Cara Membuat Saus Asam Manis Nanas yang Enak, Mudah, dan Pedas Sederhana

Reporter : Yayuk Harini
Kamis, 30 April 2020 22:31
Cara Membuat Saus Asam Manis Nanas yang Enak, Mudah, dan Pedas Sederhana
Nggak perlu khawatir lagi dengan menu saus kekinian, cukup praktikkan resep cara membuat saus asam manis nanas pedas ini. Dijamin enak, mudah dan anti ribet!

Cara membuat saus asam manis sangatlah mudah Moms. Sajian saus ini tentunya sangat cocok dijadikan menu santap bersama hidangan ayam goreng tepung, ikan, aneka camilan asin dan lauk lainnya. Moms harus mencoba mempraktikkan resep cara membuat saus ini di rumah.

Saus asam manis merupakan olahan saus yang berasal dari tradisi kuliner Tionghoa. Cara membuat saus asam manis ini memanfaatkan bahan air, cuka, saus tomat, gula, garam, dan tepung sebagai pengental yang dimasak dalam wajan. Nah, tepung yang digunakan dalam mengentalkan saus ini adalah tepung sagu.

Di Indonesia sendiri saus asam manis biasa dibuat dengan bahan tambahan bumbu bawang putih, nanas dan sambal tomat atau pedas. Ada juga yang membuat sambal asam manis ini dengan daun bawang dan wortel. Nah, kebanyakan orang Indonesia biasa menyajikan saus asam manis dengan olahan makanan ayam goreng tepung, ikan kakap atau gurame, udang, dan kepiting.

Moms harus mencoba membuat sendiri olahan saus asam manis dengan nanas yang enak, mudah dan pedas sederhana ini di rumah. Perpaduan lezat dan kekentalan saus asam manis dengan bumbunya ini sangat sayang untuk dilewatkan. Langsung saja simak langsung resep cara membuat saus asam manis yang telah Diadona ulas berikut ini.

1 dari 3 halaman

1. Cara Membuat Saus Asam Manis Nanas

Cara Membuat Saus Asam Manis © Diadona

Cara membuat saus asam manis pertama yang bisa Moms praktikkan adalah dengan menggunakan bahan potongan nanas. Perpaduan rasa pedas, manis, dan asam dalam saus ini sangat nikmat dan cocok dihidangkan dengan aneka lauk. Cocok banget Moms dijadikan salah satu hidangan saat berbuka puasa. Yuk, langsung saja simak resep selengkapnya berikut ini.

Bahan:
- 1/4 bagian buah nanas
- 4 siung bawang putih
- 1/2 bagian bawang bombay
- Jamur merang sesuai selera
- 5 buah cabe rawit merah besar
- 3 sdm saus tomat
- 2 sdm saus sambal
- Garam
- Gula
- Penyedap rasa
- 1 sdm tepung tapioka
- 600 ml air
- Minyak goreng

Cara membuat saus asam manis nanas:

a. Cara membuat saus asam manis dengan nanas yang pertama adalah memarkan bahan bawang putih hingga halus. Iris bahan bawang bombay. Potong nanas dan jamur sesuai selera.

b. Cara selanjutnya adalah buat larutan bahan tapioka dengan mencampurkannya bersama air.

c. Tumis bawang putih hingga harum dan masukkan jamur iris. Tambahkan 600 ml air, beri saus tomat, saus sambal, cabe merah, garam dan penyedap rasa. Aduk-aduk bahan hingga tercampur rata lalu diamkan hingga mendidih.

d. Masukkan nanas dan bawang bombay, aduk lagi hingga mendidih. Cek rasa sesuai selera, masukkan larutan tapioka dan aduk-aduk bahan hingga mengental. Saus asam manis nanas siap disajikan.

