5 Tips Memanggang Marmer Cake, Hasilnya Dijamin Cantik dan Super Moist

Reporter : Arifina
Jumat, 12 Januari 2024 18:57
5 Tips Memanggang Marmer Cake, Hasilnya Dijamin Cantik dan Super Moist
Bentuk dan tampilan marmer cake yang cantik ternyata perlu memerhatikan proses pemanggangannya juga lho!

Tips memanggang marmer cake menjadi salah satu bagian terpenting untuk hidangan kue lezat satu ini. Marmer cake adalah kue yang lezat dan cantik, dengan lapisan berpola marmer yang terbentuk dari campuran adonan cokelat dan vanila.

Tampilan marmer cake yang cantik ini didapatkan dari proses memasak yang tepat. Mulai dari pemilihan bahan-bahan berkualitas, langkah-langkah pencampuran, hingga ke tahapan teknik pemanggangan kue.

Proses pemanggangan harus dilakukan dengan benar untuk mendapatkan hasil olahan kue yang cantik dan tidak hancur. Ada beberapa cara memanggang marmer cake yang bisa diterapkan untuk menghasilkan kue yang cantik dan empuk sempurna. Seperti apa? Simak tipsnya berikut yang sudah diadona.id rangkumkan dari berbagai sumber buat kalian coba nih!

1 dari 7 halaman

Pastikan Oven Sudah Dipanaskan

Tips Memanggang Marmer Cake © Diadona

Sesaat sebelum memulai memanggang marmer cake, hal utama yang perlu diperhatikan adalah memanaskan oven terlebih dahulu. Panaskan oven hingga mencapai suhu ideal dalam memanggang kue yang kamu buat.

Biasanya, untuk menghasilkan marmer cake yang cantik penggunaan suhu oven sekitar 170-180 derajat celcius. Hal ini penting dilakukan untuk hasil kue yang bagus,

Oven yang sudah panas dapat membantu kue naik dengan baik. Cara ini juga dapat menjadikan bagian dalam kue matang secara merata.

2 dari 7 halaman

Perhatikan Penggunaan Api

Memanggang marmer cake tak bisa asal menyalakan api. Untuk menghasilkan sajian kue yang cantik sempurna, maka disarankan untuk menggunakan api atas dan api bawah pada oven.

Cara ini dilakukan agar adonan kue marmer yang dipanggan bisa matang dengan merata dan bersamaan. Kalian bisa melakukan pengecekan kematangan dengan melihat tampilan permukaan kue kering atau tidak.

Hal ini penting dilakukan, sebab jika hanya menggunakan api bawah saja, bagian atas adonan akan menjadi kering. Tampilan kue pun menjadi kurang menarik dan tidak enak disantap.

3 dari 7 halaman

Panggang dengan Waktu yang Tepat

Resep Kue Bolu Kukus Sederhana © Diadona

Proses memanggang marmer cake juga harus memperhatikan waktu. Langkah pemanggangan kue ini juga perlu kesabaran agar didapatkan hasil yang sempurna.

Waktu yang dibutuhkan untuk memanggang marmer cake tergantung pada ukuran loyang dan suhu oven yang digunakan. Secara umum, marmer cake membutuhkan waktu sekitar 30-50 menit untuk matang sempurna.

Bahkan, waktu memanggang marmer cake bisa mencapai satu jam. Hal itu tergantung pada seberapa banyak adonan yang dipanggang.

4 dari 7 halaman

Lakukan Tes Kematangan

Langkah selanjutnya, jangan pernah mengabaikan begitu saja saat memanggang marmer cake. Namun, kamu juga harus melakukan tes kematangan pada kue secara berkala.

Untuk mengetahui apakah marmer cake sudah matang, tusuk bagian tengah adonan menggunakan tusuk sate atau tusuk gigi. Jika tusuk sate yang dimasukkan ke dalam kue keluar bersih atau dengan remah-remah kecil, kue sudah matang.

Namun, jika masih masih terdapat adonan yang menempel, sebaiknya biarkan kue dalam proses pemanggangan beberapa menit lagi hingga benar-benar matang sempurna.

5 dari 7 halaman

Jangan Langsung Keluarkan Marmer Cake dari Loyang

Tips Memanggang Marmer Cake © Diadona

Ini adalah tahapan terakhir dalam proses pemanggangan marmer cake. Sesaat setelah dirasa kue matang, maka keluarkan dari oven dan dinginkan terlebih dahulu.

Jangan langsung keluarkan marmer cake dari loyang. Tapi, biarkan marmer cake dingin terlebih dahulu selama beberapa menit.

Cara ini untuk menghindari marmer cake hancur saat dikeluarkan dari loyang. Proses pendinginan ini juga akan membantu kue mengeras dan memudahkan pemotongan tanpa merusak strukturnya.

6 dari 7 halaman

Tips Lain agar Marmer Cake Tampak Cantik dan Lembut Sempurna

Selain memperhatikan proses pemanggangan, untuk menghasilkan marmer cake yang bagus juga perlu proses pengolahan adonan dengan baik. Maka perhatikan beberapa cara berikut agar marmer cake tampak cantik dan lembut:

  • Selalu gunakan bahan-bahan berkualitas baik
  • Pakai dua jenis mentega dan margarin tanpa perlu dicairkan
  • Kocok adonan kue hingga mengembang sempurna
  • Pisahkan adonan putih dan cokelat dengan hati-hati agar tidak tercampur
  • Pilih jenis loyang besi untuk marmer cake
  • Tuang adonan putih dan cokelat secara selang-seling ke dalam loyang
  • Bentuk pola marmer dengan tusuk sate

Itulah sederet tips memanggang marmer cake agar tampak cantik dan lembut yang bisa diterapkan di rumah. Dengan mengikuti tips di atas, dijamin kamu dapat menghasilkan kue yang lezat. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Beri Komentar