Cara Membuat Bibimbap Sederhana tanpa Gochujang, Mudah dan Hemat

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 29 Desember 2020 21:48
Cara Membuat Bibimbap Sederhana tanpa Gochujang, Mudah dan Hemat
Cara mebuat bibimbap emang sederhana dan bisa jadi alternatif saat kamu bingung mau makan apa. Tinggal gunakan saja bahan-bahan yang tersedia di rumah.

Bisa dibilang nih Bibimbap adalah hidangan ala Korea yang paling dikenal dan disukai banyak orang. Secara harafiah, Bibimbap memang berarti nasi campur. Karena itulah, cara membuat bibimbap dilakukan dengan menyajikan nasi, protein dan sayuran dalam mangkok batu dan dicampur jadi satu sebelum dimakan.

Beda dengan nasi campur Indonesia yang terdiri dari beberapa hidangan umum, dalam cara membuat bibimbap kamu bisa memasukkan bahan apa aja tergantung selera. Sementara itu, mangkok batu yang digunakan sebagai alas bibimbap berfungsi untuk mematangkan telur mentah yang berada di atas nasi sebagai lauk. Di bagian dasar mangkok batu dituangkan minyak wijen agar terbentuk lapisan kerak. Apa tujuannya? Biar nasi harum dan garing di dasar mangkok.

Dan tahu nggak sih, sejarah bibimbap ini sebenarnya unik banget lho. Ini dimulai dari ratusan tahun yang lalu oleh para petani. Saking kerja mereka yang terlalu keras dna nggak punya banyak waktu buat makan siang dan makan malam jadinya mereka mencampur semua bekal masing-masing di sebuah mangkok trus memakannya bersama-sama.

Langsung aja deh yuk kepoin cara membuat bibimbap berikut ini:

1 dari 2 halaman

Cara Membuat Bibimbap Sederhana

Cara Membuat BibimbapCara Membuat Bibimbap © 2020 greatbritishchefs.com/

Secara umum, cara membuat bibimbap dilakukan dengan menambahkan nasi, sayuran, daging cincang tumis, serta saos lalu ditempatkan pada mangkok batu. Bimbabp dipanaskan sebentar trus dicampurkan, baru deh dimakan.

Nasi pada Bimbimbap

Nasi yang digunakan pada cara membuat bibimbap adalah nasi putih biasa.

Sayuran pada Bibimbap

Kamu bisa menggunakan sayur apa aja yang tersedia di kulkas atau yang kamu sukai. Dalam cara membuat bibimbap, sayuran diiris panjang-panjang tipis trus dicuci bersih. Selanjutnya, ditiriskan dan diberi garam biar kandungan airnya hilang. Sayur ditumis biar kandungan airnya benar-benar hilang, jangan lupa tambahkan saus gochujang. Proses tersebut dilakukan di masing-masing sayuran ya atau jangan dicampur.

Atau agar warnanya tetap cantik, sayuran dalam cara membuat bibimbap bisa diblansir aja atau dicelupkan ke air mendidih selama beberapa waktu.

Meski dianggap sebagai hidangan yang paling umum, setiap keluarga di Korea memiliki rasikan khas bibimbap mereka tersendiri tergantung pada selera dan bahan yang mereka miliki. Jadi bisa dibilang nih ada banyak raham bahan dalam cara membuat bibimbap dan bisa dibilang kalau bibimbap lebih kepada penggabungan semua makanan favorit dalam satu sajian.

Telur dalam Bibimbap

Bibimbap versi tradisional atau itentik dibuah dengan dagings apoi dan telur mentah bersama dengan sayuran lainnya. Tapi untuk ini kamu bisa sesuaikan dengan selera kamu misalnya goreng telur mata sapi.

Daging dalam Bibimbap

Mengutip My Korean Kitchen, kamu bisa mengolah daging dalam cara membuat bibimbap-mu sesuai dengan versi berikut ini:

Bahan
- 100g / 3,5 ons daging cincang
- 1 sdm kecap
- 1 sdm minyak wijen
- 1 sdt gula
- 1/4 sdt bawang putih cincang

Cara membuat daging bibimbap

Untuk dagingnya nih, campur semua daging cincang dengan seluruh bahan tersebut, trus rendam dan marinasi selama kurang lebih 30 menit. Kalau udha nih, masak dengan api sedang sekitar 3 sampai 5 menit aja.

Atau bisa juga dengan resep ini nih:

Bahan:
- 100 gram daging iga
- 1,5 sdm saus tiram
- 1 sdm minyak wijen
- 1 sdm kecap
- 1/2 sdt minyak wijen
- 1 sdm kecap
- 1/2 sdt merica
- 2 sdm minyak untuk menumis

Proses pembuatannya juga cukup mudah kok. Kamu tinggal panaskan minyak trus tumis campuran daging sampai sari-sarinya keluar dan matang.

Saos pada Bibimbap

Cara membuat bibimbap nggak akan sempurna tanpa kehadiran saos gochujang. Saos ini bakalan ngasih rasa pedas manis pada bibimbap dan perbedaan rasa setiap kali dicampur dalam makanan tertentu.

Mengutip Resep Koki, kayak gini ih cara pembuatan saos bibimba

Bahan
- 1 sdm gochujang
- 1 sdt minyak wijen
- 1 sdt gula palem
- 1 sdt cuka
- 1 sdm air matang

Cara membuat saos:

Dalam wadah, campur semua bahan saos sampai tercampur rata.

Penyajian Bibimbap

Siapkan mangkok batu yang digunakan sebagai mangkok saji. Masukkan ansi secukupnya trus susun sayuran dan daging secara melingak sesuai selera. Letakkan telur mata sapi atau telur mentah di bagian paling atas, trus panaskan sebentar. Sebelum disantap, aduk bibimbap sampai rata.

Pencampuran Bibimbap

Setelah bibimbap disajikan, bibimbap dicampur secara merata untuk membantu mematangkan bahan. Telur mentah yang dicampurkan juga bakalan matang kok.

Beberapa restoran emang menyajikan telur matang, tapi bibimbap tetap kudu diaduk sampai rata untuk membentuk cita rasa khas bimbibap dari nasi, topping, dan saosnya.

Mangkok batu yang digunakan punya panas yang sesuai untuk membuat nasi dan bahan lainnya jadi bercampur secara sempurna dan menhadirkan cita rasa yang khas.

2 dari 2 halaman

Cara Membuat Bibimbap tanpa Gochujang

Cara Membuat BibimbapCara Membuat Bibimbap © 2020 curiouscuisiniere.com/

Kalau kamu pecinta makanan Korea dan kerap membuatnya senidir di rumah, sudah wajib memiliki persedian gochujang di lemri dapur kamu. Tapi sayangnya pasti ada dong momen di mana kamu kehabisan persediaan atau mungkin menghindari penggunaan gochujang karena tidak menemukan produk halal. Terus kira-kira bisa nggak sih gochujang diganti bahan tertentu dalam cara membuat bibimbap?

Mengutip dari Gourmetsleuth, sebenernya sih nggak ada bahan yang bener-bener bagus untuk menggantikan rasa unik dari bahan ini, tapi beberapa alternatif berikut sepertinya boleh kamu coba:

Buat pasta dari satu sendok cabai merah besar yang udah diulek dan dibasahi dengan kecap trus tambahkan seidkit aja gula. Profil rasanya mungkin hampir sama meski kompleksitasny jelas berbeda,

Atau bisa juga mencampur 1 sendok makan miso putih dengan bubuk cabai sesuai selera.

Beri Komentar