Cara Membuat Dendeng Sapi yang Dijemur, Kering, Basah, Kelapa, Balado dan Manis

Reporter : Yayuk Harini
Senin, 27 April 2020 19:51
Cara Membuat Dendeng Sapi yang Dijemur, Kering, Basah, Kelapa, Balado dan Manis
Cara membuat dendeng sapi dengan aneka varian seperti kering, basah, balado, dan manis sangat cocok untuk dibuat menu makan keluarga. Simak resep selengkapnya berikut ini!

Cara membuat dendeng sapi bisa dibilang sedikit memerlukan ketelatetan. Yap, olahan daging dari daerah Sumatera Barat yang dipotong tipis ini biasanya disajikan dalam keadaan kering. Tetapi ada pula jenis dendeng basah yang pengolahannya memanfaatkan santan kelapa.

Dendeng sendiri merupakan salah satu makanan terenak yang disukai semua kalangan. Cara membuat dendeng sapi ini memanfaatkan berbagai bumbu rempah khas Indonesia. Tak heran, kita akan merasakan sensasi bumbu yang kuat dan tekstur daging sapi yang empuk.

Moms tentunya juga bisa membuat olahan dendeng sapi ini di rumah. Yuk Moms segera persiapkan bahan-bahannya dan segera praktikkan resep cara membuat dendneg sapi yang dijemur, kering, basah, kelapa, balado dan manis yang telah Diadona ulas berikut ini. Selamat mencoba!

1 dari 5 halaman

1. Cara Membuat Dendeng Sapi yang Dijemur

Cara Membuat Dendeng Sapi yang Dijemur © Diadona

Cara membuat dendeng sapi pertama yang bisa Moms buat sendiri di rumah adalah dengan cara dijemur. Bumbu rempah akan meresap sempurna ke dalam daging yang diiris tipis ini. Moms harus menjemurnya di panas matahari hingga benar-benar kering. Langsung saja simak resep mudah cara membuat dendeng daging sapi yang dijemur berikut ini.

Bahan:
- 1/2 kg daging sapi

Bahan bumbu halus:
- 5 siung bawang putih
- 1 sdm ketumbar
- 5 cm lengkuas
- Asam jawa
- Garam secukupnya

Cara membuat dendeng sapi yang dijemur:

a. Cara membuat dendeng sapi yang dijemur, pertama cuci hingga bersih bahan daging sapi kemudian potong dan iris tipis. Masukkan bahan daging yang tel;ah diiris dalam satu wadah.

b. Masukkan bahan bumbu halus dan aduk rata. Aduk hingga tercampur rata dan tata daging berjarak di atas tampah.

c. Jemur di bawah panas matahari selama 1 hingga 2 hari. Jika daging mulai menghitam, maka pertanda daging sudah kering.

d. Masukkan dalam wadah atau toples. Mosm juga bisa menggoreng langsung sebengtar saja agar tidak keras.

2 dari 5 halaman

2. Cara Membuat Dendeng Sapi Kelapa

Cara Membuat Dendeng Sapi Kelapa © Diadona

Selanjutnya, Moms juga bisa membuat varian cara membuat dendeng sapi kelapa. Yap, olahan dendeng sapi ini akan terasa lebih gurih dan kering dengan bahan parutan kelapa yang dimasak hingga meresap sempurna. Cocok sekali Moms dijadikan salah satu menu makan keluarga. Simak resep selengkapnya cara membuat dendeng sapi kelapa di bawah ini.

Bahan:
- 1 kg daging sapi gandik yangt telah diiris tipis
- 2 batang sereh yang telah digeprek
- 3 lembar daun salam
- 3 lembar daun jeruk
- Air asam jawa
- 2 1/2 sdm gula merah yang telah diiris halus
- Air secukupnya
- Sedikit minyak goreng

Bumbu halus dendeng:
- 11 buah bawang merah
- 5 siung bawang putih
- 1 sdt ketumbar yang telah disangrai
- 1/2 sdt jinten yang telah disangrai
- 1/2 sdt merica butiran
- Garam dan kaldu bubuk secukupnya

Bahan bumbu ragi:
- 1 1/2 buah kelapa parut yang diparut memanjang
- 6 butir bawang merah
- 3 siung bawang putih
- 3 buah cabe merah keriting
- 2 cm kunyit
- 1 1/4 sdt ketumbar yang telah disangrai
- 4 lembar daun jeruk
- 1 batang sereh yang telah digeprek
- 2 1/2 sdm gula merah yang telah diiris halus
- Garam dan kaldu bubuk secukupnya

