Inovasi Unik, Perusahaan Start-up ini Ciptakan Telur Sintetis Berbahan Dasar Sayuran

Reporter : Bagus Prakoso
Kamis, 24 Desember 2020 11:20
Inovasi Unik, Perusahaan Start-up ini Ciptakan Telur Sintetis Berbahan Dasar Sayuran
Seperti apa, ya?

Telur adalah salah satu bahan bahan makanan hewani yang kaya akan protein. Telur biasa dikonsumsi di pagi hari untuk sumber tenaga sebelum beraktivitas. Selain digoreng, telur juga bisa direbus dan menjadi bahan pelengkap untuk membuat kue.

Jadi bahan yang bisa diolah menjadi apa saja, ternyata, makanan ini sangat dihindari oleh vegetarian. Pasalnya, telur merupakan salah satu protein hewani.

Melihat hal ini, nampaknya sebuah perusahaan start-up bernama Float Foods mulai berpikir bagaimana agar telur bisa dikonsumsi untuk para vegetarian dan bebas lemak. Setelah memikirkan dan melakukan berbagai percobaan, Float Foods berhasil menciptakan sebuah inovasi yang sangat unik. Ya mereka menciptakan telur yang berbahan dasar sayuran. Seperti apa, ya?

1 dari 2 halaman

OnlyEg

Ilustrasi Telur SintetisIlustrasi Telur Sintetis © floatfoods.com

Float Foods, perusahaan start-up asal Singapura berhasil menciptakan sebuah telur sintetis. Mereka menamakannya OnlyEg. Melansir dari Vice, OnlyEg berbahan dasar ekstrak biji kedelai. Sehingga telur ini bebas lemak hewani dan bisa dikonsumsi oleh para vegetarian.

Melihat dari hasil akhirnya setelah dimasak, telur buatan ini nampak normal. Tekstur telur ini juga sama ketika didadar, diceplok, maupun direbus.

Namun, OnlyEg tak berwujud cairan dalam cangkang seprti telur pada umumnya. Melainkan langsung berupa gabungan putih dan kuning telur.

2 dari 2 halaman

Akan Dijual Secara Masal

Ilustrasi Telur SintetisIlustrasi Telur Sintetis © floatfoods.com

Menurut Float Foods telur sintetis ini siap edar untuk dikonsumsi masal pada 2022 nanti.

Sebenarnya, telur sintetis berbahan sayuran bukanlah hal baru. Namun, Float Foods mengklaim jika mereka adalah perusahaan pertama yang berhasil membuat ekstrak kuning dan putih telur buatan sekaligus. Sedangkan telur sintetis yang ada selama ini hanya cairan putihnya saja.

OnlyEg diklaim bisa dimasak seperti olahan telur pada umumnya. Selain itu, telur sintetis ini diklaim punya nutrisi yang lebih tinggi dari telur biasa.

Bagaimana? Tertarik untuk mencobanya?

Beri Komentar