5 Cara Membuat Leker Crispy Anti Gagal dan Anti Lembek

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Rabu, 30 November 2022 13:06
5 Cara Membuat Leker Crispy Anti Gagal dan Anti Lembek
Beberapa cara membuat leker crispy dengan bahan dan topping isi sesuai selera yang bisa kamu coba dengan mudah di rumah

Tau nggak sih? Sebenernya Leker itu adalah jajanan khas Surabaya yang biasanya disebut dengan “kue pisang Surabaya”. Ternyata leker surabaya dan leker leker di kota lainnya memiliki beberapa perbedaan. Kalau di Surabaya, leker identik dengan pisang, maka di kota - kota lain jajanan leker memiliki lebih banyak isi atau toping yang identik dengan susu, keju, mesis, dan toping manis lainnya. Sebenarnya cara membuat leker sendiri tergolong cukup simple dan mudah. Bahan - bahannya pun juga mudah kamu dapatkan.

Jika kamu tertarik membuat leker sendiri di rumah, berikut ini adalah beberapa cara membuat leker yang dapat kamu coba.

 

1 dari 5 halaman

Cara membuat leker original takaran sendok

Cara membuat leker original takaran sendokCara membuat leker original takaran sendok © Instagram/@aniktriwina via briliofood.com

Yang pertama merupakan resep dari cara membuat leker original dengan takaran sendoknya yang bisa kamu ikuti!

Siapkan bahan - bahan berikut :  

  • Tepung segitiga 1 sdm
  • Tepung beras 4 sdm
  • Tepung maizena 2 sdm
  • Vanili ½ sdt
  • Susu bubuk vanila 1 sdm
  • Gula halus 2 sdm
  • Telur ukuran kecil 1 butir
  • Air 75 ml 
  • Garam ½ sdt

Cara membuat : 

  • Mulailah dengan menyampurkan seluruh bahan menjadi satu. Aduk adonan sampai merata dan pastikan tidak ada adonan yang menggumpal.
  • Nyalakan kompor, lalu panaskan teflon. Tuangkan adonan menggunakan sendok sayur, cukup 1 sendok saja, lalu ratakan sampai tekstur rata dan menipis, kamu dapat meratakannya dengan mengangkat teflon ke kiri dan kanan atau menggunakan alat perata leker dari kayu yang biasa digunakan khusus untuk membuat leker dan crepes.
  • Tunggu sebentar sampai matang, lalu lipat leker menjadi 2 bagian, leker original siap dinikmati.

 

2 dari 5 halaman

Cara membuat leker teflon aneka rasa

Cara membuat leker teflon aneka rasaCara membuat leker teflon aneka rasa © Instagram/@silvialim18 via briliofood.com

Kalau yang ini adalah cara membuat leker teflon aneka rasa yang gampang dibuat!

Siapkan bahan - bahan berikut : 

  • Gula pasir 100 gr
  • Tepung beras 120 gr
  • Telur 1 butir
  • Susu cair vanila 120 ml
  • Tepung maizena 60 gr
  • Tepung terigu 30 gr 
  • Susu bubuk vanila 20 gr
  • Vanila bubuk ½ sdt
  • Garam ¼ sdt 

Siapkan bahan-bahan isi leker sesuai selera:

  • Kamu dapat mengisi leker dengan selai aneka rasa sesuai selera
  • Remahan oreo
  • Milo bubuk
  • Susu kental manis
  • Keju parut
  • Pisang 
  • Meses 
  • Kismis 
  • dsb

Cara membuat:

  • Siapkan chopper untuk memproses adonan.
  • Masukkan seluruh bahan yang telah disiapkan (kecuali bahan isian) ke dalam chopper tersebut, lalu aduk pakai chopper sampai tercampur rata dan bahan menjadi adonan halus, kurang lebih selama 1 menit.
  • Siapkan teflon, lalu mulai panaskan teflon di atas api kecil.
  • Tuangkan adonan menggunakan takaran 1 sendok sayur.
  • Tunggu sampai pinggiran leker berubah warna menjadi kecokelatan serta mengering.
  • Taburkan bahan isian sesuai selera yang sudah kamu siapkan di atas permukaan leker tersebut. Supaya lebih enak, tuangkan juga susu kental manis menyebar di atas permukaan leker sesuai selera.
  • Lipat leker menjadi 2 memakai sutil, lalu angkat dan leker siap dinikmati.