Cara membuat dendeng sapi kelapa:

a. Cara membuat dendeng sapi kelapa yang pertama adalah cuci daging hingga bersih, potong dan iris tipis. Masukkan bumbu halus ke dalam daging. Aduk rata dan diamkan sebentar.

b. Panaskan minyak, masukkan daging yang telah dicampur dengan bumbu. Tumis bahan daging hingga berubah warna. Masukkan bahan daun salam, sereh, dan daun jeruk.

c. Aduk rata daging kemudian tambahkan air asam jawa, gula merah, garam, dan secukunya kaldu bubuk. Beri air secukupnya dan masak hingga daging matang. Tes rasa sesuai selera dan sisihkan dahulu.

d. Proses selanjutnya adalah tumis bumbu halus, masukkan bahan daun jeruk dan sereh. Aduk hingga bumbu matang. Setelah itu tambahkan gula merah dan aduk lagi, tuang sedikit air sambil terus diaduk-aduk.

e. Masukkan kelapa parut, beri garam sedikit sambil kecilkan apinya. Aduk-aduk bahan kelapa hingga kering dan terasa ringan.

f. Tes rasa sesuai selera kemudain masukkan bahan daging sapi dengan bumbu dan kaldunya. Aduk hingga dendeng benar-benar tercampur dengan ragi. Masak hingga kering menggunakan api kecil. Cara membuat dengdeng sapi kelapa selesai dan siap disajikan.

3 dari 5 halaman

3. Cara Membuat Dendeng Sapi Basah

Cara Membuat Dendeng Sapi Basah © Diadona

Cara membuat dendeng sapi selanjutnya adalah diolah dengan varian basah yang memanfaaatkan santan kelapa kental. Olahan ini akan terasa sangat gurih dengan beberapa minyak alami hasil matang sempurnanya bahan santan. Moms harus mencoba sendiri di rumah dengan melihat resep cara membuat dendeng sapi basah di bawah ini.

Bahan:
- 300 gram daging has dalam
- 1/4 sdt garam
- 2 lembar daun salam
- 2 sdm minyak goreng
- 600 ml santan kelapa dari satu buah kelapa

Bahan bumbu halus:
- 5 butir bawang merah
- 3 siung bawang putih
- 3 butir kemiri
- 1/2 sdt merica
- 1 sdt ketumbar
- 6 cm lengkuas

Cara membuat dendeng sapi basah:

a. Cara membuat dendeng sapi basah yang pertama adalah potong tipis daging sapi. Potong ukuran tipis yang pas agar matangnya sempurna dan tektur lebih cepat empuk.

b. Cuci hingga bersih daging menggunakan air mengalir yang bersih. Letakkan dalam wadah kemudian pukul-pukul daging menggunakan ulekan atau alat pemukul daging hingga pipih dan rata.

c. Siapkan wajan dan tambahkan sedikit minyak. Tumis bumbu halus yang telah dihaluskan hingga wangi. Masak bumbu hingga benar-benar matang merata.

d. Tambahkan bahan daun salam ke dalam tumisan. Masak lagi hingga bumbu menjadi layu, merata dan berbau sedap. Masukkan bahan daging ke dalam tumisan. Aduk-aduk hingga warna daging pucat kecoklatan.

e. Tambahkan santan seperempat bagiannya dulu, beri garam dan masak lagi hingga kuah santan mengental.

f. Tuang kembali seperempat bagian santan dan masak hingga santan kental. Lakukan hal serupa hingga santan habis. Aduk bahan hingga keluar minyak.

g. Masak daging hingga tekstur empuk dan tes rasa sesuai selera. Dendeng sapi basah sudah siap disajikan.

4 dari 5 halaman

4. Cara Membuat Dendeng Sapi Kering Manis

Cara Membuat Dendeng Sapi Kering Manis © Diadona

Cara membuat dendeng sapi selanjutnya adalah dengan diolah kering rasa manis khas gula jawa. Jika Moms menyukai olahan manis, maka cocok sekali untuk membuat olahan dendeng kering ini di rumah. Langsung saja simak resep cara membuat dendeng sapi kering manis berikut ini.

