Cara Membuat Chicken Katsu Curry, Don, dan Crispy yang Mudah dengan Saus Teriyaki

Reporter : Yayuk Harini
Senin, 27 April 2020 15:07
Cara Membuat Chicken Katsu Curry, Don, dan Crispy yang Mudah dengan Saus Teriyaki
Cara membuat chicken katsu sangatlah mudah. Sajian berbahan dasar daging ayam ini merupakan olahan Jepang dengan berbagai varian rasa dan pengolahannya. Yuk Moms coba buat sendiri di rumah!

Cara membuat chicken katsu sangatlah mudah. Daging ayam akan dibumbui dengan tepung super crispy yang disajikan dalam bentuk irisan serta disiram dengan bumbu aneka rasa. Chicken katsu ini juga akan sangat pas saat dimakan dengan nasi putih hangat. 

Olahan berbahan dasar daging ayam ini sangat cocok dinikmati oleh semua kalangan. Tak heran jika sajian dengan nama asli tori katsu ini sangat laku dipasaran kuliner tak terkecuali di Indonesia. Banyak sekali kedai dan rumah makan Jepang yang menjadikan olahan chicken katsu sebagai menu utama.

Moms tentunya juga bisa membuat olahan ini di rumah. Cara membuat chicken katsu yang tergolong mudah dengan bahan sederhana sangat cocok dijadikan salah satu sajian menu makan keluarga. Langsung saja Moms, simak resep cara membuat chicken katsu yang telah Diadona ulas di bawah ini. Selamat mecoba!

 

1 dari 5 halaman

1. Cara Membuat Chicken Katsu Saus Teriyaki

Cara Membuat Chicken Katsu Saus TeriyakiCara Membuat Chicken Katsu Saus Teriyaki © Tanakatsu.co.uk

Cara membuat chicken katsu pertama adalah menggunakan siraman saus teriyaki dalam penyajiannya. Saus teriyaki yang khas dengan aroma serta rasa kecap asin Jepang atau shoyu, gula dan sake ini sangat pas lidah. Umumnya, saus chicken katsu teriyaki ini berwarna coklat dengan tektur kental. Yuk Moms langsung saja simak resep mudah cara membuat chicken katsu saus teriyaki di bawah ini.

Bahan:
- 200 gram daging ayam, fillet dan pukul hingga tipis
- Secukupnya tepung kobe
- Secukupnya tepung panir
- 1 siung bawang putih geprek dan cincang halus
- 1 sdt garam
- 1 sdt merica bubuk
- 1 butir telur, kocok lepas

Bahan pelengkap:
- 1/4 buah kubis, rajang halus
- 1 buah wortel, rajang halus
- Secukupnya mayonaise
- Secukupnya saus teriyaki

Cara membuat chicken katsu teriyaki:

a. Lumuri daging ayam dengan bawang putih, garam dan merica bubuk. Diamkan sebentar hingga bumbu meresap.

b. Celupkan daging ayam ke dalam telur yang sudah dikocok, celupkan ke dalam adonan tepung kobe yang sudah dilarutkan dengan sedikit air es.

c. Gulingkan daging ayam ke dalam tepung kobe kering. Tekan-tekan agar tepung menempel rata. Celupkan kembali ke dalam adonan tepung kobe yang sudah dilarutkan dengan sedikit air es.

d. Taburi daging ayam dengan tepung panir. Tekan-tekan hingga tepung panir menempel sempurna. Masukkan daging ayam yang sudah dilumuri tepung panir ke dalam kulkas dan tunggu beberapa selama 15-20 menit.

e. Panaskan minyak yang banyak di atas api besar. Goreng daging ayam dan jangan lupa untuk mengecilkan apinya. Agar ayam tidak cepat gosong, bolak-balik hingga matang kecoklatan.

f. Angkat dan sajikan. Jangan lupa untuk menambahkan pelengkapnya seperti kubis, wortel, saus teriyaki, moyanaise, dan telur gulung.

g. Tumis bawang bombang, masukkan satu bungkus saori saus teriyaki kemudian taburi wijen, beri sedikit garam. Jika terlalu kental bisa ditambahkan air secukupnya.

2 dari 5 halaman

2. Cara Membuat Chicken Katsu yang Mudah

Cara Membuat Chicken Katsu MudahCara Membuat Chicken Katsu Mudah © Thespruceeats.com

Cara membuat chicken katsu yang mudah di rumah bisa menjadi salah satu aktivitas menyenangkan di dapur. Nggak boleh mager, ya Moms. Segera persiapkan bahan-bahan yang digunakan karena sangatlah terjangkau dan mudah ditemukan. Langsung saja simak resep selengkapnya berikut ini.

Bahan:
- 250 gram ayam filet
- 2 siung bawang putih
- secukupnya garam
- lada bubuk
- 1 btr telur
- susu plain
- 4 sdm tepung terigu
- 4 sdm tepung maizena
- tepung panir / tepung roti

Cara membuat chicken katsu yang mudah:

a. Potong ayam filet sesuai selera, potong kecil-kecil,cuci dan tiriskan. Haluskan bumbu bawang, garam dan lada.

b. Lumuri ayam dengan bumbu. Diamkan dalam kulkas selaam setengah hingga satu jam.

c. Siapkan tepung terigu yang dicampur dengan tepung maizena. Baluri daging dengan tepung kering ini.

d. Siapkan telur, kocok dan tambahkan susu plain secukupnya. Celupkan daging baluran tepung tadi.

e. Pindahkan ke tepung panir, baluri sambil ditekan agar menempel. Bisa disimpan dalam kulkas, bisa langsung di masak.