3 dari 5 halaman

Cara membuat leker tanpa tepung terigu

Cara membuat leker tanpa tepung teriguCara membuat leker tanpa tepung terigu © Instagram/@prettys.homemade via briliofood.com

Mau bikin leker tapi gak pakai tepung terigu? Tenang aja, Diadona udah sediakan resep cara membuat leker tanpa tepung terigu di bawah ini!

Siapkan bahan - bahan berikut : 

  • Tepung maizena 40 gr
  • Tepung beras 100 gr
  • Gula 90 gr
  • Garam 4 gr
  • Baking soda 3 gr
  • Telur 1 butir
  • Susu cair 200 ml

Cara membuat : 

  • Campurkan seluruh bahan dan aduk sampai menjadi adonan. Masukkan susu dengan sedikit demi sedikit sambil diaduk dan pastikan tidak ada adonan yang menggumpal.
  • Panaskan teflon dengan api kecil.
  • Tuangkan adonan menggunakan takaran 1 sendok sayur.
  • Ratakan sampai adonan menipis di atas permukaan teflon.
  • Tambahkan isian sesuai selera.
  • Tunggu adonan sampai berubah warna menjadi kecokelatan.
  • Lipat leker menjadi 2 bagian.
  • Angkat dan tiriskan leker.
  • Leker sudah jadi dan siap dinikmati.

 

4 dari 5 halaman

Cara membuat leker tanpa telur

Ilustrasi Kue Leker CrispyIlustrasi Kue Leker Crispy © Cookpad.com/@Agnes Intan Noventia

Dilansir dari fimela.com, yuk ikuti resep cara membuat leker tanpa telur yang enak di bawah ini!

Siapkan bahan - bahan berikut : 

  • 5 sdm tepung beras
  • 1 sdm tepung terigu
  • 1 sdm tepung maizena
  • Gula pasir sesuai selera
  • 80 ml air
  • sejumput garam
  • Siapkan bahan - bahan untuk isian leker : 
  • Kamu dapat mengisi leker dengan 
  • Selai aneka rasa sesuai selera
  • Remahan oreo
  • Milo bubuk
  • Susu kental manis
  • Keju parut
  • Pisang 
  • Meses 
  • Kismis 
  • dsb

Cara membuat : 

  • Mulailah dengan menyampurkan seluruh bahan kecuali bahan isian leker, ke dalam wadah.
  • Aduk sampai merata.
  • Nyalakan kompor dengan api kecil, panaskan teflon, lalu olesi sedikit margarin.
  • Tuangkan adonan leker dengan takaran 1 sendok sayur, lalu ratakan sampai leker menipis. 
  • Taburi dengan bahan isian sesuai selera yang sudah kamu siapkan sebelumnya. 
  • Tunggu sampai pinggiran leker berubah warna menjadi kecokelatan.
  • Lipat leker menjadi 2 bagian dan leker siap disajikan. 

 

5 dari 5 halaman

Cara membuat leker tanpa susu

Cara membuat leker tanpa susuCara membuat leker tanpa susu © cookpad.com/@akaripapa

Yang terakhir adalah resep dari cara membuat leker tanpa susu, dijamin tetap enak dan nagih banget!

Siapkan bahan-bahan berikut:

  • 2/3 cangkir Tepung Terigu
  • 1 butir Telur
  • 1 cangkir Air
  • 1 sendok makan Minyak sayur
  • 1/4 sendok teh Garam

Cara membuat : 

  • Siapkan wadah untuk proses mengaduk adonan. Masukkan telur, air, dan garam lalu kocok sampai mengembang dan tercampur merata. Gunakan kocokan kue.
  • Masukkan tepung terigu bersamaan dengan minyak sayur, lalu aduk lagi. Pastikan tidak ada tepung yang menggumpal dan adonan tercampur dengan merata.
  • Panaskan teflon dengan api kecil.
  • Tuangkan adonan menggunakan takaran 1 sendok sayur.
  • Ratakan adonan sampai tipis dan tidak ada yang tebal sebelah.
  • Taburi dengan toping / isi sesuai selera jika mau.
  • Tunggu sampai pinggiran leker berubah warna menjadi kecokelatan.
  • Lipat leker menjadi 2 bagian.
  • Leker siap disajikan. 

Nah itu dia beberapa resep dari cara membuat leker yang bisa kamu ikuti dan coba bikin sendiri di rumah atau kos! Selamat mencoba ya, Diazen.

Penulis: Ericha deyna arifin

Beri Komentar