Cara Membuat Saus Steak Mushroom, Ayam dan ala Moen Moen Sederhana yang Enak di Rumah

Reporter : Yayuk Harini
Selasa, 28 April 2020 21:17
Cara Membuat Saus Steak Mushroom, Ayam dan ala Moen Moen Sederhana yang Enak di Rumah
Moms harus mencoba resep cara membuat saus steak dengan mushroom meon meon dan ayam yang sedap ini. Cocok sekali Moms dijadikan siraman olahan makanan kekinain.

Cara membuat saus steak ini sangatlah mudah Moms. Dengan bahan bumbu yang ditumis lalu dikentalkan dengan tepung maizena ini sangat pas dijadikan sebagai siraman aneka olahan makanan khususnya steak.

Saus steak biasanya disajikan dengan bahan rebusan sayur wortel, jagung, dan buncis. Yap, bahan ini tidak akan absen dari piring steak yang enak dengan daging empuk yang lembut Moms.

Yuk, coba buat saus steak sendiri di rumah dengan resep dan bahan sederhana yang telah Diadona ulas di bawah ini. Selamat mencoba!

1 dari 4 halaman

1. Cara Membuat Saus Steak Sederhana

Cara Membuat Saus Steak © Diadona

Resep pertama yang wajib Moms buat di rumah adalah cara membuat saus steak sederhana yang enak dan sedap. Saus ini akan sangat cocok dijadikan bahan cocolan dan siraman aneka makanan selain steak seperti nugget, ayam goreng, kentang, dan aneka makanan lainnya. Langsung saja simak resep selengkapnya cara membuat saus steak sederhana di bawah ini ya Moms.

Bahan cara membuat saus steak sederhana:
- 1/2 buah bawang bombay
- 5 buah bawang merah
- 3 buah bawang putih
- 1 buah tomat
- 4 sdm tepung maizena yang telah dilarutkan dengan air
- 4 sdm saus tomat
- 1/2 bungkus saus tiram
- 2 sdt merica bubuk
- Secukupnya garam, gula, kaldu bubuk dan minyak goreng untuk menumis

Cara membuat saus steak sederhana:

a. Cara membuat saus steak sederhana yang pertama adalah dengan menghaluskan bawang merah dan bawang putih. Potong cincang bahan tomat dan bawang bombay.

b. Tumis bawang merah, bawang putih dan bawang bombay. Masukkan juga ke dalam tumisan bahan tomat cincang, garam, royco, gula, merica, saus tomat dan saus tiram.

c. Masak hingga mengental dengan tambahan tepung maizena yang sudah dilarutkan dengan air. Masak hingga mendidih dan meletup-letup. Cara membuat saus steak sederhana sudah selesai dan siap digunakan.

2 dari 4 halaman

2. Cara Membuat Saus Steak Ayam

Cara Membuat Saus Steak © Diadona

Steak ayam sederhana yang gurih dan lembut ini juga bisa Moms buat dengan mudah di rumah, tentunya juga disertai dengan bumbu siraman saus steak ayam yang lezat. Yap, langsung saja simak resep cara membuat saus steak ayam simple berikut ini.

Bahan cara membuat saus steak ayam:
- 10 buah buncis
- 1 buah wortel
- 1 buah kentang
- Penyedap rasa bubuk
- 1 sdt lada bubuk
- 3 sendok tepung maizena
- 1/2 butir bawang bombay
- Jagung yang telah dipipil sesuai selera

Cara membuat saus steak ayam:

a. Panaskan minyak dalam wajan. Masukkan bahan bawang bombay lalu tumis hingga harum. Tambahkan juga bahan wortel, masukkan juga jagung dan buncis dan tambahkan secukupnya air.

b. Beri penyedap rasa dan lada bubuk. Tutup wajan dan biarkan 10 menit menggunakan bara api kecil. Masukkan larutan tepung maizena dan biarkan mengental. Cara membuat saus steak ayam sudah selesai dan siap digunakan.

3 dari 4 halaman

3. Cara Membuat Saus Steak Moen Moen

Cara Membuat Saus Steak © Diadona

Moms, kini nggak perlu lagi bingung jika ingin menikmati olahan steak dengan sausnya yang nikmat ala Moen Moen. Moms juga bisa loh membuat olahan ini di rumah dengan bahan dan resep sederhana yang mudah dipraktikkan. Yuk, langsung saja simak resep cara membuat saus steak ala Moen Moen di bawah ini.