3 dari 5 halaman

3. Cara Membuat Chicken Katsu Curry

Cara Membuat Chicken Katsu CurryCara Membuat Chicken Katsu Curry © Japancentre.com

Cara membuat chicken katsu curry sangatlah mudah. Moms bisa menyiapkan bahan bumbu golden curry yang dimasak hingga meleleh bersama bahan pelengkap seperti wortel. Selengkapnya simak resep cara membuat chicken katsu curry berikut ini.

Bahan curry:
- 1 kotak bumbu golden curry
- 1 buah kentang, kupas dan potong kotak-kotak
- 1 buah wortel, potong
- 1/2 siung bawang bombay, potong kotak
- Secukupnya air
- Secukupnya gula

Bahan chicken katsu:
- 2 fillet dada ayam, setengah fillet dipotong tipis jadi 3 bagian, bumbui garam dan lada
- Secukupnya tepung serbaguna
- Secukupnya telur kocok
- Secukupnya tepung panir
- Minyak untuk menggoreng

Cara membuat chicken katsu curry:

a. Cara membuat dengan cara rebus wortel dan kentang hingga empuk menggunakan air matang. Tumis bawang bombay, dengan sedikit minyak atau margarin. Masukkan air rebusan, wortel dan kentang.

b. Masukkan bumbu golden curry, masak hingga meleleh, jika kurang cair bisa diberi air sesuai selera. Beri gula seperlunya lalu rasa sesuai selera, masak hingga mendidih.

c. Buat chicken katsu dengan cara bumbui ayam potong dengan garam dan lada, simpan di kulkas selama 10 menit hingga set.

d. Balurkan ayam di tepung, kemudian dalam kocokan telur, dan lagi di tepung roti. Goreng hingga kecoklatan. Letakkan nasi hangat di piring, lalu tata curry dan katsu siap disajikan.

4 dari 5 halaman

4. Cara Membuat Chicken Katsu Don

Cara Membuat Chicken Katsu DonCara Membuat Chicken Katsu Don © Reddit.com

Chicken katsu don bisa diolkah dengan emngguakan bahan telur sebagai sausnya. Moms hanya tinggal memasak telur ayam yang diolah bersama bahan lainnya seperti olive oil, bawang bombay, kecap asin Jepang, air dan gula. Selengkapnya langsung saja simak resep berikut ini.

Bahan Chicken Katsu:
- 1/2 bagian daging ayam dada
- 1 butir telur ayam
- Secukupnya tepung terigu
- Secukupnya tepung roti
- Secukupnya garam dan lada

Ankake Don (Saus telurnya):
- 1 sdm olive oil
- 1 butir telur ayam
- 1/2 buah bawang bombay
- 1 sdm souyu atau kecap asin jepang
- 5 sdm air
- 1 sdm gula

Cara membuat chicken katsu don:

a. Sayat 1/2 bagian dari dada ayam sehingga terbelah menjadi dua tanpa mengurangi panjang dada ayam. Balur ayam dengan garam dan lada. Bungkus dengan plastik dan diamkan di kulkas selama 15 menit.

b. Keluarkan ayam dari kulkas dan lumuri dengan tepung terigu secara merata. Masukkan ayam yang telah dilumuri tepung terigu ke dalam kocokan telur hingga terendam seluruhnya.

c. Lumuri ayam dengan tepung roti dan goreng dengan api sedang hingga kecoklatan, angkat, tiriskan dan potong melintang.

d. Buat ankake don atau saus telur dengan cara panaskan wajan, masukan minyak dan tumis bawang bombay hingga harum. Masukkan seluruh bahan kecuali telur ayam dan chicken katsu, tunggu hingga mendidih.

e. Masukan telur ayam yang telah dikocok lepas ke seluruh permukaan wajan, biarkan selama 15 detik dan masukan chicken katsu. Tutup wajan dan kecilkan api.

f. Setelah 1 menit, matikan api. Siapkan Nasi putih di dalam mangkok dan berikan topping chicken katsu don langsung dari wajannya.

5 dari 5 halaman

5. Cara Membuat Chicken Katsu Crispy

Cara Membuat Chicken Katsu CrispyCara Membuat Chicken Katsu Crispy © Hungrygowhere.com

Cara membuat chicken katsu selanjutnya adalah diolah crispy menggunakan tepung bumbu. Moms harus melumuri daging dengan tepung serta kocokan telur, selanjutnya goreng hingga crispy dan memiliki tekstur renyah. Moms akan merasakan sensasi kriuk dan gurih dalam chicken katsu ini. Langsung saja simak resep cara membuat chicken katsu crispy berikut ini.

Bahan daging:
- 1 potong fillet dada ayam
- 2 siung bawang putih halus
- Secukupnya garam dan lada

Bahan lumuran:
- 100 gram tepung terigu, campur garam dan lada
- 1 butir telur kocok
- Secukupnya bread crumbs

Cara membuat chicken katsu crispy:

a. Belah dada ayam menjadi 2 bagian membentuk butterfly dengan teknik melebarkan permukaannya. Pukul daging dengan punggung pisau.

b. Bumbui kedua permukaan fillet dengan bawang putih halus, garam, dan lada. Lumuri fillet ke tepung terigu racikan, masukkan ke dalam kocokan telur, lalu balut ke bread crumbs.

c. Diamkan di kulkas selama 15 menit supaya bumbu meresap. Goreng dengan setelan api sedang, jangan terlalu panas karena bread crumbs cepet ngegosong. Goreng hingga kecoklatan, angkat dan tiriskan.

Sudah tahu kan Moms bagaimana cara membuat chicken katsu yang enak sendiri di rumah. Tentunya anti ribet, dan gampang banget dipraktikkan. Yuk Moms berkreasi di dapur dengan resep cara membuat chicken katsu ini. Selamat berkreasi!

Beri Komentar