaman

Cara Memasak Jantung Pisang agar Tidak Hitam dan Resepnya © Diadona

Ontong pisang memiliki tekstur yang kenyal dan rasa yang manis, sehingga sering dijadikan sebagai bahan masakan. Bahan makanan ini dapat diolah menjadi berbagai macam masakan, seperti tumis ontong pisang, ontong pisang goreng, ontong pisang bakar, dan lain-lain.

Tidak hanya memiliki rasa yang lezat ketika diolah, ontong pisang memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Dilansir dari klikdokter.com, ontong pisang memiliki kandungan serat dan zat besi yang dapat membantu memproduksi sel darah merah sehingga mampu mengatasi gejala anemia.

Ontong pisang harus diolah dan diproses dengan baik dan benar untuk menghilangkan agar tidak menimbulkan rasa pahit pada masakan. Nah, untuk menghasilkan olahan masakan yang nikmat, simak cara memasak dan mengolah ontong pisang berikut!

2 dari 9 halaman

Pilih Ontong Pisang yang Segar

Pemilihan jenis ontong pisang menjadi salah satu hal penting untuk diperhatikan sebelum mengolahnya menjadi menu masakan. Karena itu, pastikan kamu memilih ontong pisang yang masih segar.

Memilih ontong pisang yang layak dikonsumsi memang susah-susah gampang. Biasanya ontong pisang yang dapat diolah menjadi hidangan adalah jantung pisang dari pisang kepok, pisang raja, dan pisang batu.

Ketiga jenis tersebut karena memiliki rasa yang tidak terlalu sepah. Bagian getah dari ontong pisang tersebut juga tidak terlalu pekat sehingga mudah dihilangkan.

Cara lain untuk memastikan ontong pisang yang bagus, kamu bisa melakukan penusukan pada bagian dagingnya. Tusuk menggunakan tusuk gigi sedikit saja hingga ontong pisang sedikit mengeluarkan getahnya.

Cicipi sedikit sekali getahnya, jika rasa getah pahit artinya ontong pisang tidak layak untuk diolah dan dikonsumsi ya!

3 dari 9 halaman

Kupas Bagian Kulit Merah Ontong Pisang

Mengolah ontong pisang memang cukup memerlukan proses yang panjang. Sebelum diolah, pastikan kamu mengupas dulu bagian kulit merahnya.

Kemudian, sisakan bagian kulit putihnya untuk bisa diolah menjadi makanan lezat. Bagian kulit putih dan dalamnya dari ontong pisang inilah yang bisa dimakan.

Baru setelahnya potong-potong dan cuci bersih hingga bagian getahnya hilang sebelum masuk ke proses memasak ya!

4 dari 9 halaman

Potong-potong Jadi Empat Bagian

Cara Masak Ontong Pisang yang Enak © Diadona

Nah, sebelum ontong pisang diolah menjadi menu masakan, sebaiknya potong-potong dahulu menjadi empat bagian. Cara ini adalah salah satu untuk menghilangkan bagian getah yang berlebih pada ontong pisang.

Sehingga, dengan memomtong-motongnya, getah pisang idak terlalu menyebar ke bagian lainnya. Perlu diperhatikan, saat memotong ontong pisang gunakan pisau yang bersih dan lakukan dengan cepat dan tepat.

Selain untuk menghilangkan getahnya, memotong jantung pisang menjadi empat bagian bisa mencegah agar warnanya tidak cepat menghitam.

5 dari 9 halaman

Rendam dengan Air Garam

Selanjutnya, untuk benar-benar membuat getahnya hilang, kamu perlu merendam ontong pisang dengan air garam. Getah pada ontong pisang memang suatu hal yang cukup sulit untuk dihilangkan sepenuhnya.

Namun, air rendaman garam dapat membantu mengurangi getah pada ontong pisang dengan lebih bersih. Hal itu karena garam memiliki sifat yang mampu menarik dan menyerap kelembapan dari suatu bahan makanan.

Cara perendamannya cukup mudah, kamu hanya perlu melarutkan garam di air secukupnya dan masukkan ontong pisang. Tapi, pastikan semua bagian ontong pisang terendam ya. Biarkan selama kurang lebih 10-15 menit hingga getah pada ontong pisang berkurang.

6 dari 9 halaman

Cuci bersih dan Rebus

Setelah ontong pisang dipotong menjadi empat bagian, dan direndam air garam, langkah selanjutnya kembali bilas dengan air bersih. Proses pembilasan ini untuk benar-benar memastikan getah dari ontong pisang hilang.

Kemudian, langsung lakukan perebusan ontong pisang. Cara ini untuk menghindarkan perubahan warna menghitam pada ontong pisang lho!

Pastikan pula air rebusan yang digunakan sudah benar-benar mendidih dan semua bagian ontong pisang tenggelam atau larut. Selama proses perebusan ini, selalu bolak-balik ontong pisang agar getah yang masih menempel larut di dalam air mendidih.

Selain untui menghilangkan getah, proses merebus ontong pisang ini juga memudahkan untuk terhindarnya perubahan warna kehitaman.

7 dari 9 halaman

Biarkan Dingin Sejenak

Cara Masak Ontong Pisang yang Enak © Diadona

Proses perebusan usai, segeralah untuk meniriskannya untuk memutus proses pematangan ontong pisang. Setelah itu, jangan langsung mengolahnye menjadi masakan tapi diamkan sejenak hingga benar-benar dingin.

Proses pendinginan ini bisa kamu lakukan dengan cara  menyimpan atau membungkus ontong pisang dengan daun pisang. Pastikan ontong pisang didiamkan di suhu ruang dan terbuka agar uap rebusan cepat hilang dan ontong pisang menjadi lebih cepat dingin.

Selanjutnya, barulah ontong pisang dapat diolah menjadi berbagai hidangan menu masakan.

 

8 dari 9 halaman

Olah Ontong Pisang dengan Tepat

Ontong pisang yang sudah dingin, artinya sudah siap diolah menjadi hidangan yang lezat. Kamu bisa mengolahnya dengan aneka bumbu dapur dan berbagai referensi resep sesuai selera.

Misalnya, kamu bisa mengolahnya menjadi menu makanan sayur ontong pisang, gulai ontong pisang, lodeh ontong pisang, tumis ontong pisang dan masih banyak lagi resep lainnya. Kreasikan saja menjadi hidangan spesial seauai keinginanmu ya!

Nah, setelah kamu mengikuti beberapa cara masak ontong pisang yang enak dengan benar dan tepat, dijamin hasil masakanmu semakin lezat. Selamat mencoba!

 

Penulis: Safira Salsabillah Maharani

Beri Komentar