6 Cara Membuat Lontong Menggunakan Rice Cooker, Super Praktis, Anti Ribet dan Dijamin Lembut Sempurna

Reporter : Arifina
Kamis, 11 Januari 2024 19:17
6 Cara Membuat Lontong Menggunakan Rice Cooker, Super Praktis, Anti Ribet dan Dijamin Lembut Sempurna
Tinggal pencet, membuat lontong kini tak perlu ribet lagi deh!

Cara membuat lontong menggunakan rice cooker bisa menjadi pilihan buat kamu yang ingin mengolah makanan ini dengan praktis dan tanoa ribet. Lontong adalah salah satu makanan khas Indonesia yang terbuat dari bahan utama berupa beras.

Lontong dimasak dari beras hingga menjadi bubur dan dipadatkan. Biasanya, lontong disajikan dengan berbagai macam lauk, seperti opor ayam, rendang, sayur lodeh, hingga menu masakan lontong sayur.

Namun, proses pembuatannya terkadang terlihat rumit dan memakan waktu. Proses pembuatan olahan nasi ini secara tradisional biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama, sekitar 4-5 jam.

Tapi, kini tak perlu khawatir, sebab dengan rice cooker kamu bisa menghidangkan sajian lontong yang tak kalah nikmat dengan proses yang cepat. Hanya dengan beberapa bahan dan langkah-langkah sederhana, seperti beras secukupnya dan daun pisang atau plastik dengan alat rice cooker yang pastinya kamu sudah punya maka lontong akan mudah dibuat. Simak yuk, tips berikut!

1 dari 7 halaman

Rendam Beras Terlebih Dahulu

Ilustrasi Beras © Diadona

Sebelum mulai memasak lontong menggunakan rice cooker, pastikan kamu mencuci beras terlebih dahulu. Kemudian, rendam beras di dalam air sekitar 2 sampai 3 jam. Dalam proses ini pastikan beras benar-benar terendam sempurna ya!

Proses merendam beras ini berguna untuk menyerap air sehingga lebih mudah dimasak saat diolah menjadi lontong. Rendaman beras juga akan mempercepat proses memasak.

Dengan begitu, pengolahan lontong akan lebih cepat matang merata saat dimasak dalam rice cooker. Selain itu, merendam beras dapat membantu meningkatkan tekstur rasa yang lebih pulen dari lontong.

2 dari 7 halaman

Gunakan Perbandingan 1:3

Guna mendapatkan hasil lontong yang matang sempurna, maka perlu diperhatikan perbandingan antara beras yang dimasak dengan air. Dalam mengolah lontong di rice cooker gunakan perbandingan 1:3 untuk beras dan air.

Jika takaran beras yang digunakan sebanyak satu gelas, maka kamu membutuhkan tiga gelas air untuk campurannya. Setelah air dan beras ditakar sesuai, masak nasi seperti biasa menggunakan rice cooker.

Setelah nasi matang, aduk-aduk nasi hingga bertekstur lembek dan tambahkan sedikit minyak. Penambahan minyak ini bertujuan untuk membuat tekstur lontong menjadi lebih lembut dan tidak mudah hancur jika dipotong saat sudah matang.

3 dari 7 halaman

Bungkus dengan Daun Pisang atau Plastik

Cara Membuat Lontong Pakai Rice Cooker © Diadona

Dalam proses memasak lontong identik dengan penggunaan daun pisan atau plastik. Begitu pula jika kamu mengolahnya dengan menggunakan rice cooker.

Nah, jika tekstur nasi sudah berubah menjadi lebih lembut dan tercampur merata,  letakkan nasi ke dalam daun pisang atau plastik untuk membungkusnya. Ambil sebagian nasi yang sudah matang dan letakkan di tengah daun pisang atau plastik pembungkus makanan agar lontong membentuk.

Kemudian, masukkan dan tata di dalam rice cooker dan kukus. Pastikan lontong terbungkus dengan rapat agar bisa dikukus atau dimasak dengan baik di rice cooker.

4 dari 7 halaman

Gunakan Wadah Anti Panas

Selain daun pisang dan plastik, kamu juga bisa menggunakan wadah lainnya dalam proses pembuatan lontong. Namun, pastikan wadah yang kamu gunakan anti panas agar tidak merusak rice cooker ya.

Kemduian, caranya kamu cukup mengolesi wadah tersebut dengan sedikit minyak. Craa ini agar mempermudah lontong saat dibuka atau diangkat dari cetakannya. Pastikan kamu memadatkan lontong agar tidak mudah hancur saat dipotong nanti.

Baru setelah semuanya dirasa pas masukkan wadah yang berisi nasi padat ke dalam rice cooker untuk dimasak kembali hingga menjadi lontong.

5 dari 7 halaman

Perhatikan Proses Pengukusan Ulang

Cara Membuat Lontong Pakai Rice Cooker © Diadona

Setelah nasi matang dan dibentuk dengan cetakan yang disiapkan, maka langkah selanjutnya adalah melakukan pengukusan kembali agar menjadi lontong. Nah, dalam hal ini kamu perlu membatasi waktu pengukusannya agar tidak terlalu lama.

Cara ini dapat kamu lakukan untuk memastikan hasil lontong lebih padat dan matang. Kukus lontong yang disiapkan cukup 3-6 menit atau kira-kira saja dengan selalu melakukan pengecekan.

Saat dimasak, pastikan juga rice cooker selalu dalam mode cook. Pastikan kamu sering mengeceknya apakah beras sudah matang dan padat atau belum.

6 dari 7 halaman

Dinginkan Sejenak setelah Dimasak

Setelah lontong benar-benar dipastikan telah matang, jangan langsung disajikan. Namun, kamu bisa mendinginkannya terlebih dahulu hingga lontong benar-benar nge-set di bungkusan daun pisang atau wadah anti panas yang kamu gunakan.

Jika sudah dingin dan memadat, kamu bisa menyajikan lontong  dengan dipotong-potong terlebih dahulu sesuai selera. Dijamin hasil lontong yang dibuat dari rice cooker padat dan lezat ketika disajikan.

Itulah beberapa cara membuat lontong menggunakan rice cooker yang praktis dan hasilnya dijamin tetap lembut. Dengan mengikuti beberapa cara di atas, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah tanpa ribet lho! Selamat mencoba.

 

Penulis: Safira Salsabillah Maharani

Beri Komentar