Bahan:
- 250 gram daging sapi bagian dalam iris tipis-tipis

Bahan bumbu ungkep:
- 4 siung bawang putih
- 1 ruas jahe
- 1 ruas lengkuas
- 5 buah kecil gula jawa yang telah disisir halus
- 1 sdm gula pasir
- Sedikit garam
- Lada secukupnya
- Ketumbar
- 3 lembar daun jeruk
- Sedikit pala
- Sedikit kaldu bubuk sapi
- Sedikit air
- Ketumbar bubuk
- Wijen

Cara membuat dendeng sapi kering manis:

a. Cara membuat dendeng sapi kering manis yang pertama adalah potong dan iris-iris daging sapi. Lumuri dengan garam.

b. Haluskan bahan bawang putih, jahe dan lengkus. Siapkan wajan untuk merebus daging. Masukkan daun jeruk, bumbu halus, gula merah, garam, gula pasir, lada, pala, ketumbar, dan kaldu bubuk sapi. Masak hingga airnya berkurang dan bumbu meresap sempurna.

c. Jika sudah mendidih, maka angkat dan tes rasa sesuai selera. Diamkan hingga daging dingin. Moms, dalam tahap memasak ini, gunakan sedikit air agar bumbu cepat meresap.

d. Setelah daging dingin, tumpuk atau pukul daging menggunakan ulekan khusus daging hingga pipih dan lebar rata.

e. Lumuri daging dengan ketumbar halus, tambahkan juga gula pasir. Jika tidak suka, tidak perlu untuk menambahkan gula. Diamkan selama 3-4 jam hingga bumbu meresap, atau bisa dijemur di bawah terik matahari.

f. Goreng daging menggunakan minyak panas. Tunggu hingga kering dan matang. Lakukan tahap penggorengan hingga bahan daging habis. Angkat, tiriskan, dan beri wijen. Daging dendeng sapi siap disajikan.

5 dari 5 halaman

5. Cara Membuat Dendeng Sapi Balado

Cara Membuat Dendeng Sapi Balado © Diadona

Dendeng sapi yang sedap, manis, dengan aroma khas rempah Indonesia juga bisa diolah dengan varian bumbu balado. Cara membuatnya cukup sederhana Moms. Jika Moms menyukai rasa pedas dan bumbu kuat, maka wajib banget untuk mengolah resep ini. Langsung saja simak resep mudah cara membuat dendeng sapi balado berikut.

Bahan:
- 1 kg daging has dalam yang telah dicuci bersih
- 3 siung bawang putih yang telah digeprak
- 3 buah pekak
- 1 sdt lada putih bubuk
- 1 sdm kaldu bubuk sapi
- Air secukupnya

Bumbu perendam:
- 3 butir bawang merah
- 3 siung bawang putih
- 1 sdt ketumbar
- 1 sdm air asam
- 1 sdt lada putih bubuk
- Garam
- Gula
- Air
- Minyak sayur

Bahan bumbu balado:
- 10 buah cabai yang telah dipotong kasar
- 8 butir bawang merah
- 1 buah tomat
- 1 sdm air asam
- Garam
- Gula
- Minyak kelapa

Cara membuat dendeng sapi balado:

a. Cara membuat dendeng sapi balado yang pertama adalah rebus air hingga mendidih. Masukkan bahan bumbu. Tambahkan daging dan rebus hingga tekstur daging empuk.

b. Tiriskan daging kemudian iris-iris searah dengan serat daging. Pukul daging menggunakan alat khusus.

c. Giling halus bahan bumbu perendam. Beri air, kaldu bubuk sapi, dan gula secukupnya. Aduk hingga bumbu larut.

d. Rendam potongan daging selama kurang lebih 1 jam. Panaskan minyak, goreng daging menggunakan api sedang hingga berubah warna kehitam-hitaman. Angkat dan tiriskan.

e. Siapkan bahan balado, kukus cabe, bawang, dan tomat hingga lunak selama 10 menit. Giling kasar, dan bumbui dengan garam, gula, dan air asam jawa.

f. Tumis sebentar bersama minyak kelapa dan angkat. Cara membuat dendeng sapi balado sudah selesai. Sajikan dendeng dengan siraman bumbu balado.

Itulah beberapa resep cara membuat dendeng sapi dengan bahan rempah khas Indonesia. Dijamin MOms dan keluarga akan menyukai rasa khas dan perpaduan bumbu olahan dendeng sapi ini. Selamat berkreasi!

Beri Komentar