2 dari 3 halaman

2. Cara Membuat Saus Asam Manis Enak dan Mudah

Cara Membuat Saus Asam Manis © Diadona

Cukup dengan memanfaatkan bahan bawang, wortel, timun, dan beberapa bumbu seperti saus, garam dan gula saja, Moms sudah bisa menikmati hidangan enak ala resto terkenal. Cukup hemat dan mudah kan Moms. Simak resep cara membuat saus asam manis berikut ini.

Bahan:
- 7 buah bawang putih
- 2 buah bawang bombay
- 3 buah wortel
- 4 buah mentimun
- 5 sdm saos tomat delmonte
- Garam secukupnya
- Gula secukupnya
- Merica bubuk secukupnya
- Perasan jeruk lemon dari 1 buah jeruk
- 1 sdm saus raja rasa
- 1 sdm tepung maizena yang dilarutkan dengan 3 sdm air

Cara membuat saus asam manis enak dan mudah:

a. Cara membuat saus asam manis enak dan mudah yang pertama adalah geprek bahan bawang putih, potong timun dan wortel memanjang, lalu iris bawang bombay.

b. Selanjutnya, tumis bawang putih hingga harum lalu masukkan juga bawang bombay dan tumis sampai layu. Masukkan bahan timun dan wortel lalu masak hingga matang.

c. Bumbui dengan bubuk merica, gula, garam, perasan lemon dan saus raja rasa. Tambahkan air dan tes rasa sesuai selera.

d. Masukkan larutan maizena, aduk-aduk hingga mengental. Cara membuat saus asam manis yang enak dan mudah sudah selesai, siap untuk disajikan.

3 dari 3 halaman

3. Cara Membuat Saus Asam Manis Pedas Sederhana

Cara Membuat Saus Asam Manis © Diadona

Olahan saus asam manis juga akan semakin nikmat dengan tambahan rasa pedas yang nempol di lidah. Jika Moms termasuk pecinta olahan pedas, maka Moms bisa mengombinasikan olahan rasa asam, manis, gurih dan tentunya pedas dalam hidangan saus yang disukai hampir semua kalangan ini. Yuk Moms, nggak perlu dibikin ribet, langsung saja simak resep cara membuat saus asam manis pedas di bawah ini.

Bahan:
- 6 siung bawang putih
- 4 siung bawang merah
- 2 buah bawang bombay
- 6 buah tomat
- 2 buah wortel
- 8 buah cabai merah
- 1/2 buah nanas segar
- 2 batang daun bawang
- Garam secukupnya
- Penyedap rasa secukupnya
- 2-3 sdm gula pasir
- 4 sdm saus sambal
- 6 sdm saus tomat
- 1 gelas air

Cara membuat saus asam manis pedas sederhana:

a. Potong dan iris bahan bawang putih, bawang merah, bawang bombay, tomat, wortel, cabe merah, nanas, dan daun bawang.

b. Panaskan wajan lalu masukkan 2 hingga 3 sdm minyak goreng. Tumis bahan bawang bombay, bawang putih dan bawang merah hingga tercium aroma sedap.

c. Masukkan bahan wortel lalu masak dan tumis sebentar. Tambahkan juga potongan tomat dan cabe. Aduk rata dan masak hingga tomat berair.

d. Bumbui dengan saus tomat dan saus sambal. Tambahkan 1 gelas air sesuai selera. Beri garam, gula dan penyedap rasa.

e. Aduk bahan hingga rata, cek rasa sesuai selera. Masak bahan saus asam manis hingga kuah mengental dan warna menjadi kemerahan.

f. Tambahkan potongan nanas dan daun bawang. Cukup masak hingga nanas dan daun bawang tercampur rata. Tes rasa sesuai selera, saus asam manis pedas siap dihidangkan.

g. Moms bisa menikmatinya dengan ayam tepung, kentang goreng, ikan goreng dan lauk lainnya.

Moms, itulah tadi resep cara membuat saus asam manis kekinian yang bisa dibuat sendiri di rumah. Yuk, segera persiapkan bahan-bahannya, ya!

Beri Komentar