3 Cara Memanggang Ubi Cilembu agar Lembut dan Manis dengan Menggunakan Oven, Teflon atau Double Pan

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 28 November 2022 19:14
3 Cara Memanggang Ubi Cilembu agar Lembut dan Manis dengan Menggunakan Oven, Teflon atau Double Pan
Cara memanggang ubi cilembu bisa dilakukan dengan oven, teflon atau double pan dengan memotong bagian ujungnya terlebih dahulu.

Ubi cilembu dikenal sebagai salah satu jenis ubi jalar yang istimewa karena punya rasa manis dan legit yang berbeda dari umbi biasanya. Bila dipanggang, ubi cilembu akan mengeluarkan cairan lengket seperti karamel atau madu. Makanya, ubi ini nggak bisa diolah dengan cara digoreng karena akan membuatnya cepat gosong dan nggak cocok bila direbus.

Tapi dari mana sih asal cairan manis ala karamel tersebut? Seorang peneliti dari Universitas Teknologi Bandung berhasil mendapati bahwa ubi cilembu yang dibudidayakan di luar Desa Cilembu memiliki kualitas yang berbeda terutama pada rasa manisnya.

Ini ternyata berkaitan dengan keberadaan bakteri Rhizosfer dan Endofit yang diduga spesifik ada di lokasi asal Ubi Cilembu ini. Menurutnya, bakteri adalah salah satu faktor yang mempengaruhi rasa manis dari ubi cilmebu selain juga faktor tanahnya. Rasa manis pada ubi cilembu merupakan getah ubi yang 'keluar' ketika dipanggang.

Ubi cilembu akan matang bila dipanggang selama kurang lebih 1 jam. Memanggangnya pun harus dengan menggunakan api kecil ya agar matang merata hingga ke dalam.

Satu-satunya cara mengolah ubi cilembu untuk mendapatkan cita rasa khasnya yakni dengan cara memanggangganya. Apakah dengan oven, teflon atau langsung di bara api? Nah ketahui cara memanggaggang ubi cilembu dalam deretan tips berikut ini :

1 dari 3 halaman

Cara Memanggang Ubi Cilembu dengan Oven

Cara Memanggang Ubi Cilembu dengan Oven © Diadona

Dengan cara memanggang ubi cilembu menggunakan oven, kamu cuman butuh waktu sekitar satu jam sambil mengerjakan pekerjaan lainnya.

  • Cuci bersih ubi cilembu lalu potong bagian ujungnya dan bagi ubi jadi dua.
  • Ubi cilembu dicuci sampai bersih, kemudian dibagi dua dan dipotong ujungnya. Sementara itu panaskan oven pada suhu 240 derajat Celcius.
  • Kerat bagian kulitnya, supaya mudah matang.
  • Panggang pada suhu 240 derajat celcius, dengan api atas dan bawah selama 30 menit, kemudian ubi dibalik, panggang kembali selama 30 menit.
  • Setelah ubi matang, angkat dan siap dinikmati.

2 dari 3 halaman

Cara Memanggang Ubi Cilembu dengan Teflon

Cara Memanggang Ubi Cilembu dengan Teflon © Diadona

Tak ada oven? Cara memanggang ubi cilembu bisa dengan menggunakan teflon kok hanya saja usahakan jangan sampai ubi menyentuh bagian teflon. Caranya yakni dengan menggunakan saringan dandang lalu panggang. Jangan lupa tutup bagian atas teflon ya!

  • Potong bagian ujung ubi agar madu dari ubi pun keluar.
  • Panggang ubi menggunakan teflon.
  • Gunakan api paling kecil. Proses pemanggangan lumayan lama yakni sekitar 45 menit-1 jam.

3 dari 3 halaman

Cara Memanggang Ubi Cilembu dengan Double Pan

Cara Memanggang Ubi Cilembu dengan Double pan © Diadona

Memanggang ubi cilembu juga bisa dengan menggunakan double pan tanpa tatakan dandang. Syaratnya, bungkus ubi dengan aluminium foil.

Bahan yang dibutuhkan :

  • 1 kg ubi cilembu mentah
  • Aluminium foil

Cara Membuat :

  • Bungkus ubi dengan aluminium foil. Kalo langsung ditaruh di permukaan double pan maka bagian kulitnya akan gosong dan lengket ke daging ubinya.
  • Nyalakan kompor dengan api sedang selama +/- 1 jam
  • Kalo sudah matang ubi akan mengeluarkan " madu" dan teksturnya empuk serta kopong alias kulit dan isi tidak menempel

Cara memanggang ubi cilembu bisa dilakukan menggunakan oven, teflon hingga double pan. Mudah bukan?

Beri Komentar