Bahan cara membuat saus steak Moen Moen:
- 500 gram dada ayam tanpa tulang
- 200 gram buncis
- 250 gram jagung yang telah dipipil
- 3 buah wortel
- 3 buah kentang

Bahan saus:
- 150 gram tepung terigu
- Kaldu bubuk
- 1 gelas air
- 2 sdm saus tiram
- 1 sdm kecap manis
- 1 sdm gula pasir
- 1/2 sdt garam
- 1 bungkus pronas saus barbeque
- 500 gram tepung bumbu serba guna
- 2 siung bawang bombay
- 2 sdm margarin

Cara membuat saus steak Moen Moen:

a. Cara membuat saus steak moen moen yang pertama adalah dengan memotong daging dada ayam menjadi 4 bagian. Pipihkan dengan cara geprek-geprek hingga lebar. Rebus dada ayam hingga matang dan tambahkan juga kaldu ayam.

b. Buat dua buah adonan dalam wadah yang terpisah untuk adonan basah dan kering. Cairkan bahan tepung bumbu serba guna, lumuri ayam dengan tepung basah dan letakkan dalam tepung kering. Ulangi tahap melumuri ini kemudian goreng dalam minyak panas, angkat dan tiriskan.

c. Buat bahan sausnya dengan cara cincang satu buah bawang bombay dan belah menjadi dua bagian untuk bawang putihnya. Panaskan margarin dan tumis bahan ini hingga harum.

d. Ambil tepung terigu ke dalam wadah dan beri air secukunya. Tekstur sedikit cair dan tidak mengental. Masukkan cairan terigu ini ke dalam tumisan bawang.

e. Masukkan saus tiram, garam, 2 sdm air kaldu ayam dan gula. Aduk hingga mengental lalu masukkan bahan pronas saus barbeque cair. Saus pronas ini memiliki tekstur cair. Saus steak ala Moen Moen sudah bisa dihidangkan.

4 dari 4 halaman

4. Cara Membuat Saus Mushroom untuk Steak

Cara Membuat Saus Steak © Diadona

Nggak hanya menggunakan bahan ayam saja Moms, cara membuat saus steak juga bisa menggunakan bahan mushroom yang tentu enaknya nendang abis dan bikin ketagihan. Langsung saja simak resep cara membuat saus mushroom untuk steak yang mudah berikut ini.

Bahan cara membuat saus mushroom untuk steak:
- 500 gram daging sirloin yang telah dipotong
- Buncis
- Wortel
- Jagung manis
- Kentang yang telah digoreng
- Garam
- Merica bubuk hitam

Bahan saus mushroom:
- 100 gram jamur champignon yang telah diiris tipis
- 2 siung bawang putih
- 1 buah bawang bombay
- 5 sdm kecap manis
- Merica putih bubuk
- Garam secukupnya
- 200 ml kaldu sapi
- 2 sdm tepung terigu
- 1 sdm margarin untuk menumis
- Oregano

Cara membuat saus mushroom untuk steak:

a. Cara membuat saus mushroom untuk steak yang pertama adalah dengan melumuri daging menggunakan garam dan lada kemudian diamkan sebentar beberaa saat.

b. Buat saus mushroomnya dengan cara cincang halus bawang putih dan bawang bombay lalu tumis menggunakan margarin hingga harum. Masukkan bahan jamur dan aduk hingga rata.

c. Tambahkan kecap manis, kaldu sapi, tepung terigu, garam, lada bubuk dan oregano. Masak hingga bahan saus mengental. Angkat dan taruk di atas wadah.

d. Potong dan rebus bahan buncis, wortel dan jagung manis hingga matang. Angkat, tiriskan dan letakkan dalam wadah. Goreng juga kentang hingga matang, angkat dan sisihkan.

e. Pangang daging sirloin, sesuaikan dengan tingkat kematangan yang diinginkan. Sajikan steak dengan bahan sayur yang dikukus, kentang goreng dan siram dengan bumbu saus mushroom. Saus mushroom steak siap untuk disajikan.

Moms, sudah tahu dong bagaimana cara membuat saus steak yang enak dan mudah di rumah? Yuk segera praktikkan dan persiapkan bahan-bahannya ya. Selamat berkreasi!

Beri Komentar